Page 3 - Edisi Juni 2017
P. 3

IFTITAH      3







                                            Menggapai



                                            Pendidikan



                                            Bermutu

          HUSNI FRIADY, S.T., M.M.






          BERBICARA TENTANG pendidikan berkualitas, kita      mutu pendidikan. LP3M juga mengevaluasi akreditasi
          sepakat jika secara umum pendidikan di luar negeri   prodi sekaligus mengembangkan kurikulum
          memiliki mutu lebih baik dibandingkan di Indonesia.   pendidikan sehingga dapat menghasilkan lulusan
          Bagi kita yang terlibat dalam dunia pendidikan,     yang berkualitas.
          tentu akan bertanya-tanya mengapa pendidikan di
          luar negeri tergolong baik. Metode pembelajaran     Di samping itu, seluruh civitas akademika diharapkan
          seperti apa yang mereka terapkan? Bagaimana sistem   dapat menjalankan tugasnya masing-masing secara
          pengelolaan lembaga sehingga semua proses berjalan   profesional. Misalnya seorang tenaga pendidik
          tertib dan rapi? Masih banyak lagi pertanyaan yang   atau dosen diharapkan dapat menerapkan metode
          muncul dalam benak kita.                            pembelajaran yang lebih baik. Tentu ini harus
                                                              didukung dengan sarana dan prasarana yang baik,
          Peningkatan mutu lembaga pendidikan pada            sekaligus membangun suasana belajar mengajar
          dasarnya merupakan peningkatan proses berbagai      yang kondusif. Mahasiswa juga diharapkan bukan
          bidang dalam lembaga tersebut. Baik itu bersifat    hanya menguasai ilmu teori semata, tetapi juga
          peningkatan mutu SDM, sarana dan prasarana, atau    mahir saat praktek di lapangan. Selain itu, mahasiswa
          metode pengelolaan yang diterapkan. Sehingga        juga sepatutnya diberikan kesempatan luas untuk
          diharapkan dapat menghasilkan lulusan berkualitas   melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada
          yang mampu berkompetisi dengan lulusan lembaga      masyarakat.
          pendidikan lainnya.
                                                              Faktor lain yang tidak kalah pentingnya untuk
          Dalam memenuhi tuntutan menjadi world class         menjadikan perguruan tinggi berkualitas adalah
          university, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) telah   manajemen pengelolaan lembaga. Hal ini terbukti
          menancapkan cita-citanya. Ini tertuang dalam visi   saat Unsyiah meraih akreditasi A, perguruan tinggi
          untuk menjadi universitas yang mandiri, inovatif, dan   ini semakin diperhitungkan di tingkat nasional.
          terkemuka di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan,   Menjaga keberhasilan ini, Rektor berharap setiap
          penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.       unit kerja di Unsyiah dapat bekerja lebih baik sesuai
          Semangat ini diwujudkan dengan didirikannya         sertifikasi ISO:9001-2015. Dengan mengedepankan
          Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan      mutu manajemen, pengelolaan lembaga menjadi
          Mutu (LP3M) yang berfungsi melaksanakan,            lebih baik dan berkualitas, sehingga Unsyiah tidak
          memantau serta mengevaluasi peningkatan dan         hanya diperhitungkan di tingkat nasional tetapi juga
          pengembangan pembelajaran sekaligus penjaminan      di regional bahkan internasional. (Redaksi)



 EDISI 212 . JUNI 2017                                                                           EDISI 212 . JUNI 2017
   1   2   3   4   5   6   7   8