Page 14 - Warta Unsyiah Februari 2022
P. 14
PAKAR PAKAR
Mengawal Mutu Pembelajaran mengumpulkan semua mata kuliah
pilihannya itu dalam satu semester. Mata
dari Hulu ke Hilir kuliah pilihan ini sudah dipersiapkan agar
bisa diekivalensikan dengan kegiatan
MBKM di luar. Misalnya, ada mahasiswa
yang MBKM-nya adalah berternak ayam,
membangun desa, dll.
eberhasilan sebuah universitas melahirkan lulusan Inikan sukar menyediakan semua
yang bermutu, sangat tergantung dari pelaksanaan kemungkinan aktivasi luar kampus
kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi tersebut. menjadi nama mata kuliah pilihan.
KLantas, bagaimana upaya Universitas Syiah Kuala Karena pada transkrip nilai hanya satu
memastikan proses pembelajarannya berjalan efektif? model, baik untuk mahasiswa yang
Bagaimana strategi USK dalam menyusun kurikulum memilih kuliah full dalam kampus,
pembelajarannya? maupun yang mengambil MBKM di luar.
Berikut petikan wawancara Warta USK bersama Ketua Jadi kita lakukan penyetaraan aktivitas
Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu berbagai macam kegiatan belajar luar ajarkan? Apa tujuan pembelajarannya? Tujuannya agar dosen ini terampil
(LP3M) USK, Prof. Dr. Adlim, M.Sc. kampus, terutama nontutorial dengan Dengan merujuk profil dan kompetensi melaksanakan pembelajaran secara
mengakuinya sebagai mata kuliah pilihan. lulusan yang sudah ditetapkan dalam profesional. Inilah upaya-upaya LP3M
Bagaimana cara USK meningkatkan mutu pembelajarannya? buku kurikulum. RPS menjadi panduan dalam mengawal mutu pembelajaran
Cara meningkatkan mutu pembelajaran terdiri dari beberapa Lalu? bagi tim pengajar dan dapat dievaluasi. di USK. Aktivitas pembelajaran di kelas
aspek, sebagaimana dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi Jadi ditranskrip nilai nanti hanya mata Lalu ada lagi kontrak kuliah yang dievaluasi setiap semester oleh jurusan
(SNDikti). Dari 24 standar minimum, delapan di antaranya kuliah pilihan yang telah disesuaikan. isinya pembagian tugas setiap dosen, dan diudit LP3M setiap tahun melalui
berkaitan pembelajaran, termasuk kompetensi lulusan, proses Misalnya, mata kuliah pilihannya kesepakatan cara penilaian terhadap kegiatan Audit Mutu Internal (AMI). Jadi
pembelajaran, dan lainnya. adalah pengelolaan sampah. Namun proses belajar mahasiswa yang diketahui kita berupaya mengawalnya dari hulu
Standar itu penting untuk mengevaluasi ukuran mahasiswa tidak mengambil itu, tapi ia dan ditandatangani oleh perwakilan sampai hilir proses pembelajaran ini.
keberhasilan kinerja. Karena wawancara ini terbatas pada mutu pergi melakukan kegiatan pengabdian mahasiswa dari setiap kelas. Misalnya
pembelajaran saja, kita singgung sepintas tentang kurikulum. pengolahan sampah plastik di masyarakat ada lima orang dosen, ditulis siapa dan Apa tujuan penting dari semua proses ini?
Kurikulum yang disusun oleh jurusan mengikuti panduan selama 2x45 jam dalam satu semester. mengajar apa dalam mata kuliah yang Semua inikan hakikatnya untuk mencapai
disiapkan USK melalui tim dari LP3M. Jika ada bukti-bukti yang akurat, maka sama. tujuan pembelajaran. Secara definisi
Panduan itu berisi ketentuan yang terkait profil lulusan kegiatannya itu dapat diakui sebagai tujuan pembelajaran banyak teorinya.
maupun minimal SKS. Termasuk ketentuan lain, seperti pengganti mata kuliah pilihan tersebut. Apa fungsi kontrak kuliah ini? Namun paling penting bagaimana
bagaimana memasukkan materi Merdeka Belajar Kampus Aktivitas luar kampusnya ini juga tercatat RPS dan kontrak kuliah harus dibuat melahirkan insan yang berubah sikapnya
Merdeka (MBKM) ke dalam kurikulum. Penyusunan kurikulum dalam Surat Keterangan Pendamping dosen. Jika tidak, maka tunjangan sesuai yang diharapkan. Dari tidak mau
ini adalah kunci keberhasilan pembelajaran. Nah, terkait Ijazah (SKPI). sertifikasi dosen dapat tertunda karena menuntut ilmu, menjadi gemar menuntut
MBKM, ternyata ada kesulitannya tersendiri. Yaitu, bagaimana tidak akan lulus evaluasi kinerja dosen. ilmu. Dari tidak peduli, menjadi lebih
menyesuaikan kurikulum lama dengan kurikulum MBKM yang Apa lagi tantangan pelaksanaan Jadi bisa dikatakan salah satu tujuannya peduli. Dari yang tidak beretika menjadi
ada agar fleksibel. kurikulum ini? adalah untuk mendisiplinkan dosen agar lebih berakhlak mulia.
Tantangan selanjutnya adalah bagaimana ada akuntabilitas kegiatan pembelajaran. Upaya khusus terhadap pembinaan
Bagaimana strategi mengatasi kesulitan tersebut? kurikulum ini dapat diimplementasikan. Kemudian untuk dosen baru, kita karakter juga sudah diprogramkan. Ada
Caranya adalah dengan membuat banyak mata kuliah pilihan. Itulah peran LP3M (universitas), SJF bekali mereka pengetahuan mendidik. mata kuliah pembinaan karakter. Ada pula
Dari tidak mau menuntut ilmu, Sebelumnya mata kuliah pilihan itu kaku; bila diprogramkan (fakultas) dan TPMA (jurusan) untuk Misalnya dengan program Peningkatan bina karakter di asrama, di masjid kampus,
menjadi gemar menuntut ilmu. Dari semester ganjil, tidak boleh diambil di semester genap, atau mengawalnya. Setelah kurikulum disusun, Keterampilan Dasar Teknik Instruksional nasehat lima menit sebelum pembelajaran,
selanjutnya ada Rencana Pembelajaran
pesan-pesan moral berupa poster,
digeser semester selanjutnya. Namun sekarang, kita buat mata
(Pekerti) yang merupakan program
tidak peduli, menjadi lebih peduli. kuliah pilihan itu dengan kode yang lebih fleksibel. Semester (RPS). Jadi sebelum mengajar, pelatihan peningkatan kompetensi serta melalui kegiatan ekstrakurikuler.
Apa keuntungannya? Dengan sistem seperti ini, jika ada dosen harus menyusun rencana profesional dosen, terutama keterampilan Termasuk memperluas pesan-pesan moral
mahasiswa yang mau melaksanakan MBKM, maka ia bisa mengajarnya dulu. Apa yang mau ia pedagogik. melalui sosial media secara kekinian. []
14 Warta USK Januari 2022 Warta USK Januari 2022 15