Page 19 - WARTA USK
P. 19

Mutu                                                                                                  Mutu




 MENGUATKAN POTENSI UNGGUL   menggali potensi tersebut? Apa   untuk mampu berinovasi dan   lokasi tempat dilaksanakannya

                                                                                berbagai kegiatan pembelajaran, dan
                                               dapat memberikan solusi atas
          perbedaan mendasar kurikulum
                                               fenomena masalah yang ada.
 MELALUI MERDEKA BELAJAR  sebelumnya dengan kurikulum   3.  MBKM diharapkan mendorong   mendorong minat dan bakat yang
          merdeka belajar? Setidaknya
                                                                                dimiliki mahasiswa.
          terdapat tiga hal berbeda yang
                                               pengembangan potensi
                                                                                   Bagi Universitas Syiah Kuala
          ditawarkan dari MBKM.                ketrampilan yang dibutuhkan      (USK), program MBKM menjadi salah
          1.  Kompetensi umum. Konsep          pada abad 21, diantaranya        satu momentum implementasi
            Merdeka Belajar mendorong          komunikasi secara lisan dan      penguatan karakter mahasiswa
 erdeka Belajar-Kampus   agar terciptanya suasana   tulisan, berpikir kritis (termasuk   yang bertujuan menyiapkan lulusan
 Merdeka (MBKM)   belajar yang tidak menekankan   refleksi diri), kefasihan digital,   yang tangguh, adaptif, selaras
 merupakan kebijakan   pada pencapaian skor atau   keragaman dan kerja sama,    dengan kebutuhan zaman, serta siap
 Menteri Pendidikan   peringkat. Gebrakan penilaian   etika dan tanggung jawab   menjadi pemimpin di masa depan
 Mdan Kebudayaan yang   dalam kemampuan minimum,   profesionalisme, dan kefasihan   dengan semangat kebangsaan yang
 bertujuan mendorong mahasiswa   meliputi literasi, numerasi, dan   dalam mendapatkan serta   tinggi. USK telah memiliki pedoman
 untuk menguasai berbagai   karakter. Pada bidang literasi,   mencerna informasi. Beberapa   penguatan karakter mahasiswa
 keilmuan dan memiliki softskill yang   kemampuan yg diharapkan   keterampilan ini bisa diterapkan   yang disosialisasikan pada tahun
 berguna untuk memasuki dunia   adalah mahasiswa berpikir logis   di segala posisi atau industri   2020 (http://lp3m.unsyiah.ac.id/
 kerja. Menurut Nadiem Makarim,   untuk mengabstraksi maksud   pekerjaan.       id/dokumen-unsyiah). Panduan ini
 kemerdekaan berpikir harus dimiliki   dan tujuan dari materi (bukan   Perbedaan kurikulum dalam   memuat nilai dan karakter yang
 terlebih dahulu oleh para pendidik   menghafal). Sedangkan pada   program MBKM sesuai dengan   selaras dengan implementasi MBKM
 sebelum mengajarkannya pada   bidang numerik, mahasiswa   Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020   dan kebutuhan global terhadap
 peserta didik.   diharapkan memahami        Pasal 15 ayat 1, dapat dilakukan di   lulusan. Mahasiswa tidak hanya
 Ada lima kebijakan terkait paket   konsep formula dan mampu   dalam program studi dan di luar   mampu beradaptasi namun memiliki
 Kampus Merdeka ini, yaitu;  menerapkannya untuk   program studi. Kegiatan itu meliputi   ketahanan mental menghadapi
 1.   Sistem akreditasi perguruan   menyelesaikan masalah yang   pertukaran pelajar, magang kerja,   berbagai persoalan, juga mampu
 tinggi     lebih luas. Sementara itu, pada   asistensi mengajar di satuan      menawarkan solusi.
 2.  Belajar di perguruan tinggi (hak   karakter, pengembangan softskill   pendidikan, penelitian/riset, proyek   Selain itu, Universitas Syiah
 belajar tiga semester di luar   menjadi salah satu komponen   kemanusian, kegiatan wirausaha,   Kuala juga melakukan berbagai
 program studi  penting yang terasah melalu   studi independen, dan membangun   upaya implementasi program
 3.   Kemudahan dalam membuka   kegiatan-kegiatan merdeka   desa atau Kuliah Kerja Nyata Tematik   MBKM dengan menyelaraskan
 program studi baru  belajar. Pada era industri 4.0   (KKNT).                   kebutuhan untuk mendukung
            yang mengadopsi machine            Esensi kebijakan ini dalah       terlaksananya program ini
 4.   Penerimaan mahasiswa baru  kurikulum (antar dan lintas prodi,
 5.   Perubahan status menjadi   fakultas, perguruan tinggi dalam dan   learning dan kecerdasan buatan   memberikan pilihan ruang   dengan baik. Di antaranya proses
 Perguruan Tinggi Negeri Badan   luar negeri), kebijakan penganggaran   (AI), dibutuhkan pekerja yang   belajar yang lebih luas kepada   perubahan status perguruan tinggi,
 Hukum (PTN-BH).  (misalnya untuk kerja sama), dan   kritis dan memiliki analisis   mahasiswa agar dapat memperoleh   perbaikan sistem akreditasi untuk
 Namun, ketentuan ini belum   kebijakan kerja sama antar dan lintas   yang mumpuni untuk membuat   pengalaman belajar serta dapat   program studi/fakultas, terlibat
 diberlakukan untuk bidang   prodi, fakultas, perguruan tinggi,   keputusan dan kesimpulan yang   mengembangkan, mengasah,   aktif dalam kompetisi-kompetisi
 pendidikan dan kesehatan. Oleh   antar lintas dunia usaha, dunia   tepat dan akurat.    memperluas, dan memperdalam   ilmiah nasional, dan penyesuaian
 karena itu, untuk menerapkan MBKM   industri dan dunia kerja, serta antar   2.  Perluasan penilaian belajar. Pada   kompetensi di luar kampus   kurikulum dengan program MBKM,
 perguruan tinggi akan menghadapi   dan lintas negara.  kurikulum sebelumnya, penilaian   sendiri, selain untuk penguatan   dan berbagai inovasi lainnya.
 konsekuensi dari kebijakan tersebut   Berkaca pada perubahan   utama didasarkan pada hasil   kelembagaan yang lebih profesional.   Implementasi MBKM di USK
 sehingga diperlukan perencanaan   kurikulum di Indonesia, gagasan   ujian. Namun, pada program   Dari delapan program yang diusung   diharapkan dapat mengembangkan
                                                                                mahasiswa dalam minat bakat,
            merdeka belajar penilaian
                                             MBKM, sebenarnya tidak seluruhnya
 Dr. Marty Mawarpury,  yang baik di antaranya dalam hal   yang dimunculkan adalah lulusan   diberikan dari penugasan dan   baru bagi perguruan tinggi, hanya   membangun jejaring (networking)
 M.Psi. Psikolog  fleksibilitas kurikulum (dalam   mampu bersaing di era revolusi   portofolio. Pada model penilaian   saja perbedaannya terletak pada   luas, dan memiliki daya saing
 Pusat Pengembangan Pendidikan LP3M USK/  kampus, e-learning dan luar   industri. Pertanyaannya, apakah   ini, mahasiswa akan ditantang   durasi pelaksanaan, fleksibilitas   kompetitif. []
 Dosen Fakultas Kedokteran (FK) USK  kampus), fleksibilitas administrasi   kurikulum sebelumnya tidak dapat


 18  FEBRUARI 2021                                          19   FEBRUARI 2021
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24