Page 30 - Warta USK Mei 2022
P. 30

RISET                                                                                                                                                                                                 RISET






          VIRTUAL REALITY VIDEO UNTUK                                                                                            solusi antara insan Dikti dan

                                                                                                                                 inovator dari seluruh dunia dengan
          PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN                                                                                              memperlihatkan secara langsung

                                                                                                                                 isu-isu sosial dan lingkungan di
                                                                                                                                 berbagai sektor/industri. Program
                                                                                                                                 ini diharapkan memberi dampak
                                                                                                                                 pada meningkatnya kreatifitas
                     Dr. Cut Dewi, ST, MT, MSc                                                                                   mahasiswa dan insan Dikti dalam
                     Dosen Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala                                                              pengembangan bahan ajar,
                                                                                                                                 penelitian, dan diseminasi hasil
                                                                                                                                 penelitian. Selain itu, melalui
                                                                                                                                 program ini diharapkan insan Dikti
                                                                                                                                 dapat lebih memperluas network
                    irtual Reality (VR)                                                                                          kerja samanya dengan industri
                    Video merupakan salah                                                                                        nasional dan internasional.
                    cara pembelajaran                                                                                              Selain meningkatkan proses
                    dan pemerintahan                                                                                             pembelajaran, pembuatan Video
         V(evidence-based policy)                                                                                                VR ini juga untuk membuka
          di era pandemi dan digital 4.0. Oleh                                                                                   peluang usaha dan kerja
          karena itu, hasil Video VR ini akan                                                                                    sama universitas (insan Dikti)
          disosialisasikan ke pendidikan                                                                                         dengan dunia pendidikan dan                                       Keempat, optimalisasi pembelajaran
          dan pemerintahan untuk                                                                                                 pemerintahan. Diharapkan                                       daring. Meski metode dan platform
          memperkenalkan hasil-hasil karya                                                                                       dunia pendidikan, media,           Program ini dibuat          pembelajaran daring bukanlah hal baru
          Universitas Syiah Kuala (USK) dan                                                                                      dan pemerintahan dapat             untuk mendukung             dalam pendidikan, kegunaannya menjadi
          Universitas Negeri Yogyakarta                                                                                          memanfaatkan jasa universitas                                  lebih penting dari sebelumnya pada saat
          (UNY) dalam kerja sama dengan                                                                                          untuk keperluan pendidikan dan     pengembangan                ini. Terlebih lagi ketika interaksi fisik
          dunia industri Kopernik.                                                                                               pengambilan keputusan.             solusi atas                 terbatas. Pergeseran dari pembelajaran
            Program ini dilatarbelakangi                                                                                           Ketiga, mendorong dan                                        tatap muka ke pembelajaran jarak jauh
          oleh lima faktor utama. Pertama,                                                                                       menghasilkan ide dan inovasi       masalah sosial              telah mempercepat inovasi dan kreativitas
          pembatasan perjalanan dan                                                                                              baru untuk mencapai SDGs.          dan lingkungan              pada bidang ini.
          pengeluaran operasional yang                                                                                           Dengan memproduksi materi          dan mempercepat                Kelima, meningkatkan kapasitas para
          tinggi dari melakukan perjalanan.                                                                                      pembelajaran yang lebih imersif,                               pelajar dari berbagai penjuru Indonesia.
          Melakukan pekerjaan lapangan       perkembangan berkelanjutan (VR     workshops yang akan mengangkat                   USK, UNY, dan Kopernik berusaha    pencapaian Tujuan           Kami ingin melibatkan para pelajar dari
          telah menjadi tantangan bagi       untuk SDGs). Untuk menjawab        berbagai isu SDGs di beberapa                    mendorong lebih banyak ide dan     Pembangunan                 berbagai penjuru Indonesia untuk terlibat
          banyak orang karena pembatasan     tantangan tersebut, Kopernik       provinsi di Indonesia.                           inovasi di sektor edukasi walaupun   Berkelanjutan.            dalam produksi dan diseminasi video-
          perjalanan yang disebabkan         telah memproduksi modul materi        Program ini dibuat untuk                      banyaknya tantangan dari situasi                               video VR yang menampilkan berbagai
          oleh pandemi, serta tingginya      pembelajaran yang imersif tentang   mendukung pengembangan                          pandemi saat ini. Video-video ini                              masalah pembangunan dan meningkatkan
          pengeluaran operasional akibat     berbagai topik mulai dari pertanian   solusi atas masalah sosial dan                juga merupakan inovasi dalam                                   keterampilan teknologi melalui program
          perjalanan ke dan dari lokasi      hingga polusi plastik. USK dan UNY   lingkungan dan mempercepat                     menyampaikan hasil penelitian                                  peningkatan kapasitas. Diharapkan
          proyek–terutama jika proyek        akan membantu dalam pembuatan      pencapaian Tujuan Pembangunan                    dosen kepada masyarakat umum                                   tidak hanya membangun keterampilan
          berada di lokasi terpencil, jauh,   40 video-video Virtual Reality    Berkelanjutan (SDGs). Virtual                    dan mahasiswa dalam bentuk                                     teknologi yang diperlukan, tetapi dapat
          dan sulit dijangkau. Kedua,        beserta program diseminasi         Reality (VR) Video ini digunakan                 ilmiah popular yang relatif lebih                              menstandarisasi penggunaan teknologi di
          Virtual Reality untuk tujuan       melalui online exhibition dan      untuk mempercepat pembuatan                      mudah dipahami.                                                berbagai penjuru Indonesia.




          30  Warta USK Mei 2022                                                                                                                                                                                      Warta USK Mei 2022 31
   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35