Page 3 - Edisi Desember 2017
P. 3

IFTITAH      3










                                            Menuju Manajemen



                                            Berstandar Internasional




          HUSNI FRIADY, S.T., M.M.













          PENGELOLAAN manajemen merupakan salah satu faktor    Organization for Standardization (ISO 9001:2015) atau
          penting dalam mengukur baik tidaknya sebuah lembaga atau   sertifikasi internasional lainnya sesuai fungsi unit kerja masing-
          organisasi. Pengelolaan manajemen yang baik, secara kasat   masing.
          mata dapat dilihat dari beberapa kondisi, seperti terbentuknya
          sistem koordinasi yang baik, pola kerja yang terstruktur,   Sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan standar internasional
          pengawasan internal dan evaluasi organisasi secara berkala   dalam bidang sistem manajemen mutu. Melalui sertifikasi
          dan berkesinambungan, serta  memiliki dokumentasi yang   ini sebuah organisasi atau unit kerja diharapkan mampu
          tertata rapi dalam mendukung jalannya fungsi organisasi.  menetapkan persyaratan dan rekomendasi serta penilaian
                                                               mutu dari sebuah manajemen. Ini bertujuan untuk
          Disisi lain, suatu organisasi yang sudah menjalankan   memberikan jaminan pelayanan yang prima kepada para
          pengelolaan manajemennya dengan baik, senantiasa diiringi   stakeholder. Hasilnya dengan komitmen dan dukungan tinggi
          dengan pemberian layanan yang baik kepada stakeholder. Hal   dari jajaran pimpinan maupun pegawai, beberapa unit kerja
          ini memberikan makna bahwa suatu organisasi yang dianggap   di Unsyiah telah tersertifikasi ISO 9001:2015. Keberhasilan
          sehat dalam pengelolaan internal, akan mampu memberikan   ini diawali dari UPT. Perpustakaan Unsyiah pada Juli 2015,
          layanan yang sehat pula kepada pelanggannya.         kemudian disusul Biro Akademik, Biro Perencanaan dan
                                                               Hubungan masyarakat, serta Lembaga Pengembangan
          Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sebagai sebuah lembaga   Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LPPPM) pada bulan
          pendidikan tinggi telah melaksanakan pengelolaan     November 2017 lalu.
          manajemen yang sangat baik. Ini terbukti dengan
          diperolehnya predikat akreditasi A dari Badan Akreditasi   Disertifikasinya pengelolaan manajemen beberapa unit kerja di
          Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2015 lalu.   atas, membuktikan semakin baiknya pengelolaan organisasi di
          Upaya yang dilakukan untuk menjaga pencapaian tersebut   Unsyiah. Tentu keberhasilan ini harus dijalankan secara nyata.
          tidak berhenti di sini saja. Rektor Unsyiah menginstruksikan   Sehingga pencapaian ini bukan sekadar untuk memperoleh
          kepada seluruh unit kerja agar dalam pengelolaan manajemen   pengakuan semata, tetapi benar-benar dimplementasikan
          dapat meraih sertifikasi internasional melalui  International   dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sehari-hari. (Redaksi)





                                                                                            EDISI 218 . DESEMBER 2017
   1   2   3   4   5   6   7   8