Page 6 - Warta USK April 2023
P. 6
EDUKASI EDUKASI
Project Based Learning (PJBL)
Mengasah Potensi Diri
Mahasiswa
mendorong daya pikir kritis, dalam
proyek periklanan ini mahasiswa
dituntut untuk solutif memecahkan
masalah sehingga mendorong hasil
produk iklan yang kreatif.
Selain itu, karena berbasis
proyek mandiri, mahasiswa
memiliki tanggung jawab penuh
atas proyek tim mereka masing-
masing. Hal ini mendorong kerja
sama tim dan kolaborasi dengan
pihak mitra dalam mengatur waktu,
pengelolaan sumber daya, sampai untuk menampilkan produk iklan Koordinator Program Studi Ilmu motivasi bagi para dosen mata kuliah
dengan pengembangan konsep dan video dan iklan luar ruangan. Komunikasi, mengapresiasi hadirnya dengan lingkup yang sama, yakni
strategi untuk terciptanya suatu “Dalam pagelaran ini masing- pagelaran yang mendukung realisasi case study dan PJBL.
produk iklan. Mahasiswa tidak hanya masing tim akan melakukan dari Program Kampus Merdeka. Untuk diketahui, selaian
memperoleh pengetahuan dan
rogram Studi Ilmu Komunikasi, keterampilan yang relevan, mereka presentasi dan menampilkan hasil Ia berharap dengan adanya PJBL mata kuliah periklanan, Program
Studi Ilmu Komunikasi juga telah
kerja mereka dalam bentuk slide
ini dapat menjadi portofolio dan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu juga belajar beradaptasi dengan presentasi, flyer, poster, dan video meningkatkan keterampilan menerapkan metode PJBL pada
Politik Universitas Syiah Kuala Keterampilan situasi nyata di lapangan. periklanan,” ujar kata Deni. mahasiswa di dunia industri. beberapa mata kuliah lain, seperti
(FISIP USK) secara perdana Dalam pagelaran ini ada 21 tim
Proses produksi iklan dilakukan
“Keterampilan dan kemampuan
Pmengadakan Pagelaran Karya dan kemampuan dari mahasiswa yang menempatkan selama sebulan lebih yang terdiri praktis yang terukur bisa menjadi Komunikasi Kesehatan, Videografi,
dan beberapa mata kuliah yang
Project Based Learning (PJBL) Periklanan praktis yang diri sebagai agensi periklanan. dari enam tahapan. Mulai dari bekal ilmu yang bermanfaat. Saya bersifat praktis dan implementatif.
di ruang aula FISIP USK. Pagelaran ini terukur bisa Kemudian hasil produksi iklan pembentukan profil agensi, senang bahwa iklan yang dibuat Dengan menggunakan pendekatan
merupakan bentuk luaran akhir dari mata ditampilkan sebagai bentuk tugas tahapan pra-produksi, produksi bukan merupakan iklan imajiner, PJBL, mahasiswa dapat
kuliah Periklanan di semester genap menjadi bekal akhir mata kuliah Periklanan yang iklan luar ruangan dan iklan video, tapi merupakan iklan dari pemilik mengaplikasikan teori dan konsep
2022/2023. ilmu yang menjadi salah satu mata kuliah PJBL sampai dengan presentasi karya usaha atau retail. Semoga apa yang yang dipelajari dalam situasi
Dosen mata kuliah Periklanan, Deni bermanfaat. di program studi Ilmu Komunikasi.
Yanuar, S.IP.,M.Ikom. mengatakan mata Para mahasiswa juga bekerja sama di pagelaran. Kemudian sejak dilakukan hari ini dapat dilanjutkan nyata di lapangan. Diharapkan
ke depannya,” ujarnya.
mahasiswa dapat mengembangkan
tanggal 20 Maret 2023, mahasiswa
kuliah Periklanan dengan metode PJBL dengan mitra penyedia barang dan mulai aktif melakukan riset dan Rahmat mengatakan kegiatan keterampilan komunikasi
memungkinkan mahasiswa untuk belajar jasa seperti perusahaan atau usaha berkonsultasi dengan mitra untuk ini akan menjadi rutin dilaksanakan yang efektif dan mendapatkan
melalui pengalaman praktis karena retail yang berada di wilayah Aceh proses produksi iklan. Program Studi Ilmu Komunikasi. Ia pemahaman lebih dalam tentang
berpartisipasi dalam proyek nyata. Tak hanya maupun luar Aceh. Kerja sama ini
Rahmat Saleh, selaku berharap kegiatan ini dapat menjadi kajian mata kuliah yang diikutinya. []
6 Warta USK April 2023 Warta USK April 2023 7