Page 17 - Edisi Juni 2017
P. 17
16 FOKUS FOKUS 17
Berbenah Untuk institusinya terhadap tantangan Dalam bidang informasi dan delapan Audit Internal Mutu
teknologi komunikasi, Unsyiah
global. Di tahun 2026, Unsyiah
Akademik (AIMA).
telah membangun jaringan
telah menetapkan target menjadi
PERSAINGAN GLOBAL kampus yang siap bersaing di backbone kampus menggunakan Segala pencapaian ini setidaknya
menjelaskan bahwa Unsyiah
serat optik yang menghubungkan
tingkat internasional.
benar-benar bertekad dalam
Perlahan namun pasti, Unsyiah Unit Pelaksana Teknis (UPT) merealisasikan visi misinya. Satu
Pusat Komputer dan Sistem
semakin dekat dengan cita-cita Informasi (UPT PUKSI) sebagai unit persatu permasalahan yang
besarnya tersebut. Di mulai pada pelaksananya. Kampus ini juga menghambat berhasil diselesaikan
tahun 2015, kampus Jantoeng telah berhasil menjalankan sistem berkat kerja keras, disiplin, dedikasi
Hatee Rakyat Aceh ini telah administrasi dan pembelajaran yang tinggi, serta semangat
berhasil meraih akreditasi A berbasis elektronik seperti kebersamaan yang selama ini telah
dari Badan Akreditasi Nasional Paperless Office (PLO), e-learning, menjadi ruh Unsyiah. Jika nilai-nilai
Perguruan Tinggi (BAN-PT). dan melakukan kompetisi seperti ini terus berjalan secara
Perolehan akreditas ini pun pengembangan konten e-learning konsisten, bukan tidak mungkin
berdampak cukup signifikan bagi staf pengajar. Begitu pula Unsyiah di tahun 2026 mampu
terhadap etos kerja dan sikap dalam upaya peningkatan menjadi ujung tombak Perguruan
kompetitif ilmiah civitas mutu. Setiap tahunnya, Unsyiah Tinggi di Indonesia dalam
akademika Unsyiah. Civitas melakukan audit internal yang persaingan global. (ib)
akademika kampus ini terus saat ini telah memasuki siklus
berupaya merealisasikan cita-
cita kampus ini untuk berdaya
saing di tingkat nasional maupun
internasional. Unsyiah telah mengimplementasikan berbagai
program secara terjadwal dan sistematik yang
Selanjutnya, Unsyiah telah sejalan dengan landasan pengembangan
mengimplementasikan berbagai
program secara terjadwal dan perguruan tinggi nasional.
sistematik yang sejalan dengan
landasan pengembangan
i lantai II Perpustakan “Saya baru menyadari dari luar ini memiliki kesungguhan nyata perguruan tinggi nasional.
Unsyiah, para pegawai Unsyiah ini tampaknya sederhana. dalam merealisasikan cita-citanya. Implementasi tersebut telah
Biro Perencanaan Tetapi begitu saya masuk ke Sebab manajemen birokrasinya difokuskan pada pencapaian
dan Hubungan dalam, ternyata sangat kompleks,” telah semakin membaik. dari tiga pilar landasan program
DMasyarakat Unsyiah ujar trainer dari Jakarta ini. pengembangan Unsyiah periode
bersiap mengikuti pelatihan ISO Ya, Unsyiah saat ini memang harus pertama 2007-2012, yaitu pilar
9000:2015. Sebelum pelatihan Pernyataan Ismail tersebut ia beradaptasi. Seiring harapan besar 1, pemerataan dan perluasan
dimulai, Ismail Ramli, pemateri sampaikan setelah mempelajari masyarakat terhadap Unsyiah akses. Pilar 2, peningkatan mutu,
dari Dinamika Mitra Global, struktur tata kelola Unsyiah. serta tantangan dunia pendidikan relevansi, dan daya saing. Pilar
mengungkapkan pandangannya Menurutnya, struktur tata kelola yang semakin kuat. Maka 3, peningkatan tata kelola (good
tentang Unsyiah. Unsyiah yang tidak lagi sederhana Unsyiah mau tidak mau harus governance), akuntabilitas dan
adalah pertanda jika kampus berbenah. Berupaya menyesuaikan pencitraan publik.
EDISI 212 . JUNI 2017 EDISI 212 . JUNI 2017