Page 28 - WARTA USK
P. 28

Kreatif                                                                                                                                                                                                         Kreatif





                                                                                                                                 Namun, saat itu mereka belum
                                                                                                                                 memiliki peralatan dokumentasi.
                                                                                                                                 Mereka berdua bekerja lepas dan
                                                                                                                                 mulai menabung untuk beli alat-alat
                                                                                                                                 tersebut. Setiap hasil pekerjaan yang
                                                                                                                                 didapat disisihkan 30 persen untuk
                                                                                                                                 investasi peralatan.
                                                                                                                                   Ari mengaku sudah lama
                                                                                                                                 menjalani profesi sebagai
                                                                                                                                 videographer. Ia kerap
                                                                                                                                 mendokumentasi berbagai kegiatan
                                                                                                                                 dan mengerjakan berbagai proyek
                                                                                                                                 dari berbagai instansi dan lembaga.
                                                                                                                                 Biaya proyek yang ia kerjakan
                                                                                                                                 tergantung ide dan konsep.
                                                                                                                                   “Kalau budget itu tergantung ide
                                                                                                                                 dan konsep. Untuk produk makanan                                      yang berbeda,” ucap Ari.
                                                                                                                                 berkisar Rp4 juta sampai Rp15 juta.                                      Konsep berbeda inilah
                                                                                                                                 Pernah mengerjakan proyek produk                                      yang membuat Kajula Creative
                                                                                                                                 kecantikan dari Malaysia sekitar   Jangan takut karya                 mengerjakan beragam karya, video
                                                                                                                                 Rp20 juta dan film dokumenter      jelek, karena karya jelek          biografi, iklan kedai kopi di Jakarta,
                                                                                                                                 sekitar Rp40 juta sampai Rp60 juta.   lebih baik daripada             wisata alam Bandung, hingga proyek
                                                                                                                                 Ya kalau di sini (harga) sudah besar,                                 video kapal pinisi di Labuan Bajo.
                                                                                                                                                                                                           “Berkaryalah semaksimal
          KAJULA CREATIVE                                                                                                        tapi kalau di luar itu masih tergolong   tidak ada karya. Jadi        mungkin dengan alat dan
                                                                                                                                 murah,” ujarnya.
                                                                                                                                                                    diri sendiri dalam
          CARA BEDA DI ERA DIGITAL                                                                                               komersial, Kajula Creative juga    berkarya biar orang                kemampuan yang dimiliki saat ini.
                                                                                                                                   Selain mengerjakan proyek
                                                                                                                                                                                                       Jangan takut hasil jelek atau takut
                                                                                                                                 membantu mempromosikan produk
                                                                                                                                 industri kecil agar menarik perhatian   yang menentukan               dengan omongan orang lain. Bangun
                                                                                                                                                                                                       relasi dengan orang lain, jadi diri
                   aat ini, perkembangan     salah satu tim bisnis yang berbasis   menghabiskan malam dengan                     masyarakat. Mereka tidak mematok   harganya.                          sendiri, dan terus belajar,” pesan
                   teknologi semakin         komunitas. Tim ini terbentuk atas   mengerjakan karya audio maupun                  harga khusus untuk pengerjaan                                         Ari kepada mereka yang sedang
                   cepat. Perubahan ini      persamaan ide dalam mengerjakan    video.                                           proyek tersebut.                                                      membangun usaha.
                   turut memengaruhi         sebuah karya audio visual. Berdiri    “Karena dulu selesai kuliah ada                 “Kami membantu teman-teman                                             Selain itu, pemanfaatan media
         Shadirnya pekerjaan baru,           sejak Juli 2019, tim terdiri dari Arie   beberapa kerjaan di luar. Terus            muda yang memiliki kreativitas     Aceh. Ide-idenya lebih bebas dengan   sosial harus dimaksimalkan.
          salah satunya videografer atau     Kaltu, Rahmat Mulia, dan T. Edho   sekitar tahun 2018 ketemu Bang                   tinggi, tapi kurang perhatian. Jadi   pengambilan gambar yang berbeda   Sebab dari sanalah setiap orang
          sinematografer. Profesi ini mulai   Satria yang merupakan alumni      Edho di Bandung. Sharing ide, cocok              kami buat karya audio visualnya.   dari biasanya. Konsep inilah yang   dapat memulai berkarya sekaligus
          dilirik terutama di kalangan muda.   Program Studi Ilmu Komunikasi    nih! Jadi pas sama-sama balik ke                 Ide dan pengambilan gambar lebih   membuat hasil karya Kajula Creative   mempromosikan hasil karyanya.
          Terlebih lagi keuntungan yang      Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik   Aceh kita buat project ini,” kenang         bebas berbeda dengan proyek        terlihat lebih unik.                  “Jangan takut karya jelek, karena
          diperoleh terbilang besar, seperti   Universitas Syiah Kuala (Ilkom   Ari.                                             komersil. Ini hal baru yang kita bawa   “Kita sendiri masih banyak dikatain,   karya jelek lebih baik daripada tidak
          yang dialami sekelompok anak       FISIP USK). Nama Kajula Creative      Berawal dari hobi hiking                      dalam menghasilkan suatu karya.”   ‘Apa sih, sok idealis yang di utamakan   ada karya. Jadi diri sendiri dalam
          muda yang tergabung dalam Kajula   diambil dari kebiasaan Ari dan     dan camping saat masa kuliah,                      Kajula Creative mencoba          duitnya nggak ada.’ Kan nggak semua   berkarya biar orang yang menentukan
          Creative.                          teman-temannya yang kesulitan      Ari dan Rahmat Mulia kerap                       memberikan warna baru dalam        orang itu puas dengan uang, tapi ada   harganya,” pungkas Ari. []
            Kajula Creative merupakan        tidur saat malam hari. Mereka kerap   mendokumentasikan perjalanannya.              karya audio visual khususnya di    kepuasan yang dihasilkan dari karya



                                                           28    FEBRUARI 2021                                                                                                    29    FEBRUARI 2021
   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33