Page 3 - Edisi Desember 2017
P. 3
IFTITAH 3
Menuju Manajemen
Berstandar Internasional
HUSNI FRIADY, S.T., M.M.
PENGELOLAAN manajemen merupakan salah satu faktor Organization for Standardization (ISO 9001:2015) atau
penting dalam mengukur baik tidaknya sebuah lembaga atau sertifikasi internasional lainnya sesuai fungsi unit kerja masing-
organisasi. Pengelolaan manajemen yang baik, secara kasat masing.
mata dapat dilihat dari beberapa kondisi, seperti terbentuknya
sistem koordinasi yang baik, pola kerja yang terstruktur, Sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan standar internasional
pengawasan internal dan evaluasi organisasi secara berkala dalam bidang sistem manajemen mutu. Melalui sertifikasi
dan berkesinambungan, serta memiliki dokumentasi yang ini sebuah organisasi atau unit kerja diharapkan mampu
tertata rapi dalam mendukung jalannya fungsi organisasi. menetapkan persyaratan dan rekomendasi serta penilaian
mutu dari sebuah manajemen. Ini bertujuan untuk
Disisi lain, suatu organisasi yang sudah menjalankan memberikan jaminan pelayanan yang prima kepada para
pengelolaan manajemennya dengan baik, senantiasa diiringi stakeholder. Hasilnya dengan komitmen dan dukungan tinggi
dengan pemberian layanan yang baik kepada stakeholder. Hal dari jajaran pimpinan maupun pegawai, beberapa unit kerja
ini memberikan makna bahwa suatu organisasi yang dianggap di Unsyiah telah tersertifikasi ISO 9001:2015. Keberhasilan
sehat dalam pengelolaan internal, akan mampu memberikan ini diawali dari UPT. Perpustakaan Unsyiah pada Juli 2015,
layanan yang sehat pula kepada pelanggannya. kemudian disusul Biro Akademik, Biro Perencanaan dan
Hubungan masyarakat, serta Lembaga Pengembangan
Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sebagai sebuah lembaga Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LPPPM) pada bulan
pendidikan tinggi telah melaksanakan pengelolaan November 2017 lalu.
manajemen yang sangat baik. Ini terbukti dengan
diperolehnya predikat akreditasi A dari Badan Akreditasi Disertifikasinya pengelolaan manajemen beberapa unit kerja di
Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2015 lalu. atas, membuktikan semakin baiknya pengelolaan organisasi di
Upaya yang dilakukan untuk menjaga pencapaian tersebut Unsyiah. Tentu keberhasilan ini harus dijalankan secara nyata.
tidak berhenti di sini saja. Rektor Unsyiah menginstruksikan Sehingga pencapaian ini bukan sekadar untuk memperoleh
kepada seluruh unit kerja agar dalam pengelolaan manajemen pengakuan semata, tetapi benar-benar dimplementasikan
dapat meraih sertifikasi internasional melalui International dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sehari-hari. (Redaksi)
EDISI 218 . DESEMBER 2017