Page 29 - WARTA USK
P. 29

Kreatif                                                                                           Kreatif





          Namun, saat itu mereka belum
          memiliki peralatan dokumentasi.
          Mereka berdua bekerja lepas dan
          mulai menabung untuk beli alat-alat
          tersebut. Setiap hasil pekerjaan yang
          didapat disisihkan 30 persen untuk
          investasi peralatan.
            Ari mengaku sudah lama
          menjalani profesi sebagai
          videographer. Ia kerap
          mendokumentasi berbagai kegiatan
          dan mengerjakan berbagai proyek
          dari berbagai instansi dan lembaga.
          Biaya proyek yang ia kerjakan
          tergantung ide dan konsep.
            “Kalau budget itu tergantung ide
          dan konsep. Untuk produk makanan                                      yang berbeda,” ucap Ari.
          berkisar Rp4 juta sampai Rp15 juta.                                      Konsep berbeda inilah
          Pernah mengerjakan proyek produk                                      yang membuat Kajula Creative
          kecantikan dari Malaysia sekitar   Jangan takut karya                 mengerjakan beragam karya, video
          Rp20 juta dan film dokumenter      jelek, karena karya jelek          biografi, iklan kedai kopi di Jakarta,
          sekitar Rp40 juta sampai Rp60 juta.   lebih baik daripada             wisata alam Bandung, hingga proyek
          Ya kalau di sini (harga) sudah besar,                                 video kapal pinisi di Labuan Bajo.
                                                                                    “Berkaryalah semaksimal
 KAJULA CREATIVE   tapi kalau di luar itu masih tergolong   tidak ada karya. Jadi   mungkin dengan alat dan
          murah,” ujarnya.
                                             diri sendiri dalam
 CARA BEDA DI ERA DIGITAL  komersial, Kajula Creative juga   berkarya biar orang   kemampuan yang dimiliki saat ini.
            Selain mengerjakan proyek
                                                                                Jangan takut hasil jelek atau takut
          membantu mempromosikan produk
          industri kecil agar menarik perhatian   yang menentukan               dengan omongan orang lain. Bangun
                                                                                relasi dengan orang lain, jadi diri
 aat ini, perkembangan   salah satu tim bisnis yang berbasis   menghabiskan malam dengan   masyarakat. Mereka tidak mematok   harganya.  sendiri, dan terus belajar,” pesan
 teknologi semakin   komunitas. Tim ini terbentuk atas   mengerjakan karya audio maupun   harga khusus untuk pengerjaan   Ari kepada mereka yang sedang
 cepat. Perubahan ini   persamaan ide dalam mengerjakan   video.  proyek tersebut.  membangun usaha.
 turut memengaruhi   sebuah karya audio visual. Berdiri   “Karena dulu selesai kuliah ada   “Kami membantu teman-teman   Selain itu, pemanfaatan media
 Shadirnya pekerjaan baru,   sejak Juli 2019, tim terdiri dari Arie   beberapa kerjaan di luar. Terus   muda yang memiliki kreativitas   Aceh. Ide-idenya lebih bebas dengan   sosial harus dimaksimalkan.
 salah satunya videografer atau   Kaltu, Rahmat Mulia, dan T. Edho   sekitar tahun 2018 ketemu Bang   tinggi, tapi kurang perhatian. Jadi   pengambilan gambar yang berbeda   Sebab dari sanalah setiap orang
 sinematografer. Profesi ini mulai   Satria yang merupakan alumni   Edho di Bandung. Sharing ide, cocok   kami buat karya audio visualnya.   dari biasanya. Konsep inilah yang   dapat memulai berkarya sekaligus
 dilirik terutama di kalangan muda.   Program Studi Ilmu Komunikasi   nih! Jadi pas sama-sama balik ke   Ide dan pengambilan gambar lebih   membuat hasil karya Kajula Creative   mempromosikan hasil karyanya.
 Terlebih lagi keuntungan yang   Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik   Aceh kita buat project ini,” kenang   bebas berbeda dengan proyek   terlihat lebih unik.  “Jangan takut karya jelek, karena
 diperoleh terbilang besar, seperti   Universitas Syiah Kuala (Ilkom   Ari.  komersil. Ini hal baru yang kita bawa   “Kita sendiri masih banyak dikatain,   karya jelek lebih baik daripada tidak
 yang dialami sekelompok anak   FISIP USK). Nama Kajula Creative   Berawal dari hobi hiking   dalam menghasilkan suatu karya.”  ‘Apa sih, sok idealis yang di utamakan   ada karya. Jadi diri sendiri dalam
 muda yang tergabung dalam Kajula   diambil dari kebiasaan Ari dan   dan camping saat masa kuliah,   Kajula Creative mencoba   duitnya nggak ada.’ Kan nggak semua   berkarya biar orang yang menentukan
 Creative.   teman-temannya yang kesulitan   Ari dan Rahmat Mulia kerap   memberikan warna baru dalam   orang itu puas dengan uang, tapi ada   harganya,” pungkas Ari. []
 Kajula Creative merupakan   tidur saat malam hari. Mereka kerap   mendokumentasikan perjalanannya.   karya audio visual khususnya di   kepuasan yang dihasilkan dari karya



 28  FEBRUARI 2021                                         29    FEBRUARI 2021
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34