Page 7 - Warta USK April 2023
P. 7

EDUKASI                                                                                     EDUKASI






 Project Based Learning (PJBL)
 Mengasah Potensi Diri




 Mahasiswa







 mendorong daya pikir kritis, dalam
 proyek periklanan ini mahasiswa
 dituntut untuk solutif memecahkan
 masalah sehingga mendorong hasil
 produk iklan yang kreatif.
 Selain itu, karena berbasis
 proyek mandiri, mahasiswa
 memiliki tanggung jawab penuh
 atas proyek tim mereka masing-
 masing. Hal ini mendorong kerja
 sama tim dan kolaborasi dengan
 pihak mitra dalam mengatur waktu,
 pengelolaan sumber daya, sampai   untuk menampilkan produk iklan   Koordinator Program Studi Ilmu   motivasi bagi para dosen mata kuliah
 dengan pengembangan konsep dan   video dan iklan luar ruangan.   Komunikasi, mengapresiasi hadirnya   dengan lingkup yang sama, yakni
 strategi untuk terciptanya suatu   “Dalam pagelaran ini masing-  pagelaran yang mendukung realisasi   case study dan PJBL.
 produk iklan. Mahasiswa tidak hanya   masing tim akan melakukan   dari Program Kampus Merdeka.   Untuk diketahui, selaian
 memperoleh pengetahuan dan
 rogram Studi Ilmu Komunikasi,   keterampilan yang relevan, mereka   presentasi dan menampilkan hasil   Ia berharap dengan adanya PJBL   mata kuliah periklanan, Program
                                                                                Studi Ilmu Komunikasi juga telah
          kerja mereka dalam bentuk slide
                                             ini dapat menjadi portofolio dan
 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu   juga belajar beradaptasi dengan   presentasi, flyer, poster, dan video   meningkatkan keterampilan   menerapkan metode PJBL pada
 Politik Universitas Syiah Kuala   Keterampilan   situasi nyata di lapangan.  periklanan,” ujar kata Deni.  mahasiswa di dunia industri.   beberapa mata kuliah lain, seperti
 (FISIP USK) secara perdana   Dalam pagelaran ini ada 21 tim
            Proses produksi iklan dilakukan
                                               “Keterampilan dan kemampuan
 Pmengadakan Pagelaran Karya   dan kemampuan   dari mahasiswa yang menempatkan   selama sebulan lebih yang terdiri   praktis yang terukur bisa menjadi   Komunikasi Kesehatan, Videografi,
                                                                                dan beberapa mata kuliah yang
 Project Based Learning (PJBL) Periklanan   praktis yang   diri sebagai agensi periklanan.   dari enam tahapan. Mulai dari   bekal ilmu yang bermanfaat. Saya   bersifat praktis dan implementatif.
 di ruang aula FISIP USK. Pagelaran ini   terukur bisa   Kemudian hasil produksi iklan   pembentukan profil agensi,   senang bahwa iklan yang dibuat   Dengan menggunakan pendekatan
 merupakan bentuk luaran akhir dari mata   ditampilkan sebagai bentuk tugas   tahapan pra-produksi, produksi   bukan merupakan iklan imajiner,   PJBL, mahasiswa dapat
 kuliah Periklanan di semester genap   menjadi bekal   akhir mata kuliah Periklanan yang   iklan luar ruangan dan iklan video,   tapi merupakan iklan dari pemilik   mengaplikasikan teori dan konsep
 2022/2023.  ilmu yang   menjadi salah satu mata kuliah PJBL   sampai dengan presentasi karya   usaha atau retail. Semoga apa yang   yang dipelajari dalam situasi
 Dosen mata kuliah Periklanan, Deni   bermanfaat.  di program studi Ilmu Komunikasi.
 Yanuar, S.IP.,M.Ikom. mengatakan mata   Para mahasiswa juga bekerja sama   di pagelaran. Kemudian sejak   dilakukan hari ini dapat dilanjutkan   nyata di lapangan. Diharapkan
                                             ke depannya,” ujarnya.
                                                                                mahasiswa dapat mengembangkan
          tanggal 20 Maret 2023, mahasiswa
 kuliah Periklanan dengan metode PJBL   dengan mitra penyedia barang dan   mulai aktif melakukan riset dan   Rahmat mengatakan kegiatan   keterampilan komunikasi
 memungkinkan mahasiswa untuk belajar   jasa seperti perusahaan atau usaha   berkonsultasi dengan mitra untuk   ini akan menjadi rutin dilaksanakan   yang efektif dan mendapatkan
 melalui pengalaman praktis karena   retail yang berada di wilayah Aceh   proses produksi iklan.  Program Studi Ilmu Komunikasi. Ia   pemahaman lebih dalam tentang
 berpartisipasi dalam proyek nyata. Tak hanya   maupun luar Aceh. Kerja sama ini
            Rahmat Saleh, selaku             berharap kegiatan ini dapat menjadi   kajian mata kuliah yang diikutinya. []




 6  Warta USK April 2023                                                                       Warta USK April 2023  7
   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12