Page 30 - Warta USK Mei 2022
P. 30
RISET RISET
VIRTUAL REALITY VIDEO UNTUK solusi antara insan Dikti dan
inovator dari seluruh dunia dengan
PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN memperlihatkan secara langsung
isu-isu sosial dan lingkungan di
berbagai sektor/industri. Program
ini diharapkan memberi dampak
pada meningkatnya kreatifitas
Dr. Cut Dewi, ST, MT, MSc mahasiswa dan insan Dikti dalam
Dosen Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala pengembangan bahan ajar,
penelitian, dan diseminasi hasil
penelitian. Selain itu, melalui
program ini diharapkan insan Dikti
dapat lebih memperluas network
irtual Reality (VR) kerja samanya dengan industri
Video merupakan salah nasional dan internasional.
cara pembelajaran Selain meningkatkan proses
dan pemerintahan pembelajaran, pembuatan Video
V(evidence-based policy) VR ini juga untuk membuka
di era pandemi dan digital 4.0. Oleh peluang usaha dan kerja
karena itu, hasil Video VR ini akan sama universitas (insan Dikti)
disosialisasikan ke pendidikan dengan dunia pendidikan dan Keempat, optimalisasi pembelajaran
dan pemerintahan untuk pemerintahan. Diharapkan daring. Meski metode dan platform
memperkenalkan hasil-hasil karya dunia pendidikan, media, Program ini dibuat pembelajaran daring bukanlah hal baru
Universitas Syiah Kuala (USK) dan dan pemerintahan dapat untuk mendukung dalam pendidikan, kegunaannya menjadi
Universitas Negeri Yogyakarta memanfaatkan jasa universitas lebih penting dari sebelumnya pada saat
(UNY) dalam kerja sama dengan untuk keperluan pendidikan dan pengembangan ini. Terlebih lagi ketika interaksi fisik
dunia industri Kopernik. pengambilan keputusan. solusi atas terbatas. Pergeseran dari pembelajaran
Program ini dilatarbelakangi Ketiga, mendorong dan tatap muka ke pembelajaran jarak jauh
oleh lima faktor utama. Pertama, menghasilkan ide dan inovasi masalah sosial telah mempercepat inovasi dan kreativitas
pembatasan perjalanan dan baru untuk mencapai SDGs. dan lingkungan pada bidang ini.
pengeluaran operasional yang Dengan memproduksi materi dan mempercepat Kelima, meningkatkan kapasitas para
tinggi dari melakukan perjalanan. pembelajaran yang lebih imersif, pelajar dari berbagai penjuru Indonesia.
Melakukan pekerjaan lapangan perkembangan berkelanjutan (VR workshops yang akan mengangkat USK, UNY, dan Kopernik berusaha pencapaian Tujuan Kami ingin melibatkan para pelajar dari
telah menjadi tantangan bagi untuk SDGs). Untuk menjawab berbagai isu SDGs di beberapa mendorong lebih banyak ide dan Pembangunan berbagai penjuru Indonesia untuk terlibat
banyak orang karena pembatasan tantangan tersebut, Kopernik provinsi di Indonesia. inovasi di sektor edukasi walaupun Berkelanjutan. dalam produksi dan diseminasi video-
perjalanan yang disebabkan telah memproduksi modul materi Program ini dibuat untuk banyaknya tantangan dari situasi video VR yang menampilkan berbagai
oleh pandemi, serta tingginya pembelajaran yang imersif tentang mendukung pengembangan pandemi saat ini. Video-video ini masalah pembangunan dan meningkatkan
pengeluaran operasional akibat berbagai topik mulai dari pertanian solusi atas masalah sosial dan juga merupakan inovasi dalam keterampilan teknologi melalui program
perjalanan ke dan dari lokasi hingga polusi plastik. USK dan UNY lingkungan dan mempercepat menyampaikan hasil penelitian peningkatan kapasitas. Diharapkan
proyek–terutama jika proyek akan membantu dalam pembuatan pencapaian Tujuan Pembangunan dosen kepada masyarakat umum tidak hanya membangun keterampilan
berada di lokasi terpencil, jauh, 40 video-video Virtual Reality Berkelanjutan (SDGs). Virtual dan mahasiswa dalam bentuk teknologi yang diperlukan, tetapi dapat
dan sulit dijangkau. Kedua, beserta program diseminasi Reality (VR) Video ini digunakan ilmiah popular yang relatif lebih menstandarisasi penggunaan teknologi di
Virtual Reality untuk tujuan melalui online exhibition dan untuk mempercepat pembuatan mudah dipahami. berbagai penjuru Indonesia.
30 Warta USK Mei 2022 Warta USK Mei 2022 31