Page 31 - Warta USK Mei 2022
P. 31

RISET                                                                                          RISET






 VIRTUAL REALITY VIDEO UNTUK  solusi antara insan Dikti dan

          inovator dari seluruh dunia dengan
 PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN  memperlihatkan secara langsung

          isu-isu sosial dan lingkungan di
          berbagai sektor/industri. Program
          ini diharapkan memberi dampak
          pada meningkatnya kreatifitas
 Dr. Cut Dewi, ST, MT, MSc  mahasiswa dan insan Dikti dalam
 Dosen Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala  pengembangan bahan ajar,
          penelitian, dan diseminasi hasil
          penelitian. Selain itu, melalui
          program ini diharapkan insan Dikti
          dapat lebih memperluas network
 irtual Reality (VR)   kerja samanya dengan industri
 Video merupakan salah   nasional dan internasional.
 cara pembelajaran   Selain meningkatkan proses
 dan pemerintahan   pembelajaran, pembuatan Video
 V(evidence-based policy)   VR ini juga untuk membuka
 di era pandemi dan digital 4.0. Oleh   peluang usaha dan kerja
 karena itu, hasil Video VR ini akan   sama universitas (insan Dikti)
 disosialisasikan ke pendidikan   dengan dunia pendidikan dan               Keempat, optimalisasi pembelajaran
 dan pemerintahan untuk   pemerintahan. Diharapkan                       daring. Meski metode dan platform
 memperkenalkan hasil-hasil karya   dunia pendidikan, media,   Program ini dibuat   pembelajaran daring bukanlah hal baru
 Universitas Syiah Kuala (USK) dan   dan pemerintahan dapat   untuk mendukung   dalam pendidikan, kegunaannya menjadi
 Universitas Negeri Yogyakarta   memanfaatkan jasa universitas           lebih penting dari sebelumnya pada saat
 (UNY) dalam kerja sama dengan   untuk keperluan pendidikan dan   pengembangan   ini. Terlebih lagi ketika interaksi fisik
 dunia industri Kopernik.   pengambilan keputusan.   solusi atas         terbatas. Pergeseran dari pembelajaran
 Program ini dilatarbelakangi   Ketiga, mendorong dan                    tatap muka ke pembelajaran jarak jauh
 oleh lima faktor utama. Pertama,   menghasilkan ide dan inovasi   masalah sosial   telah mempercepat inovasi dan kreativitas
 pembatasan perjalanan dan   baru untuk mencapai SDGs.   dan lingkungan   pada bidang ini.
 pengeluaran operasional yang   Dengan memproduksi materi   dan mempercepat   Kelima, meningkatkan kapasitas para
 tinggi dari melakukan perjalanan.   pembelajaran yang lebih imersif,    pelajar dari berbagai penjuru Indonesia.
 Melakukan pekerjaan lapangan   perkembangan berkelanjutan (VR   workshops yang akan mengangkat   USK, UNY, dan Kopernik berusaha   pencapaian Tujuan   Kami ingin melibatkan para pelajar dari
 telah menjadi tantangan bagi   untuk SDGs). Untuk menjawab   berbagai isu SDGs di beberapa   mendorong lebih banyak ide dan   Pembangunan   berbagai penjuru Indonesia untuk terlibat
 banyak orang karena pembatasan   tantangan tersebut, Kopernik   provinsi di Indonesia.   inovasi di sektor edukasi walaupun   Berkelanjutan.  dalam produksi dan diseminasi video-
 perjalanan yang disebabkan   telah memproduksi modul materi   Program ini dibuat untuk   banyaknya tantangan dari situasi   video VR yang menampilkan berbagai
 oleh pandemi, serta tingginya   pembelajaran yang imersif tentang   mendukung pengembangan   pandemi saat ini. Video-video ini   masalah pembangunan dan meningkatkan
 pengeluaran operasional akibat   berbagai topik mulai dari pertanian   solusi atas masalah sosial dan   juga merupakan inovasi dalam   keterampilan teknologi melalui program
 perjalanan ke dan dari lokasi   hingga polusi plastik. USK dan UNY   lingkungan dan mempercepat   menyampaikan hasil penelitian   peningkatan kapasitas. Diharapkan
 proyek–terutama jika proyek   akan membantu dalam pembuatan   pencapaian Tujuan Pembangunan   dosen kepada masyarakat umum   tidak hanya membangun keterampilan
 berada di lokasi terpencil, jauh,   40 video-video Virtual Reality   Berkelanjutan (SDGs). Virtual   dan mahasiswa dalam bentuk   teknologi yang diperlukan, tetapi dapat
 dan sulit dijangkau. Kedua,   beserta program diseminasi   Reality (VR) Video ini digunakan   ilmiah popular yang relatif lebih   menstandarisasi penggunaan teknologi di
 Virtual Reality untuk tujuan   melalui online exhibition dan   untuk mempercepat pembuatan   mudah dipahami.   berbagai penjuru Indonesia.




 30  Warta USK Mei 2022                                                                        Warta USK Mei 2022 31
   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36