Page 34 - Edisi Maret 2017
P. 34
34 RISET RISET 35
LITERATURE SEARCHING SERVICE 2. Permintaan artikel jurnal lokal dan terus dipromosikan kepada Perkembangan teknologi
yang begitu cepat dan bebas
konten, koleksi karya ilmiah,
masyarakat. Sehingga saat ini,
artikel tercetak. Saat pemesanan perpustakaan telah menerima menjadi tantangan tersendiri
DI UPT PERPUSTAKAAN UNSYIAH koleksi ini, petugas akan mengecek dan menjawab surat pemustaka bagi eksistensi perpustakaan.
subjek yang diminta ke alamat
Dengan tersedia layanan referensi
melalui koleksi lokal konten lebih
http://uilis.unsyiah.ac.id/ kurang sebanyak 8.000 email. Di menggunakan media teknologi,
google/. Selanjutnya petugas sepanjang tahun 2016, pemesan memungkinkan perpustakaan
akan memeriksa subjek tersebut ETD mendominasi dari pemesanan tetap eksis. Keberadaannya
merujuk ke jurnal lokal konten, koleksi bentuk lain yang dibuktikan menjadi jantung bagi institusi
koleksi karya ilmiah, atau artikel dengan peningkatan webometrik terlebih perguruan tinggi sehingga
erkembangan teknologi sesuai dengan kebutuhan tercetak. Universitas Syiah Kuala. Jumlah menjadi rujukan utama dalam
yang begitu cepat informasi yang dicari (wikipedia. pemesanan ETD mencapai 2.500, pencapaian Tri Dharma Perguruan
dan bebas menjadi org). 3. Permintaan buku tercetak. sedangkan jurnal tercetak ada Tinggi. (cds)
tantangan tersendiri Petugas memeriksa ketersediaan 2.000 buah.
Pbagi eksistensi Pelayanan LSS adalah layanan koleksi tersebut di rak. Selanjutnya
perpustakaan. UPT Perpustakaan yang diberikan oleh bagian email permintaan akan dibalas
Universitas Syiah Kuala melalui pelayanan referensi dengan sesuai ketentuan yang berlaku.
layanan referensi mencetuskan menggunakan media internet,
RAHMADANI SIAHAAN, S.SOS
sebuah pelayanan yang diberi dimana pemustaka mengirimkan Ketentuan yang dibuat oleh
PUSTAKAWAN MUDA nama Literatur Searching Service email dengan mengakses layanan layanan LSS untuk setiap
UPT PERPUSTAKAAN UNSYIAH (LSS). Tujuan layanan LSS adalah LSS melalui situs uilis.unsyiah. pemustaka berbeda-beda.
untuk memudahkan pemustaka ac.id. Sejauh pengamatan, layanan Bagi pemustaka yang berada
mendapatkan informasi terutama ini belum banyak disediakan di luar kota Banda Aceh dan
hasil lokal konten. Layanan ini oleh perpustakaan di Indonesia. menginginkan rujukan dalam
merupakan turunan dari layanan Pelayanan LSS dilaksanakan bentuk hard copy, pustakawan
referensi. dengan cara menerima email akan mengirimkan koleksi yang
Keberadaannya Layanan referensi merupakan yang masuk melalui google drive. dicari dengan biaya pengiriman,
Setiap hari pustakawan memeriksa
menjadi jantung bagi pelayanan untuk membantu kotak masuk (inbox) dari email fotokopi bahan, dan biaya
penelusuran yang ditanggung
institusi terlebih pemustaka menemukan yang diberi account helpdesk.lib@ sepenuhnya oleh pemustaka.
perguruan tinggi informasi dengan cara menerima unsyiah.ac.id. Sementara untuk civitas
sehingga menjadi pertanyaan, memberi bimbingan Beberapa bentuk permintaan akademika Universitas Syiah BROSUR PELAYANAN LITERATUR SEARCHING SERVICE (LSS)
untuk mencari informasi, dan
Kuala sendiri akan diundang
rujukan utama dalam mengevaluasi informasi yang literatur yang masuk ke drive LSS untuk mengunjungi perpustakaan
pencapaian Tri dibutuhkan pemustaka. Fungsi dan adalah: secara langsung. Jika mereka
Dharma Perguruan tujuan layanan referensi adalah 1. Permintaan ETD. Petugas membutuhkan pengiriman, maka
menemukan informasi secara
Tinggi. cepat dan tepat, menelusuri memastikan bahwa bahan yang ketentuannya sama dengan
pemustaka yang berada di luar
informasi dengan media yang lebih dipesan oleh pemustaka dapat Banda Aceh atau non civitas
luas, menggunakan koleksi yang diakses dan dibaca secara full teks. akademika.
tepat guna, serta mengevaluasi
informasi yang didapat apakah LSS dicetuskan pada Agustus 2015
EDISI 208 . FEBRUARI 2017 EDISI 208 . FEBRUARI 2017 7
EDISI 209 . MARET 201
7
EDISI 209 . MARET 201