Page 7 - WARTA USK
P. 7

Edukasi                                                                                          Edukasi




 STEM-C, METODE PEMBELAJARAN  (rekayasa), sehingga anak-anak   di Aceh, Irwandi berupaya   Indonesia yang salah satunya adalah

                                             memperkenalkan program STEM
          zaman digital dapat menghasilkan
                                                                                Pusat Riset STEM USK. Selain
 YANG MENYENANGKAN  karya nyata. Model STEM yang   dengan lebih luas. Hingga keluar   itu juga dilaksanakan workshop
                                             Surat Keputusan Rektor Nomor 1251/
                                                                                pegagogi STEM untuk guru SMA
          diterapkan pun beragam. Ada STEM
          berbasis produk, misalnya sebuah   UN11/KPT/2018 ditetaplah keputusan   sains dan matematika Banda Aceh
          pembelajaran yang mengajarkan      pembentukan Pusat Riset Science,   dan Aceh Besar.
                                             Technology, Engineering, and          Untuk memperkuat metode
 lmu pengetahuan semakin                     Mathematics yang selanjutnya lebih   ini, empat peneliti Pusat Riset
 lama semakin berkembang.                    dikenal dengan nama Pusat Riset    STEM USK melakukan kunjungan
 Implementasinya pun semakin                 STEM. Pusat Riset STEM fokus dalam   riset ke Rutgers University di New
 canggih. Namun, hal ini menjadi             pengembangan media pembelajaran    Jersey, Syracuse University,  dan
 Itantangan bagi pendidik untuk              berbasis ISLE Based STEM.          OCM BOCES di New York, USA.
 menyampaikan materi lebih baik                Menurut Irwandi, Pusat Riset     Kunjungan ini untuk mempelajari
 kepada peserta didik. Penyampaian           STEM memiliki visi menjadi         pelaksanaan pembelajaran dengan
 materi di depan kelas diharapkan            pusat riset pengembangan STEM      pendekatan ISLE, mempelajari
 mendapat perhatian penuh dari               (Science, Technology, Engineering   metode penelitian pengembangan
 peserta didik untuk pemahaman               and Mathematics)  yang inovatif,   pembelajaran dengan Lesson  Study,
 yang lebih baik. Tidak hanya                mandiri, dan terkemuka dalam       dan penerapan kurikulum STEM yang
 pemahaman materi, tetapi juga               bidang pendidikan, penelitian, dan   dikembangkan oleh  Smithsonian
 fokus pada pembentukan karakter.            pengabdian  masyarakat untuk       Science Center pada sekolah-
 Berangkat dari tantangan                    menyiapkan generasi tangguh        sekolah di negara bagian  New York.
 tersebut terciptalah metode yang            menghadapi revolusi industri di       Pusat Riset STEM USKjuga
 disebut STEM (Science, Technology,          abad 21. Sesuai dengan visinya     menggandeng puluhan peneliti
 Engineering, Mathematics).                  tersebut, Pusat Riset STEM aktif   dunia dari berbagai negara untuk
 Model pembelajaran STEM adalah              melakukan promosi pendekatan       mengembangkan pendidikan berbasis
 pengembangan pembelajaran sains,            ISLE (Investigative Science        STEM di Indonesia. Mereka berasal
 teknologi, teknik, dan matematika           Learning  Environment) dalam       dari Malaysia, Filipina, Thailand,
 yang terintegrasi dan menciptakan           Pendidikan STEM+C di Aceh          Cina, Jepang, Hongaria, Nigeria,
 suasana belajar yang menyenangkan.          khususnya, dan  di Indonesia pada   Makedonia, Jerman, Inggris, Mesir,
 Menurut Irwandi., S.Si.,                    umumnya. Melaksanakan forum-       Australia, Slovenia, Amerika Serikat,
 M.Si., Ph.D, pencetus model   autentik (masalah sehari-hari). Di   didik disuguhkan bukan hanya materi,   cara membuat penyaring air. Selain   forum dan program-program   dan juga Indonesia. Pembahasan itu
 STEM di Universitas Syiah Kuala,   mana masalah tersebut melibatkan   tetapi juga aplikasi dalam kehidupan   itu, terdapat model pembelajaran   untuk membangkitkan kesadaran   berlangsung dalam The 1st South
 mengatakan STEM adalah konsep   beberapa disiplin ilmu menjadi satu   sehari-hari. Target yang diharapkan   ISLE (Investigative Science Learning   mengenai pengaruh positif dari   East Asia-Science, Technology,
 pengajaran yang penting. Mengingat   kesatuan.  Hal ini memungkinkan   dari model STEM adalah para peserta   Experiments) yang dikembangkan   pendekatan ISLE dalam pendidikan   Engineering, and Mathematics
 tantangan abad 21 menuntut siswa   siswa dengan potensi yang   didik memiliki kemampuan untuk   oleh Prof. Eugina Etkina dari Rutgers   STEM Caracter (STEM+C). Selain itu   International Conference 2020/The
 memiliki kompetensi dalam hal   berbeda bisa berkolaborasi untuk   memanfaatkan teknologi dalam   University. Model ISLE merupakan   memberikan rekomendasi untuk   1st SEA-STEM yang digelar oleh Pusat
 berkomunikasi, berpikir kritis,   menyelesaikan masalah.   menyelesaikan permasalahan dengan   sebuah strategi pengajaran yang   menyertakan pembelajaran berbasis   Riset STEM USK secara virtual.
 kreativitas, dan berkolaborasi   Pembelajaran menjadi menarik   lebih kompleks.   berpusat pada peserta didik yang   ISLE dalam Pendidikan STEM+C.   Pusat Riset STEM USK juga
 serta literasi terhadap teknologi   dengan mengintegrasikan   Ada tiga kata kunci yang   mendorong mereka untuk menyelidiki   Beberapa kegiatan yang sudah   menyusun modul pembelajaran yang
 dan pengetahuan yang melibatkan   keempat komponen tersebut, yaitu   perlu diperhatikan untuk   masalah dan menemukan informasi   dilakukan di Pusat Riset STEM   melibatkan Dinas Pendidikan dan
 lebih dari satu mata pelajaran.   mengajarkan sains, teknik, dan,   mengimplementasikan STEM yaitu,   yang biasa disebut inkuiri.   antara lain IMT GT Unined STEM   guru di Aceh. Hadirnya modul ini
 Melalui STEM, guru memotivasi   matematika dengan mengunakan   authentic (masalah nyata), integrated   Mengingat pentingnya penerapan   yaitu kegiatan yang mengumpulkan   diharapkan dapat mencetak generasi
 siswa untuk menyelesaikan masalah   kemajuan teknologi. Para peserta   (antarbidang studi), dan construction   program ini, di Indonesia khususnya   pengembang STEM di Asia termasuk   unggul di Indonesia dan Aceh. []



 6  JUNI 2021                                               7    JUNI 2021
   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12