Page 34 - Edisi Maret 2017
P. 34

34   RISET                                                                                                                                                                                                    RISET     35





          LITERATURE SEARCHING SERVICE                                                                                           2. Permintaan artikel jurnal lokal   dan terus dipromosikan kepada   Perkembangan teknologi

                                                                                                                                                                                                      yang begitu cepat dan bebas
                                                                                                                                 konten, koleksi karya ilmiah,
                                                                                                                                                                    masyarakat. Sehingga saat ini,
                                                                                                                                 artikel tercetak. Saat pemesanan   perpustakaan telah menerima       menjadi tantangan tersendiri
          DI UPT PERPUSTAKAAN UNSYIAH                                                                                            koleksi ini, petugas akan mengecek   dan menjawab surat pemustaka    bagi eksistensi perpustakaan.
                                                                                                                                 subjek yang diminta ke alamat
                                                                                                                                                                                                      Dengan tersedia layanan referensi
                                                                                                                                                                    melalui koleksi lokal konten lebih
                                                                                                                                 http://uilis.unsyiah.ac.id/        kurang sebanyak 8.000 email. Di   menggunakan media teknologi,
                                                                                                                                 google/. Selanjutnya petugas       sepanjang tahun 2016, pemesan     memungkinkan perpustakaan
                                                                                                                                 akan memeriksa subjek tersebut     ETD mendominasi dari pemesanan    tetap eksis. Keberadaannya
                                                                                                                                 merujuk ke jurnal lokal konten,    koleksi bentuk lain yang dibuktikan   menjadi jantung bagi institusi
                                                                                                                                 koleksi karya ilmiah, atau artikel   dengan peningkatan webometrik   terlebih perguruan tinggi sehingga
                                                       erkembangan teknologi   sesuai dengan kebutuhan                           tercetak.                          Universitas Syiah Kuala. Jumlah   menjadi rujukan utama dalam
                                                       yang begitu cepat       informasi yang dicari (wikipedia.                                                    pemesanan ETD mencapai 2.500,     pencapaian Tri Dharma Perguruan
                                                       dan bebas menjadi       org).                                             3. Permintaan buku tercetak.       sedangkan jurnal tercetak ada     Tinggi. (cds)
                                                       tantangan tersendiri                                                      Petugas memeriksa ketersediaan     2.000 buah.
                                            Pbagi eksistensi                   Pelayanan LSS adalah layanan                      koleksi tersebut di rak. Selanjutnya
                                            perpustakaan. UPT Perpustakaan     yang diberikan oleh bagian                        email permintaan akan dibalas
                                            Universitas Syiah Kuala melalui    pelayanan referensi dengan                        sesuai ketentuan yang berlaku.
                                            layanan referensi  mencetuskan     menggunakan media internet,
              RAHMADANI SIAHAAN, S.SOS
                                            sebuah pelayanan yang diberi       dimana pemustaka mengirimkan                      Ketentuan yang dibuat oleh
                 PUSTAKAWAN MUDA            nama Literatur Searching Service   email dengan mengakses layanan                    layanan LSS untuk setiap
             UPT PERPUSTAKAAN UNSYIAH       (LSS). Tujuan layanan LSS adalah   LSS melalui situs uilis.unsyiah.                  pemustaka berbeda-beda.
                                            untuk memudahkan pemustaka         ac.id. Sejauh pengamatan, layanan                 Bagi pemustaka yang berada
                                            mendapatkan  informasi terutama    ini belum banyak disediakan                       di luar kota Banda Aceh dan
                                            hasil lokal konten. Layanan ini    oleh perpustakaan di Indonesia.                   menginginkan rujukan dalam
                                            merupakan turunan dari layanan     Pelayanan LSS dilaksanakan                        bentuk hard copy, pustakawan
                                            referensi.                         dengan cara menerima email                        akan mengirimkan koleksi yang

              Keberadaannya                 Layanan referensi merupakan        yang masuk melalui google drive.                  dicari dengan biaya pengiriman,
                                                                               Setiap hari pustakawan memeriksa
              menjadi jantung bagi          pelayanan untuk membantu           kotak masuk (inbox) dari email                    fotokopi bahan, dan biaya
                                                                                                                                 penelusuran yang ditanggung
              institusi terlebih            pemustaka menemukan                yang diberi account helpdesk.lib@                 sepenuhnya oleh pemustaka.
              perguruan tinggi              informasi dengan cara  menerima    unsyiah.ac.id.                                    Sementara untuk civitas
              sehingga menjadi              pertanyaan, memberi bimbingan      Beberapa bentuk permintaan                        akademika Universitas Syiah                                                                        BROSUR PELAYANAN LITERATUR SEARCHING SERVICE (LSS)
                                            untuk mencari informasi, dan
                                                                                                                                 Kuala sendiri akan diundang
              rujukan utama dalam           mengevaluasi informasi yang        literatur yang masuk ke drive LSS                 untuk mengunjungi perpustakaan
              pencapaian Tri                dibutuhkan pemustaka. Fungsi dan   adalah:                                           secara langsung. Jika mereka
              Dharma Perguruan              tujuan layanan referensi adalah    1. Permintaan ETD. Petugas                        membutuhkan pengiriman, maka
                                            menemukan informasi secara
              Tinggi.                       cepat dan tepat, menelusuri        memastikan bahwa bahan yang                       ketentuannya sama dengan
                                                                                                                                 pemustaka  yang berada di luar
                                            informasi dengan media yang lebih   dipesan oleh pemustaka dapat                     Banda Aceh atau non civitas
                                            luas, menggunakan koleksi yang     diakses dan dibaca secara full teks.              akademika.
                                            tepat guna, serta mengevaluasi
                                            informasi yang didapat apakah                                                        LSS dicetuskan pada Agustus 2015





          EDISI 208 . FEBRUARI 2017                                                                                                                                                                                EDISI 208 . FEBRUARI 2017 7
                                                                                                                                                                                                                     EDISI 209 . MARET 201
                          7
          EDISI 209 . MARET 201
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39