Page 19 - Edisi Juni 2017
P. 19

t



 18  PROFIL                                                                                     PROFIL      19






          Meski tugasnya terkait penjaminan   Marwan terbiasa mengendalikan    dosen kimia bukanlah mimpi
          mutu, Marwan tetap merasa         reaksi pada tingkat molekular untuk   Marwan. Terlebih lagi saat menjadi
          berbeda saat menjabat sebagai     hasil yang optimal. Terlebih lagi   siswa sekolah ia jarang meraih juara.
          asesor dan Kepala LP3M. Sebab     disertasinya mengenai teknik reaktor.   Bahkan, saat duduk di bangku SD ia
          menurut doktor lulusan University                                    pernah disepak oleh gurunya.
          of Birmingham ini, sebagai asesor   “Simple-nya hidup ini banyak hal
          ia terbiasa melihat dari luar. Posisi   yang umum, tetapi kita juga harus   “Biasalah anak SD iseng-iseng.
          Marwan sebagai pihak eksternal    perhatian pada hal-hal yang detail.   Jadi kalau di kelas itu hukumannya
          membuatnya dapat menilai lebih    Jadi jangan anggap remeh persoalan   memang pakai rol. Yang enggak
          luas. Sementara sebagai Kepala    kecil karena masalahnya bisa       bisa, dipukul pakai rol. Tapi kalau
          LP3M, Marwan berposisi sebagai    menjadi besar,” ujarnya.           sekarang namanya pelanggaran
          pihak internal yang ditugaskan                                       HAM, ya,” ujarnya sambil tertawa.
          untuk menilai instansinya sendiri.  Marwan sendiri telah menyukai
                                            ilmu kima sejak SMA. Kecintaan ini   Ternyata pendidikan seperti
          “Kalau internal kita seperti melihat   berawal dari cara gurunya mengajar   itu justru membuat Marwan
          diri sendiri. Dosen, mahasiswa,   dengan sangat menyenangkan.        displin. Jika mempelajari sesuatu,
          pimpinan, dan sesuatu di dalamnya.   Gurunya mengajar dengan         Marwan selalu fokus agar bisa
          Semua ini tidak mudah  karena kita   pendekatan personal, sehingga   memahaminya dengan baik. Baginya
          harus bersinergi,” ungkapnya.     kimia yang terkesan menakutkan     setiap waktu harus dimanfaatkan
                                            disampaikan dengan sangat          sebaik mungkin. Pesan seperti
          Hal inilah yang menjadi tantangan   menarik. Marwan pun tidak yakin,   inilah kerap ia sampaikan kepada
 DR. IR. MARWAN  tersendiri bagi Marwan. Sebab   apakah ia bisa menjadi dosen   mahasiswanya. Bahwa disiplin
 KEPALA LEMBAGA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN   ia harus membangun sistem   andaikan saat itu gurunya tidak   harus lahir dari dalam diri sendiri.
                                                                               Sekaligus memanfaatkan waktu
                                            mengajarkan kimia dengan cara
          yang sangat kompleks karena di
 DAN PENJAMINAN MUTU (LP3M) UNSYIAH  dalamnya terdapat komponen SDM,   demikian.   untuk mempersiapkan diri dengan
 JATUH HATI PADA KIMIA   pimpinan, orang-orang yang terlibat   “Saya yakin, enggak,” ujarnya sambil   belajar.
          agar terlaksana program tersebut.
                                                                               “Anak muda jangan sibuk sama
                                            tersenyum.
 KARENA GURU  “Dan yang paling penting adalah   Sebenarnya cita-cita Marwan saat   kedai kopi. Coba bayangkan hidup ke
          komitmen,” tegas ayah dengan tiga
                                                                               depan ini semakin sulit,” nasihatnya.
                                            kecil terlalu normatif. Ia ingin
          orang anak ini.
                                            menjadi orang yang sukses. Menjadi   (ib)
 engalaman Marwan   Tugas dosen teknik kimia Unsyiah   “Saya juga tidak tahu mengapa   Namun, latar belakang Marwan
 sebagai asesor Badan   ini pun tidak mudah. Sebab secara   diberi amanah ini. Kalau dari sisi   sebagai ahli kimia secara tidak
 Akreditasi Nasional   kelembagaan, LP3M memiliki peran   jabatan mungkin kepercayaan,   langsung sangat membantu ia
 Perguruan Tinggi (BAN-  penting. Di antaranya memberikan   ya. Kalau dari penjaminan mutu   dalam menjalankan amanah ini.   “Anak muda jangan sibuk sama kedai
 PPT), membuatnya   layanan pengembangan pendidikan,   itu sendiri memang lebih intens   Sebab selama menekuni ilmu kimia,
 dipercaya untuk menduduki   mendukung kebijakan pimpinan   waktu saya ditunjuk anggota Badan   ada banyak kearifan hidup yang ia   kopi. Coba bayangkan hidup ke depan ini
 jabatan penting sebagai Kepala   seperti pembukaan prodi baru,   Akreditasi Nasional,” ceritanya   dapati. Salah satunya bagaimana   semakin sulit.”
 Pengembangan Pendidikan dan   pembentukan kurikulum, hingga   kepada Warta Unsyiah.   cara memanfaatkan sumber daya
 Penjaminan Mutu (LP3M) Unsyiah.   pengembangan pembelajaran demi   yang ada demi tercapainya hasil
 mendukung penerapan kurikulum.   yang maksimal. Dalam ilmu kimia,




 EDISI 212 . JUNI 2017                                                                           EDISI 212 . JUNI 2017
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24