Page 30 - Warta USK Juni 2023
P. 30

RISET                                                                                                                                                                                                 RISET





         MENGUNGKAP RAHASIA                                                                                                      mencolok! Ini menjadi masalah

                                                                                                                                 serius karena pemerolehan bahasa
         SUKSES BELAJAR BAHASA INGGRIS:                                                                                          memerlukan waktu yang signifikan.
                                                                                                                                 Apalagi dengan kebijakan di tingkat
                                                                                                                                 SMA sekarang yang memiliki dampak
         EKSPOSUR ADALAH KUNCINYA                                                                                                terhadap berkurangnya jam pelajaran
                                                                                                                                 Bahasa Inggris di kelas.
                                                                                                                                   Eksposur bahasa adalah inti dari
                                                                                                                                 pembelajaran bahasa. Hasil penelitian
                                                                                                                                 menunjukkan bahwa instruksi eksplisit
                                                                                                                                 lebih efektif (Norris & Ortega, 2000).
                      Dr. Kismullah, S.Pd., Dipl. TESOL., M.App.Ling.                                                            Namun, instruksi eksplisit biasanya
                      Kepala UPT Bahasa Universitas Syiah Kuala/                                                                 hanya membantu dalam memahami
                      Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, USK                                                         tata bahasa, sedangkan kemampuan
                                                                                                                                 berbicara yang lancar dan alami
                                                                                                                                 membutuhkan eksposur lebih lanjut
                     anya 16 persen                                                                                              di luar kelas (Derwing, Munro, &
                     partisipan lulusan SMA                                                                                      Thomson, 2007).
                     dalam penelitian kami                                                                                         Eksposur bahasa adalah jantung                               eksposur bahasa di luar kelas. Mereka memiliki
                     yang diberikan tes                                                                                          dari pembelajaran bahasa. Hasil                                berbagai pilihan media untuk itu. Menonton
                     standar kemampuan                                                                                           penelitian menunjukkan bahwa       Film, lagu,                 film berbahasa Inggris, mendengarkan musik
        Hahasa Inggris yang                                                                                                      eksposur lebih penting. Kenapa?    buku, media                 berbahasa Inggris, dan bahkan bermain
          mendapatkan nilai di atas 400 (TOEFL).                                                                                 Karena eksposur membuat kita       lainnya dapat               permainan komputer dapat membantu.
          Ini nilai minimum yang dianggap sudah                                                                                  terbiasa dan nyaman dengan bahasa                                 Hasil dari penelitian yang dilakukan pada
          mampu memahami bahasa Inggris.                                                                                         tersebut. Ketika kita berbicara tentang   menjadi teman        mahasiswa tahun pertama di Universitas
            Anda mungkin heran kenapa hanya                                                                                      eksposur, ini tidak hanya terjadi di   baik anda menuju        Syiah Kuala mengungkapkan bahwa siswa
          sebahagian kecil orang saja baik siswa,                                                                                kelas. Di luar kelas pun kita bisa terus                       yang berhasil dalam pembelajaran bahasa
          mahasiswa, dosen, maupun umumnya                                                                                       melatih diri.                      kemahiran                   Inggris terekspos oleh bahasa Inggris di
          masyarakat yang memiliki prestasi                                                                                        Ada alasan mengapa eksposur      berbahasa                   luar kelas. Media itu seperti film berbahasa
          gemilang dalam penguasaan bahasa                                                                                       lebih unggul dibandingkan instruksi.                           Inggris, lagu berbahasa Inggris, film non-
          Inggris sementara yang lain tampak                                                                                     Pertama, pengetahuan eksplisit dari   Inggris.                 Inggris dengan subtitle bahasa Inggris,
          terjebak dalam kemacetan dengan                                                                                        instruksi tidak selalu membantu                                permainan online, dan buku komik. Film
          pelajaran yang diterima di dalam                                                                                       dalam berbicara dengan spontan.                                adalah metode yang paling sering digunakan
          kelas?                                                                                                                 Produksi bahasa yang alami                                     dan terbukti efektif dalam pembelajaran
            Mari kita telusuri rahasia di balik   eksposur bahasa adalah kuncinya!   bahasa Inggris dalam lingkungan             memerlukan pengetahuan implisit                                bahasa Inggris. Lagu-lagu berbahasa Inggris
          keberhasilan siswa EFL (English as a   Loewen & Sato (2017) menunjukkan   sehari-hari.                                 (Schwartz, 1993). Kedua, ada yang                              juga membantu dalam akuisisi kosakata
          Foreign Language) yang berprestasi   bahwa hanya dengan paparan yang     Mengapa eksposur bahasa sangat                disebut “filter afektif” atau “hambatan                        dan peningkatan kemampuan berbahasa.
          tinggi! Tulisan ini merupakan bagian   cukup, kita dapat mempercepat   krusial? Mari kita lihat situasinya             afektif” yang dapat menghalangi                                Di samping ekposur terhadap materi lisan
          dari hasil kajian kami beberapa waktu   proses pembelajaran bahasa. Instruksi   di Indonesia. Siswa di sekolah         pemahaman bahasa oleh siswa. Filter                            seperti disebutkan di atas, eksposur terhadap
          yang lalu (Kismullah, Mustafa, Bahri,   eksplisit, meskipun penting, hanya   menengah hanya mendapatkan total          ini aktif saat siswa merasa kurang                             materi tertulis juga penting. Tabel berikut
          2019) yang diterbitkan pada Asian EFL   memiliki peran kecil. Eksposur dalam   720 jam pelajaran Bahasa Inggris        termotivasi, kurang percaya diri,                              menunjukkan jenis-jenis eksposur bahasa
          Journal.                           konteks pemerolehan bahasa Inggris   (data 2019) selama enam tahun.                 atau memiliki sikap negatif terhadap                           Inggris baik lisan maupun tulis yang dapat
                                             di negara EFL bermakna paparan     Bandingkan dengan penutur asli yang              pembelajaran (Krashen, 1985).                                  menjadi pilihan yang terefleksi dalam temuan
                        ***                  atau kesempatan yang didapatkan    telah terpapar lebih dari 14.500 jam               Di negara seperti Indonesia, di                              penelitian kami.
          Dalam dunia pemerolehan bahasa, ada   pembelajar untuk mendengar,     bahasa Inggris saat mereka mencapai              mana jumlah jam pelajaran Bahasa                                  Dari 19 aktifitas eksposur di atas,
          satu prinsip yang telah diterima luas:   membaca, dan berinteraksi dalam   usia 6 tahun, perbedaannya sangat           Inggris terbatas, siswa harus mencari                          mengemuka menonton film berbahasa




          30  Warta USK Juni 2023                                                                                                                                                                                     Warta USK Juni 2023 31
   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35