Page 6 - WARTA USK
P. 6
Edukasi Edukasi
STEM-C, METODE PEMBELAJARAN (rekayasa), sehingga anak-anak di Aceh, Irwandi berupaya Indonesia yang salah satunya adalah
memperkenalkan program STEM
zaman digital dapat menghasilkan
Pusat Riset STEM USK. Selain
YANG MENYENANGKAN karya nyata. Model STEM yang dengan lebih luas. Hingga keluar itu juga dilaksanakan workshop
Surat Keputusan Rektor Nomor 1251/
pegagogi STEM untuk guru SMA
diterapkan pun beragam. Ada STEM
berbasis produk, misalnya sebuah UN11/KPT/2018 ditetaplah keputusan sains dan matematika Banda Aceh
pembelajaran yang mengajarkan pembentukan Pusat Riset Science, dan Aceh Besar.
Technology, Engineering, and Untuk memperkuat metode
lmu pengetahuan semakin Mathematics yang selanjutnya lebih ini, empat peneliti Pusat Riset
lama semakin berkembang. dikenal dengan nama Pusat Riset STEM USK melakukan kunjungan
Implementasinya pun semakin STEM. Pusat Riset STEM fokus dalam riset ke Rutgers University di New
canggih. Namun, hal ini menjadi pengembangan media pembelajaran Jersey, Syracuse University, dan
Itantangan bagi pendidik untuk berbasis ISLE Based STEM. OCM BOCES di New York, USA.
menyampaikan materi lebih baik Menurut Irwandi, Pusat Riset Kunjungan ini untuk mempelajari
kepada peserta didik. Penyampaian STEM memiliki visi menjadi pelaksanaan pembelajaran dengan
materi di depan kelas diharapkan pusat riset pengembangan STEM pendekatan ISLE, mempelajari
mendapat perhatian penuh dari (Science, Technology, Engineering metode penelitian pengembangan
peserta didik untuk pemahaman and Mathematics) yang inovatif, pembelajaran dengan Lesson Study,
yang lebih baik. Tidak hanya mandiri, dan terkemuka dalam dan penerapan kurikulum STEM yang
pemahaman materi, tetapi juga bidang pendidikan, penelitian, dan dikembangkan oleh Smithsonian
fokus pada pembentukan karakter. pengabdian masyarakat untuk Science Center pada sekolah-
Berangkat dari tantangan menyiapkan generasi tangguh sekolah di negara bagian New York.
tersebut terciptalah metode yang menghadapi revolusi industri di Pusat Riset STEM USKjuga
disebut STEM (Science, Technology, abad 21. Sesuai dengan visinya menggandeng puluhan peneliti
Engineering, Mathematics). tersebut, Pusat Riset STEM aktif dunia dari berbagai negara untuk
Model pembelajaran STEM adalah melakukan promosi pendekatan mengembangkan pendidikan berbasis
pengembangan pembelajaran sains, ISLE (Investigative Science STEM di Indonesia. Mereka berasal
teknologi, teknik, dan matematika Learning Environment) dalam dari Malaysia, Filipina, Thailand,
yang terintegrasi dan menciptakan Pendidikan STEM+C di Aceh Cina, Jepang, Hongaria, Nigeria,
suasana belajar yang menyenangkan. khususnya, dan di Indonesia pada Makedonia, Jerman, Inggris, Mesir,
Menurut Irwandi., S.Si., umumnya. Melaksanakan forum- Australia, Slovenia, Amerika Serikat,
M.Si., Ph.D, pencetus model autentik (masalah sehari-hari). Di didik disuguhkan bukan hanya materi, cara membuat penyaring air. Selain forum dan program-program dan juga Indonesia. Pembahasan itu
STEM di Universitas Syiah Kuala, mana masalah tersebut melibatkan tetapi juga aplikasi dalam kehidupan itu, terdapat model pembelajaran untuk membangkitkan kesadaran berlangsung dalam The 1st South
mengatakan STEM adalah konsep beberapa disiplin ilmu menjadi satu sehari-hari. Target yang diharapkan ISLE (Investigative Science Learning mengenai pengaruh positif dari East Asia-Science, Technology,
pengajaran yang penting. Mengingat kesatuan. Hal ini memungkinkan dari model STEM adalah para peserta Experiments) yang dikembangkan pendekatan ISLE dalam pendidikan Engineering, and Mathematics
tantangan abad 21 menuntut siswa siswa dengan potensi yang didik memiliki kemampuan untuk oleh Prof. Eugina Etkina dari Rutgers STEM Caracter (STEM+C). Selain itu International Conference 2020/The
memiliki kompetensi dalam hal berbeda bisa berkolaborasi untuk memanfaatkan teknologi dalam University. Model ISLE merupakan memberikan rekomendasi untuk 1st SEA-STEM yang digelar oleh Pusat
berkomunikasi, berpikir kritis, menyelesaikan masalah. menyelesaikan permasalahan dengan sebuah strategi pengajaran yang menyertakan pembelajaran berbasis Riset STEM USK secara virtual.
kreativitas, dan berkolaborasi Pembelajaran menjadi menarik lebih kompleks. berpusat pada peserta didik yang ISLE dalam Pendidikan STEM+C. Pusat Riset STEM USK juga
serta literasi terhadap teknologi dengan mengintegrasikan Ada tiga kata kunci yang mendorong mereka untuk menyelidiki Beberapa kegiatan yang sudah menyusun modul pembelajaran yang
dan pengetahuan yang melibatkan keempat komponen tersebut, yaitu perlu diperhatikan untuk masalah dan menemukan informasi dilakukan di Pusat Riset STEM melibatkan Dinas Pendidikan dan
lebih dari satu mata pelajaran. mengajarkan sains, teknik, dan, mengimplementasikan STEM yaitu, yang biasa disebut inkuiri. antara lain IMT GT Unined STEM guru di Aceh. Hadirnya modul ini
Melalui STEM, guru memotivasi matematika dengan mengunakan authentic (masalah nyata), integrated Mengingat pentingnya penerapan yaitu kegiatan yang mengumpulkan diharapkan dapat mencetak generasi
siswa untuk menyelesaikan masalah kemajuan teknologi. Para peserta (antarbidang studi), dan construction program ini, di Indonesia khususnya pengembang STEM di Asia termasuk unggul di Indonesia dan Aceh. []
6 JUNI 2021 7 JUNI 2021