Page 8 - Edisi Juli 2017
P. 8

8    EDUKASI                                                                                                                                                                                               EDUKASI       9





          Urgensi Qanun                                                                                                          semester lalu. Sebab bagi Unsyiah,   pendidikan kebencananaan agar   hingga 2017 terdapat 1.057 bencana di

                                                                                                                                                                    menjadi pembelajaran bukan hanya bagi
                                                                                                                                 materi pendidikan kebencanaan menjadi
                                                                                                                                                                                                      Aceh.
                                                                                                                                 kebutuhan mendesak bagi generasi   masyarakat Aceh dan Indonesia, tetapi
          Pendidikan Kebencanaan                                                                                                 muda Aceh agar menjadi generasi siaga   juga dunia,” harapnya.       “Maka pertemuan hari ini adalah upaya
                                                                                                                                 dan tangguh.
                                                                                                                                                                                                      menjaring dan menyerap masukan dari
                                                                                                                                                                                                      sosiologis, dan yuridis sehingga semakin
                                                                                                                                                                    Naskah Akademik Qanun Pendidikan
                                                                                                                                 Selain menyusun naskah akademik    Sementara itu, Ketua Tim Penyusunan   berbagai pihak baik secara filosofis,
                                                                                                                                 kebencanaan, Unsyiah melalui Tim Satgas   Kebencanaan Unsyiah, Drs. Denni   memperkaya hasil naskah akademik yang
                                                                                                                                 Pemulihan Pasca Gempa Pidie Jaya juga   Iskandar, M.Pd., menyebutkan pertemuan   sedang disusun,” pungkasnya.
                                                                                                                                 telah merumuskan enam aksi prioritas   ini merupakan rangkaian dari aksi Satgas
                                                                                                                                 lainnya demi pemulihan Kabupaten Pidie   Unsyiah.                    Fasilitator FGD Dr. Yanis Rinaldi,
                                                                                                                                 Jaya pasca gempa. Enam aksi prioritas                                S.H., M.hum., menambahkan,
                                                                                                                                 tersebut adalah pendampingan proses   “Aceh sebagai daerah yang rawan   naskah akademik tersebut nantinya
                                                                                                                                 pembangunan fisik dan infrastruktur,   bencana sudah sepatutnya memiliki   akan dijadikan sebagai draft qanun.
                                                                                                                                 membangun rumah sakit kontainer,   kurikulum pendidikan yang mempelajari   Kemudian diserahkan kepada pihak
                                                                                                                                 pemetaan patahan gempa, Kuliah     tentang kebencanaan,” tegasnya.   Dewan Perwakilan Rakyat Aceha (DPRA)
                                                                                                                                 Kerja Nyata (KKN) Tematik, mendorong   Menurut Denni, korban bencana dapat   berupa usul inisiatif. Kegiatan ini turut
                                                                                                                                 pembangunan Rumoh Pembelajaran     diminimalisir jika masyarakat memiliki   menghadirkan 34 pengambil kebijakan
                                                                                                                                 Gempa di Aceh, dan penyusunan      pemahaman yang baik sekaligus memiliki   dan pakar di bidang pendidikan dan
                                                                                                                                 naskah akademik Qanun Pendidikan   kesiapsiagaan dalam bencana. Terlebih   kebencanaan baik lokal maupun nasional.
                                                                                                                                 Kebencanaan.                       lagi menurut Data dan Informasi Bencana   Hadir pula berbagai unsur masyarakat
                                                                                                                                                                    Indonesia (DIBI), Aceh merupakan daerah   seperti pengawas sekolah, guru, aktivis
                                                                                                                                 “Sangat penting bagi Aceh untuk    tertinggi di Indonesia yang sering dilanda   lingkungan, perwakilan media, organisasi
                                                                                                                                 melahirkan naskah akademik         bencana. Tercatat sejak tahun 1815   kemasyarakatan, akademisi, pakar
                                                                                                                                                                                                      bencana, hingga pemuka agama. (mr)



                    erbagai hasil riset     Pendidikan Kebencanaan di Aceh. Acara   “Aceh merupakan wilayah rawan
                    kebencanaan             yang diadakan di Balai Senat Unsyiah   bencana, kita ingin pendidikan                                                                                     “
                                                                                                                                                                                                      Ketidaksiapan masyarakat
          “Bmenyimpulkan bahwa              ini merupakan bentuk gagasan Unsyiah   kebencanaan juga diajarkan sebagai
          banyaknya korban manusia dapat    melalui Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan   mata pelajaran wajib di SD hingga SMA                                                                           dalam menghadapi
          diminimalisasi apabila masyarakat   Pasca Gempa Pidie Jaya.          di seluruh Aceh,” lanjutnya.                                                                                           bencana disebabkan oleh
          memiliki kesadaran moral yang baik                                                                                                                                                          kurangnya pengetahuan
          tentang kebencanaan. Ketidaksiapan   Prof Samsul menjelaskan hingga   Menyadari Aceh sebagai daerah                                                                                         tentang kebencanaan.
          masyarakat dalam menghadapi bencana   kini belum ada payung hukum    rawan bencana, Unsyiah merasa perlu
          disebabkan oleh kurangnya pengetahuan   yang mengatur tentang pendidikan   mengambil peran dalam menyikapi
          tentang kebencanaan.”             kebencanaan di Aceh, baik itu      kesiapsiagaan terhadap bencana
                                            pendidikan formal maupun non-formal.   melalui pendidikan kebencanaan. Hal
          Paparan Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng   Padahal lembaga pendidikan memiliki   ini dibuktikan dengan mewajibkan
          di atas menjadi pembuka Focus Group   peranan penting untuk meningkatkan   mahasiswa baru untuk mengikuti mata
          Discussion (FGD) terkait pembahasan   kesiapsiagaan masyarakat dalam   kuliah Mitigasi Bencana dan Lingkungan
          penyusunan naskah akademik Qanun   menghadapi bencana.               Hidup yang telah dimulai sejak dua




          EDISI 213 . JULI 2017                                                                                                                                                                                          EDISI 213 . JULI 2017
   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13