Page 15 - Warta Unsyiah Februari 2022
P. 15

PAKAR                                                                                         PAKAR






 Mengawal Mutu Pembelajaran   mengumpulkan semua mata kuliah

          pilihannya itu dalam satu semester. Mata
 dari Hulu ke Hilir  kuliah pilihan ini sudah dipersiapkan agar
          bisa diekivalensikan dengan kegiatan
          MBKM di luar. Misalnya, ada mahasiswa
          yang MBKM-nya adalah berternak ayam,
          membangun desa, dll.
 eberhasilan sebuah universitas melahirkan lulusan   Inikan sukar menyediakan semua
 yang bermutu, sangat tergantung dari pelaksanaan   kemungkinan aktivasi luar kampus
 kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi tersebut.   menjadi nama mata kuliah pilihan.
 KLantas, bagaimana upaya Universitas Syiah Kuala   Karena pada transkrip nilai hanya satu
 memastikan proses pembelajarannya berjalan efektif?   model, baik untuk mahasiswa yang
 Bagaimana strategi USK dalam menyusun kurikulum   memilih kuliah full dalam kampus,
 pembelajarannya?  maupun yang mengambil MBKM di luar.
 Berikut petikan wawancara Warta USK bersama Ketua   Jadi kita lakukan penyetaraan aktivitas
 Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu   berbagai macam kegiatan belajar luar   ajarkan? Apa tujuan pembelajarannya?   Tujuannya agar dosen ini terampil
 (LP3M) USK, Prof. Dr. Adlim, M.Sc.  kampus, terutama nontutorial dengan   Dengan merujuk profil dan kompetensi   melaksanakan pembelajaran secara
          mengakuinya sebagai mata kuliah pilihan.   lulusan yang sudah ditetapkan dalam   profesional. Inilah upaya-upaya LP3M
 Bagaimana cara USK meningkatkan mutu pembelajarannya?  buku kurikulum. RPS menjadi panduan   dalam mengawal mutu pembelajaran
 Cara meningkatkan mutu pembelajaran terdiri dari beberapa   Lalu?  bagi tim pengajar dan dapat dievaluasi.   di USK. Aktivitas pembelajaran di kelas
 aspek, sebagaimana dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi   Jadi ditranskrip nilai nanti hanya mata   Lalu ada lagi kontrak kuliah yang   dievaluasi setiap semester oleh jurusan
 (SNDikti). Dari 24 standar minimum, delapan di antaranya   kuliah pilihan yang telah disesuaikan.   isinya pembagian tugas setiap dosen,   dan diudit LP3M setiap tahun melalui
 berkaitan pembelajaran, termasuk kompetensi lulusan, proses   Misalnya, mata kuliah pilihannya   kesepakatan cara penilaian terhadap   kegiatan Audit Mutu Internal (AMI).  Jadi
 pembelajaran, dan lainnya.   adalah pengelolaan sampah. Namun   proses belajar mahasiswa yang diketahui   kita berupaya mengawalnya dari hulu
 Standar itu penting untuk mengevaluasi ukuran   mahasiswa tidak mengambil itu, tapi ia   dan ditandatangani oleh perwakilan   sampai hilir proses pembelajaran ini.
 keberhasilan kinerja. Karena wawancara ini terbatas pada mutu   pergi melakukan kegiatan pengabdian   mahasiswa dari setiap kelas. Misalnya
 pembelajaran saja, kita singgung sepintas tentang kurikulum.   pengolahan sampah plastik di masyarakat   ada lima orang dosen, ditulis siapa dan   Apa tujuan penting dari semua proses ini?
 Kurikulum yang disusun oleh jurusan mengikuti  panduan   selama 2x45 jam dalam satu semester.   mengajar apa dalam mata kuliah yang   Semua inikan hakikatnya untuk mencapai
 disiapkan USK melalui tim dari LP3M.   Jika ada bukti-bukti yang akurat, maka   sama.   tujuan pembelajaran. Secara definisi
 Panduan itu berisi ketentuan yang terkait profil lulusan   kegiatannya itu dapat diakui sebagai   tujuan pembelajaran banyak teorinya.
 maupun minimal SKS. Termasuk ketentuan lain, seperti   pengganti mata kuliah pilihan tersebut.   Apa fungsi kontrak kuliah ini?  Namun paling penting bagaimana
 bagaimana memasukkan materi Merdeka Belajar Kampus   Aktivitas luar kampusnya ini juga tercatat   RPS dan kontrak kuliah harus dibuat   melahirkan insan yang berubah sikapnya
 Merdeka (MBKM) ke dalam kurikulum. Penyusunan kurikulum   dalam Surat Keterangan Pendamping   dosen. Jika tidak, maka tunjangan   sesuai yang diharapkan. Dari tidak mau
 ini adalah kunci keberhasilan pembelajaran. Nah, terkait   Ijazah (SKPI).   sertifikasi dosen dapat tertunda karena   menuntut ilmu, menjadi gemar menuntut
 MBKM, ternyata ada kesulitannya tersendiri. Yaitu, bagaimana   tidak akan lulus evaluasi kinerja dosen.   ilmu. Dari tidak peduli, menjadi lebih
 menyesuaikan kurikulum lama dengan kurikulum MBKM yang   Apa lagi tantangan pelaksanaan   Jadi bisa dikatakan salah satu tujuannya   peduli. Dari yang tidak beretika menjadi
 ada agar fleksibel.   kurikulum ini?       adalah untuk mendisiplinkan dosen agar   lebih berakhlak mulia.
          Tantangan selanjutnya adalah bagaimana   ada akuntabilitas kegiatan pembelajaran.   Upaya khusus terhadap pembinaan
 Bagaimana strategi mengatasi kesulitan tersebut?  kurikulum ini dapat diimplementasikan.   Kemudian untuk dosen baru, kita   karakter juga sudah diprogramkan. Ada
 Caranya adalah dengan membuat banyak mata kuliah pilihan.    Itulah peran LP3M (universitas), SJF   bekali mereka pengetahuan mendidik.   mata kuliah pembinaan karakter. Ada pula
 Dari tidak mau menuntut ilmu,   Sebelumnya mata kuliah pilihan itu kaku; bila diprogramkan   (fakultas) dan TPMA (jurusan) untuk   Misalnya dengan program Peningkatan   bina karakter di asrama, di masjid kampus,

 menjadi gemar menuntut ilmu. Dari   semester ganjil, tidak boleh diambil di semester genap, atau   mengawalnya. Setelah kurikulum disusun,   Keterampilan Dasar Teknik Instruksional   nasehat lima menit sebelum pembelajaran,
          selanjutnya ada Rencana Pembelajaran
                                                                               pesan-pesan moral berupa poster,
 digeser semester selanjutnya. Namun sekarang, kita buat mata
                                            (Pekerti) yang merupakan program
 tidak peduli, menjadi lebih peduli.  kuliah pilihan itu dengan kode yang lebih fleksibel.   Semester (RPS). Jadi sebelum mengajar,   pelatihan peningkatan kompetensi   serta melalui kegiatan ekstrakurikuler.
 Apa keuntungannya? Dengan sistem seperti ini, jika ada   dosen harus menyusun rencana   profesional dosen, terutama keterampilan   Termasuk memperluas pesan-pesan moral
 mahasiswa yang mau melaksanakan MBKM, maka ia bisa   mengajarnya dulu. Apa yang mau ia   pedagogik.   melalui sosial media secara kekinian. []



 14  Warta USK Januari 2022                                                                  Warta USK Januari 2022 15
   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20