Page 3 - WARTA USK
P. 3
Iftitah
MERAWAT
KUALITAS GURU
Chairil Munawir MT, S.E., M.M.
Koordinator Bagian Humas
ACEH saat ini menghadapi merupakan bagian penting dalam
persoalan serius di bidang upaya pembelajaran di sekolah.
pendidikan yang harus menjadi Secara statistik angka 27
perhatian semua pihak. Sebab persen tersebut masih tergolong
hal ini berkaitan erat dengan kecil. Meski demikian, kualitas
masa depan Aceh serta Indonesia alumni FKIP USK selama ini patut
dalam jangka panjang. Jika diperhitungkan. Di mana salah
persoalan pendidikan hari ini satu indikatornya adalah Indeks
tidak segera dibenahi, maka Prestasi Kumulatif (IPK) alumni
dampaknya akan semakin serius FKIP yang rata-rata berada pada
di masa datang. Untuk itulah, nilai 3,35.
setiap stakeholder pendidikan yang ada di Indikator tersebut setidaknya memberikan
Serambi Makkah harus dapat terlibat aktif dan gambaran bahwa selama ini, FKIP USK konsisten
optimal sesuai perannya untuk membenahi menjaga mutu lulusannya. Semua ini adalah
persoalan tersebut. buah dari komitmen civitas FKIP USK yang terus
Ini adalah panggilan bersama demi berbenah dalam berbagai sisi demi menguatkan
kemajuan Aceh dan masa depan bangsa ini peran fakultas tersebut. Sebab kampus ini
ke depannya. Begitu pula dengan Universitas sadar permasalahan pendidikan sangatlah
Syiah Kuala yang merupakan tumpuan harapan kompleks. Persoalan ini tidak hanya terkait guru
masyarakat Aceh dalam menemukan titik ataupun murid, tapi sistem pendidikan secara
terang persoalan pendidikan tersebut. Kampus keseluruhan. Hanya saja persoalan tersebut
ini mengambil peran dalam membenahi tidak mungkin diselesaikan secara seketika.
kualitas guru, sebab di ranah tersebutlah USK Untuk itulah, USK melalui FKIP berupaya
dapat berbuat lebih banyak. membenahi persoalan ini sesuai dengan
Secara persentase sekitar 27 persen fungsinya. FKIP yang saat ini merupakan salah
dari jumlah guru di Aceh merupakan alumni satu lembaga pendidikan tenaga kependidikan
dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Aceh, berkomitmen untuk terus melahirkan
(FKIP) USK. Mereka mengisi di semua lulusan yang berkualitas. Kehadiran para guru
jenjang pendidikan formal mulai dari sekolah yang kompeten diharapkan dapat membantu
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga menguarai satu per satu persoalan pendidikan
tingkat menengah. Keberadaan mereka di Aceh. []
3 JUNI 2021