Page 19 - WARTA USK
P. 19

Mutu                                                                                                  Mutu




 PENCAPAIAN INDIKATOR  dikategorikan sebagai perguruan   sasaran tersebut, sejumlah indikator   dan pengalaman baru. Selain

 KINERJA UTAMA PENDIDIKAN TINGGI   tinggi terbaik.   kinerja utama telah ditetapkan untuk   itu, diberi penilaian terhadap
                                                                                jumlah praktisi yang diundang
                                             masing-masing sasaran.
            Perguruan tinggi menjadi
                                               Untuk meningkatkan kualitas
 SEBAGAI WUJUD KEBERHASILAN MBKM  tumpuan utama pembangunan   lulusan, IKU yang ditetapkan adalah   untuk mengajar berbagai macam
                                                                                mata kuliah di perguruan tinggi.
          sumber daya manusia yang kuat.
          Percepatan pembangunan harus       kesiapan kerja lulusan dan mahasiswa   Ini akan menghasilkan link and
          dilakukan dengan SDM kokoh,        berkegiatan di luar kampus. Penilaian   match. Perguruan tinggi membuka
          berkualitas, unggul, dan berdaya   ketercapaian IKU ini bukan hanya   diri untuk menerima dosen yang
 mplementasi Merdeka Belajar-  saing. Ini merupakan tantangan   terbatas penyerapan di dunia kerja,   mengajar walaupun mereka berasal
 Kampus Merdeka (MBKM) yang   besar bagi perguruan tinggi untuk   tetapi juga pada pendapatan dari   dari industri maupun sektor lain.
 dicanangkan Kementerian   menghasilkan SDM kuat. Perguruan   lulusan. Di samping itu juga dari   Penerapan riset dosen yang
 IPendidikan dan Kebudayaan   tinggi harus memberi perhatian   jumlah mahasiswa di perguruan tinggi   menghasilkan inovasi produk, inovasi
 pada tahun 2020, diyakini mampu   penuh dengan perencanaan   yang mendapat pengalaman di luar   kebijakan, riset kebijakan, hingga
 mendorong sistem pendidikan tinggi   matang agar mampu menciptakan             publikasi di tingkat internasional
 melakukan peningkatan kualitas   kriteria SDM yang diharapkan                  hingga mendapat pengakuan.
 mahasiswa menghadapi dunia   negara. Terlebih lagi, Presiden                      Untuk meningkatkan kualitas
 kerja. Kebijakan MBKM ini dikuatkan   telah menetapkan di dalam RPJM           kurikulum dan pembelajaran, IKU
 dengan Peraturan Menteri Pendidikan   2020-2024, parameter utama               yang ditetapkan adalah kemitraan
 dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun   adalah pembangunan SDM yang   Pencapaian        program studi, pembelajaran dalam
 2020 yang mengurai secara jelas   masuk dalam salah satu agenda                kelas yang menggunakan case
 pelaksanaan MBKM. Berbagai upaya   pembangunan.  implementasi                  method atau team-based project,
 mendorong pencapaian kualitas   Universitas Syiah Kuala turut   MBKM ini harus   dan akreditasi internasional.
 mahasiswa ini disosialisasikan   mengambil peran menyukseskan                  Penilaian diberikan bagi program
 dan difasilitasi dengan berbagai   agenda pembangunan ini melalui   mampu diukur   studi yang bekerja sama dengan
 dukungan dari pemerintah baik   program dan kegiatan tridarmanya.   dengan indikator   mitra kelas dunia. Mitranya bisa
 berupa program hibah MBKM maupun   Kebudayaan telah merumuskan   pencapaian perguruan tinggi.   Keterlibatan aktif mewujudkan   dengan industri kelas dunia,
 program lainnya.  delapan Indikator Kinerja Utama (IKU)   Delapan IKU yang dirumuskan ini   MBKM ini telah dijalankan. Berbagai   yang telah   kampus internasional, LSM kelas
 Pencapaian implementasi MBKM   yang ditetapkan dalam Keputusan   sangat relevan dalam mewujudkan   hibah MBKM telah didapatkan dan   ditetapkan.  dunia. Untuk proses pembelajaran,
 ini harus mampu diukur dengan   Menteri Pendidikan dan Kebudayaan   Rencana Pembangunan Jangka   memberi dukungan dan kemudahan   penekanan penilaian dilakukan
 indikator yang telah ditetapkan.   Republik Indonesia Nomor   Menengah Nasional (RPJMN)   bagi USK mewujudkan perbaikan,   dengan mengukur jumlah mata
 Kementerian Pendidikan dan   754/P/2020. IKU ini diharapkan   2020-2024 yang telah disusun oleh   peningkatan tata kelola dan   kuliah yang dijalankan berbasis case
 mampu membangun sinergi dan   Badan Perencanaan Pembangunan   pembangunan SDM-nya.   kampus, baik mengerjakan project   method dan project based yang akan
 kualitas pelaksanaan sistem   Nasional (Bappenas) untuk mencapai   Pencapaian delapan IKU   based learning, studi independen,   menciptakan suatu portofolio atau
 akuntabilitas kinerja di pendidikan   Indonesia Maju. RPJMN ini dapat   Kementerian Pendidikan dan   magang, mengajar, riset, proyek   proyek, menciptakan suatu hasil.
 tinggi berdasarkan orientasi hasil.   diwujudkan melalui penyusunan   Kebudayaan ini telah dijalankan   kemanusiaan, berwirausaha, dan   Keseluruhan IKU ini harus mampu
 Kebijakan IKU ini mendorong   peta jalan dan pencapaian target   dan sampai tahun 2021 banyak   membangun desa.  dicapai perguruan tinggi dengan
 perguruan tinggi untuk menyusun   yang telah ditetapkan. Mengingat   kegiatan yang telah dilaksanakan.   Untuk meningkatkan kualitas   penuh optimisme agar Indonesia
 program kegiatan berorientasi   pentingnya mewujudkan RPJMN ini,   Ada tiga sasaran yang ditetapkan,   dosen perguruan tinggi, IKU yang   semakin baik dan mampu melangkah
 pencapaian IKU yang di dalamnya   perguruan tinggi harus mengambil   yaitu; meningkatnya kualitas lulusan   ditetapkan adalah dosen berkegiatan   lebih jauh. Universitas Syiah Kuala
 mencantumkan kinerja perguruan   peran memberikan kontribusinya   pendidikan tinggi, meningkatnya   tridarma di kampus lain, kualifikasi   juga mampu mewujudkannya dengan
 Dr. Sofia, S.Si., M.Sc  tinggi dalam melaksanakan MBKM.   demi meraih cita-cita Indonesia   kualitas dosen perguruan tinggi, dan   dosen, dan penerapan riset dosen.   semangat kebersamaan, kejujuran,
 Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu   Berdasarkan IKU inilah pemerintah   Maju. Perguruan tinggi yang berhasil   meningkatnya kualitas kurikulum   dan keikhlasan yang terpatri di
 Pendidikan dan Kurikulum  LPPPM USK /       IKU ini untuk melihat pengalaman
 Dosen Fakultas Kedokteran, USK.  akan mengukur prestasi dan   mencapai delapan IKU ini akan   dan pembelajaran. Untuk mencapai   dosen dalam mencari perspektif   dalam jiwa civitasnya. []



 18  OKTOBER 2021                                           19   OKTOBER 2021
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24