Page 2 - Edisi Juni 2017
P. 2

IFTITAH      3







                                                                                                                                                                   Menggapai



                                                                                                                                                                   Pendidikan



                                                                                                                                                                   Bermutu

                                                                                                                                 HUSNI FRIADY, S.T., M.M.






                                                                                                                                 BERBICARA TENTANG pendidikan berkualitas, kita      mutu pendidikan. LP3M juga mengevaluasi akreditasi
                                                                                                                                 sepakat jika secara umum pendidikan di luar negeri   prodi sekaligus mengembangkan kurikulum
                                                                                                                                 memiliki mutu lebih baik dibandingkan di Indonesia.   pendidikan sehingga dapat menghasilkan lulusan
                                                                                                                                 Bagi kita yang terlibat dalam dunia pendidikan,     yang berkualitas.
                                                                                                                                 tentu akan bertanya-tanya mengapa pendidikan di
                                                                                                                                 luar negeri tergolong baik. Metode pembelajaran     Di samping itu, seluruh civitas akademika diharapkan
                                                                                                                                 seperti apa yang mereka terapkan? Bagaimana sistem   dapat menjalankan tugasnya masing-masing secara
                                                                                                                                 pengelolaan lembaga sehingga semua proses berjalan   profesional. Misalnya seorang tenaga pendidik
                                                                                                                                 tertib dan rapi? Masih banyak lagi pertanyaan yang   atau dosen diharapkan dapat menerapkan metode
                                                                                                                                 muncul dalam benak kita.                            pembelajaran yang lebih baik. Tentu ini harus
                                                                                                                                                                                     didukung dengan sarana dan prasarana yang baik,
                                                                                                                                 Peningkatan mutu lembaga pendidikan pada            sekaligus membangun suasana belajar mengajar
                                                                                                                                 dasarnya merupakan peningkatan proses berbagai      yang kondusif. Mahasiswa juga diharapkan bukan
                                                                                                                                 bidang dalam lembaga tersebut. Baik itu bersifat    hanya menguasai ilmu teori semata, tetapi juga
                                                                                                                                 peningkatan mutu SDM, sarana dan prasarana, atau    mahir saat praktek di lapangan. Selain itu, mahasiswa
                                                                                                                                 metode pengelolaan yang diterapkan. Sehingga        juga sepatutnya diberikan kesempatan luas untuk
                                                                                                                                 diharapkan dapat menghasilkan lulusan berkualitas   melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada
                                                                                                                                 yang mampu berkompetisi dengan lulusan lembaga      masyarakat.
                                                                                                                                 pendidikan lainnya.
                                                                                                                                                                                     Faktor lain yang tidak kalah pentingnya untuk
                                                                                                                                 Dalam memenuhi tuntutan menjadi world class         menjadikan perguruan tinggi berkualitas adalah
                                                                                                                                 university, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) telah   manajemen pengelolaan lembaga. Hal ini terbukti
                                                                                                                                 menancapkan cita-citanya. Ini tertuang dalam visi   saat Unsyiah meraih akreditasi A, perguruan tinggi
                                                                                                                                 untuk menjadi universitas yang mandiri, inovatif, dan   ini semakin diperhitungkan di tingkat nasional.
                                                                                                                                 terkemuka di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan,   Menjaga keberhasilan ini, Rektor berharap setiap
                                                                                                                                 penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.       unit kerja di Unsyiah dapat bekerja lebih baik sesuai
                                                                                                                                 Semangat ini diwujudkan dengan didirikannya         sertifikasi ISO:9001-2015. Dengan mengedepankan
                                                                                                                                 Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan      mutu manajemen, pengelolaan lembaga menjadi
                                                                                                                                 Mutu (LP3M) yang berfungsi melaksanakan,            lebih baik dan berkualitas, sehingga Unsyiah tidak
                                                                                                                                 memantau serta mengevaluasi peningkatan dan         hanya diperhitungkan di tingkat nasional tetapi juga
                                                                                                                                 pengembangan pembelajaran sekaligus penjaminan      di regional bahkan internasional. (Redaksi)



          EDISI 212 . JUNI 2017                                                                                                                                                                                         EDISI 212 . JUNI 2017
   1   2   3   4   5   6   7