Page 14 - Warta USK Maret 2023
P. 14

PAKAR                                                                                                                                                                                                 PAKAR






          Prof. Dr. Marwan, S.Si. M.Si                                                                                           untuk mengatasi berbagai persoalan   mental aparatur. Karena itu      belum sepenuhnya dilaksanakan.
                                                                                                                                 tata kelola birokrasi yang selama   kita masih perlu meningkatkan        Selain itu birokrasi juga belum
          Ketua Tim Reformasi Birokrasi USK/                                                                                     ini menjadi penghambat proses      kompetensi dan kualitas SDM        sepenuhnya efektif dan efisien.
          Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan USK                                                                       pembangunan, seperti budaya kerja   sebagai tulang punggung birokrasi,”   Beberapa tantangan yang dihadapi
                                                                                                                                 yang tidak disiplin, kurangnya inovasi   ucapnya.                     terkait dengan permasalahan ini
         SDM Berkualitas                                                                                                         dalam pelayanan, serta persoalan   perubahan tersebut tidak mudah     antara lain tata kelola pemerintahan
                                                                                                                                                                       Prof. Marwan mengakui
                                                                                                                                 akuntabilitas dalam perencanaan
                                                                                                                                                                                                       yang baik belum sepenuhnya
         adalah Tulang Punggung                                                                                                  dan penganggaran.                  untuk dilakukan. Perubahan tersebut   diterapkan, kelembagaan birokrasi
                                                                                                                                   Prof. Dr. Ir. Marwan, M.Si menilai
                                                                                                                                                                    tidak dapat dilakukan hanya melalui
                                                                                                                                                                                                       pemerintah masih belum efektif.
                                                                                                                                                                                                          Begitu juga dengan kualitas
                                                                                                                                                                    langkah-langkah yang ditujukan
                                                                                                                                 ada mindset yang harus terlebih
         Reformasi Birokrasi                                                                                                     dahulu dibangun dalam memaknai     langsung kepada aparatur. Namun    pelayanan publik yang saat ini
                                                                                                                                                                    USK melakukannya sesuai reformasi
                                                                                                                                 reformasi birokrasi. Menurutnya
                                                                                                                                                                                                       belum sesuai dengan diharapkan.
                                                                                                                                 reformasi birokrasi itu pada       birokrasi yang diamanatkan dalam   Beberapa tantangannya
                                                                                                                                 hakikatnya adalah upaya untuk      Peraturan Presiden Nomor 81        dikarenakan pelayanan masih
                                                                                                                                 melakukan perubahan terhadap tata   Tahun 2010 Tentang Grand Design   belum berjalan efisien, praktik
                                                                                                                                 kelola atau sistem penyelenggaran   Reformasi Birokrasi 2010-2025 dan   manajemen pelayanan publik belum
                   ebijakan pembangunan                                                                                          pemerintahan agar efektif dan      Permenpan RB Nomor 25 Tahun        dijalankan dengan baik, rendahnya
                   reformasi birokrasi                                                                                           berdaya guna.                      2020 Tentang Road Map Reformasi    kompetensi petugas pelayanan,
                   dilaksanakan dalam                                                                                              Kemampuan melayani ini           Birokrasi 2020-2024.               inovasi dan budaya pelayanan
                   rangka untuk                                                                                                  tentu saja berkaitan erat dengan      “Semua rencana pengembangan     belum mengutamakan mutu, serta
        Kmeningkatkan tata                                                                                                       kompetensi sumber daya manusia     SDM ini pun harus sesuai dengan    penggunaan e-services sebagai
          kelola pemerintahan yang                                                                                               (SDM) yang ada di sebuah institusi.   ketentuan yang ada. Di sinilah   sarana pendukung pelayanan yang
          baik (good governance). Good                                                                                           Karakter melayani inilah yang harus   komitmen pimpinan dan sinergitas   belum merata.
          governance merupakan syarat                                                                                            dibangun bagi setiap komponen      dalam bekerja menjadi penting.        Oleh karena itu dirinya
          terpenting dalam meningkatkan                                                                                          yang terlibat dalam reformasi      Agar semua yang kita upayakan      menilai ikhtiar panjang dalam
          pelaksanaan pembangunan nasional,                                                                                      birokrasi.                         dalam reformasi birokrasi ini dapat   memperbaiki birokrasi ini harus
          pembaharuan, dan perubahan                                                                                               “Jadi birokrasi itu idealnya     terwujud sesuai dengan harapan dan   dilakukan secara terus menerus
          mendasar terhadap sistem                                                                                               mampu melaksanakan tugas           dalam waktu yang tidak terlalu lama,”   dan berkesinambungan. Baik dari
          penyelenggaraan pemerintahan.                                                                                          dan melayani masyarakat bukan      ucapnya.                           aspek perencanaan maupun aspek
          Sebab itu kebijakan ini harus menjadi                                                                                  sebaliknya dilayani oleh masyarakat,”   Wakil Rektor Bidang Sumber    pelaksanaan di lapangan. Begitu
          perhatian bersama.                                                                                                     ucapnya.                           Daya dan Keuangan USK ini          juga yang tak kalah penting untuk
            Seperti diketahui, tujuan                                                                                              Prof. Marwan menilai kata kunci   mengungkapkan ada beberapa        ditingkatkan adalah kompetensi
          reformasi birokrasi adalah untuk                                                                                       dari proses reformasi birokrasi    permasalahan strategis yang        SDM-nya. Langkah ini perlu
          menciptakan birokrasi pemerintah                                                                                       adalah ketersediaan SDM dengan     masih harus terus dibenahi melalui   dilakukan agar reformasi birokrasi di
          yang profesional, berkinerja tinggi,                                                                                   kompetensi sesuai dengan           pelaksanaan reformasi birokrasi.   USK dapat berjalan maksimal untuk
          bebas dan bersih KKN, mampu                                                                                            standarnya, yaitu SDM yang memiliki   Permasalahan tersebut di antaranya   mencapai visi dan misinya.
          melayani publik, netral, sejahtera,             Prof. Dr. Marwan, S.Si. M.Si                                           integritas dan profesional dalam   birokrasi belum sepenuhnya            “Melalui reformasi birokrasi, kita
          berdedikasi, dan memegang teguh                                                                                        bekerja. SDM dengan karakter ini   bersih dan akuntabel. Beberapa     berharap USK mampu melahirkan
          nilai-nilai dasar dan kode etik                                                                                        merupakan tulang punggung dari     tantangan yang dihadapi terkait    sumber daya manusia yang handal,
          aparatur negara. Dengan kata lain            Ketua Tim Reformasi Birokrasi USK/                                        keberhasilan reformasi birokrasi   dengan permasalahan ini seperti    dapat memberikan pelayanan
          reformasi birokrasi adalah solusi   Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan USK                                   pada sebuah institusi.             rendahnya komitmen pimpinan        yang berkualitas, jujur, ikhlas, dan
                                                                                                                                   “Inti pelaksanaan reformasi      penyelenggaraan pemerintahan,      setia kepada bangsa dan negara,”
                                                                                                                                 birokrasi di USK adalah perubahan   serta manajemen kinerja masih     pungkasnya. []




          14  Warta USK Maret 2023                                                                                                                                                                                   Warta USK Maret 2023 15
   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19