Page 3 - Edisi April 2017
P. 3

IFTITAH      3








                                            Meningkatkan



                                            Kualitas Layanan






            HUSNI FRIADY, S.T., M.M.




          MELAYANI memiliki arti membantu, menyiapkan,        pelayanan publik yang baik dan berkualitas kepada
          mengurus apa yang diperlukan seseorang. Hal ini bermakna   masyarakat.
          pula bahwa pelayan merupakan orang yang bertugas
          melayani dan memberikan pelayanan. Dalam kehidupan   Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sebagai salah satu
          sehari-hari, kita dapat melihat bahwa seorang pelayan   lembaga pemerintah yang bergerak dalam bidang
          berperan besar dalam meringankan pekerjaan orang lain.   pendidikan dan menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi,
          Jadi alangkah mulianya tugas seorang pelayan karena selalu   berusaha terus meningkatkan pelayanan. Misalnya
          menebarkan kebaikan kepada orang yang dilayaninya.  dalam bidang pendidikan, Unsyiah terus meningkatkan
                                                              kemampuan akademik mahasiswa dengan pola
          Sekilas uraian di atas dapat memberikan pemahaman   pembelajaran yang lebih baik. Sehingga menciptakan mutu
          kepada kita tentang tugas dari seorang pelayan. Tentu ini   lulusan yang mampu bersaing dengan lulusan perguruan
          berlaku dalam konteks kehidupan pribadi. Lalu bagaimana   tinggi lainnya. Hal sama juga dilakukan di bidang penelitian
          tugas pelayan dalam suatu lembaga atau institusi?   dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen,
                                                              mahasiswa, atau kolaborasi antar keduanya. Di bidang
          Pegawai negeri yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS),   ini, Unsyiah berusaha untuk memberikan pencerahan dan
          anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI),   pemahaman yang menyentuh langsung kebutuhan hidup
          dan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan   masyarakat. Ini dilakukan agar kehadiran kampus tertua di
          aparatur negara yang bertugas memberikan pelayanan. Ini   Aceh ini dirasakan nyata dan berguna bagi masyarakat.
          sesuai amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 dan
          Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999. Mereka dituntut   Bagai sebuah mata rantai, peran yang tidak kalah penting
          memberikan pelayanan secara profesional, jujur, adil, dan   dari sebuah pelayanan adalah keberadaan tenaga
          merata dalam rangka penyelenggaraan tugas negara,   pengelola, yaitu tenaga kependidikan. Mereka adalah unsur
          pemerintah, dan pembangunan. Setiap pegawai negeri   pemberi layanan baik internal maupun eksternal yang
          wajib mentaati segala peraturan perundang-undangan   menjalankan roda organisasi di perguruan tinggi. Tentu
          yang berlaku. Sekaligus melaksanakan tugas kedinasan   saja dalam menjalankan tugasnya, tenaga kependidikan
          yang dipercayakan kepadanya dengan penuh pengabdian,   harus profesional memahami aturan dan prosedur yang
          kesadaran, dan tanggung jawab.                      dijalankan. Sehingga memberikan kemudahan dan rasa
                                                              puas bagi para penerima layanan. Untuk itu peningkatan
          Pemerintah menyadari jika tugas pelayanan dalam     skill tenaga kependidikan harus senantiasa dilaksanakan
          suatu lembaga sangat penting. Sehingga dalam sasaran   demi meningkatkan kualitas pelayanan. Sebab sebaik
          reformasi birokrasi salah satu poin yang ingin dicapai   apapun sistem organisasi tanpa didukung pelayanan
          adalah meningkatkan pelayanan publik. Artinya seluruh   yang baik, akan berdampak buruk terhadap citra dan
          badan publik yang ada di pemerintahan harus memberikan   keberlangsungan organisasi tersebut. (Redaksi)





 EDISI 210 . APRIL 2017                                                                         EDISI 210 . APRIL 2017
   1   2   3   4   5   6   7   8