Page 7 - Warta USK Mei 2022
P. 7

EDUKASI                                                                                     EDUKASI








 METODE BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME)  PAUD  dan agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki
          pendidikan lebih lanjut.
 Upaya Menstimulus  salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan
            Hal tersebut yang menggerakkan Cut Mirna Rita,

          PAUD, Universitas Syiah Kuala (USK) mengenalkan
 Kecerdasan Anak  metode pembelajaran BCCT (Beyond Centers and
          Circle Time) untuk menunjang pembelajaran di
          PAUD yang holistik. BCCT dianggap paling ideal
          diterapkan di tanah air. Selain tidak memerlukan
          peralatan yang banyak, tetapi kecerdasan anak
          tetap bisa dioptimalkan. BCCT diyakini mampu
          merangsang seluruh aspek kecerdasan anak
 Cut Mirna Rita  (multiple inteligent) melalui bermain yang terarah.
 Mahasiswi Program Studi Pendidikan PAUD,   Metode pembelajaran ini mampu merangsang
 Universitas Syiah Kuala  anak saling aktif, kreatif, dan terus berpikir dengan
          menggali pengalaman sendiri. Metode ini jelas
          berbeda dengan pembelajaran masa silam yang
          menghendaki murid untuk mengikuti perintah,   sumber: unsplash.com
 endidikan Anak Usia   aspek perkembangan yaitu fisik-  bermakna dan proses belajar dapat   meniru, atau menghapal.
 Dini (PAUD) merupakan   motorik, kognitif, sosial emosional,   berlangsung dengan baik.  Metode Beyond Centers & Circle Times (BCCT)
 pendidikan utama dan   nilai moral agama, seni, dan bahasa.   Menurut Undang-Undang Nomor 20   atau metode sentra dan saat lingkaran adalah suatu   BCCT merupa-  sebelum dan sesudah main.
 pertama bagi tumbuh   Interaksi yang dibangun tersebut   Tahun, pasal 1 ayat 14 tentang Sistem   metode atau pendekatan dalam penyelenggaraan   Tahap pelaksanan metode BCCT
 Pkembang manusia.   merupakan faktor yang mempengaruhi   Pendidikan Nasional, Pendidikan   pendidikan anak usia dini yang bertujuan untuk   kan metode   meliputi tahap persiapan (pelatihan,
 PAUD menjadi dasar utama bagi   tercapainya tujuan pembelajaran yang   Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu   merangsang seluruh aspek kecerdasan anak   pembelajaran   pemagangan, persiapan: tempat
 pertumbuhan fisik, sosioemosional,   diinginkan. Hal ini disebabkan interaksi   upaya yang ditujukan bagi anak sejak   (kecerdasan jamak) melalui kegiatan bermain yang   dan APE, jenis sentra, catatan
 bahasa, dan komunikasi sesuai dengan   tersebut mencerminkan suatu   lahir sampai dengan usia enam tahun   terarah. Adapun yang dimaksud dengan salah satu   pendidikan   perkembangan siswa dan kelompok
 keunikan perkembangan anak usia   hubungan di antara anak sehingga   yang dilakukan untuk membantu   metode pembelajaran yang tepat bagi anak usia dini   anak usia dini   belajar, dan sosialisasi untuk orang
 dini. Sebagai pendidikan yang sangat   memperoleh pengalaman yang   pertumbuhan dan perkembangan   yaitu Beyond Center and Circle Time (BCCT) yaitu   tua), tahap pelaksanaan pada proses
 mendasar, pendidikan anak di usia   seluruh proses pembelajaran berpusat pada anak.   perpaduan   pembelajaran (penataan lingkungan
 dini harus dilaksanakan oleh orang   sumber: unsplash.com  Metode pembelajaran BCCT menfasilitasi anak   antara teori dan   main, penyambutan siswa, main
 tua, masyarakat, dan pemerintah. Hal   agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan   pengalaman   pembukaan, transisi, kegiatan inti:
 tersebut dikarenakan sasaran PAUD   potensi dan minat yang dimilikinya.        pijakan pengalaman sebelum, selama,
 akan terus ada sebagai konsekuensi   BCCT merupakan metode pembelajaran   empirik  dan sesudah main), dan tahap evaluasi
 adanya proses regenerasi.   pendidikan anak usia dini perpaduan antara         (evaluasi program dan evaluasi
 Untuk menyiapkan generasi yang   teori dan pengalaman empirik. Centers (sentra)   kemajuan perkembangan siswa).
 lebih berkualitas dan memiliki daya   adalah zona atau area main anak yang dilengkapi   Tujuan penerapan pembelajaran
 saing antarpribadi, antarbangsa   seperangkat alat main yang berfungsi sebagai   BCCT ini adalah untuk memberi
 yang unggul, maka PAUD harus   pijakan lingkungan yang diperlukan untuk        kesempatan kepada semua anak untuk
 dikelola secara profesional dengan   mendukung perkembangan anak dalam tiga jenis   dapat terlibat secara aktif dalam proses
 dukungan dari orang tua, masyarakat,   permainan, yaitu main sensorimotor (fungsional),   berpikir dan kegiatan belajar. Agar
 maupun pemerintah. Pembelajaran   main peran, dan main pembangunan. Sedangkan   terlaksana dengan baik, anak disiapkan
 anak usia dini merupakan proses   circle times (saat lingkaran) adalah saat pendidik   ragam main dalam sentra-sentra dan
 interaksi antara anak, orang tua, atau   duduk bersama anak dengan posisi melingkar untuk   anak bebas memilih ragam main yang
 orang dewasa lainnya dalam suatu   memberikan pijakan kepada anak yang dilakukan   diinginkan. []
 lingkungan untuk mencapai enam




 6  Warta USK Mei 2022                                                                         Warta USK Mei 2022  7
   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12