Page 31 - Warta USK Juni 2023
P. 31

RISET                                                                                          RISET





 MENGUNGKAP RAHASIA  mencolok! Ini menjadi masalah

          serius karena pemerolehan bahasa
 SUKSES BELAJAR BAHASA INGGRIS:   memerlukan waktu yang signifikan.
          Apalagi dengan kebijakan di tingkat
          SMA sekarang yang memiliki dampak
 EKSPOSUR ADALAH KUNCINYA  terhadap berkurangnya jam pelajaran
          Bahasa Inggris di kelas.
            Eksposur bahasa adalah inti dari
          pembelajaran bahasa. Hasil penelitian
          menunjukkan bahwa instruksi eksplisit
          lebih efektif (Norris & Ortega, 2000).
 Dr. Kismullah, S.Pd., Dipl. TESOL., M.App.Ling.  Namun, instruksi eksplisit biasanya
 Kepala UPT Bahasa Universitas Syiah Kuala/  hanya membantu dalam memahami
 Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, USK  tata bahasa, sedangkan kemampuan
          berbicara yang lancar dan alami
          membutuhkan eksposur lebih lanjut
 anya 16 persen   di luar kelas (Derwing, Munro, &
 partisipan lulusan SMA   Thomson, 2007).
 dalam penelitian kami   Eksposur bahasa adalah jantung                  eksposur bahasa di luar kelas. Mereka memiliki
 yang diberikan tes   dari pembelajaran bahasa. Hasil                    berbagai pilihan media untuk itu. Menonton
 standar kemampuan   penelitian menunjukkan bahwa   Film, lagu,          film berbahasa Inggris, mendengarkan musik
 Hahasa Inggris yang   eksposur lebih penting. Kenapa?   buku, media     berbahasa Inggris, dan bahkan bermain
 mendapatkan nilai di atas 400 (TOEFL).   Karena eksposur membuat kita   lainnya dapat   permainan komputer dapat membantu.
 Ini nilai minimum yang dianggap sudah   terbiasa dan nyaman dengan bahasa   Hasil dari penelitian yang dilakukan pada
 mampu memahami bahasa Inggris.  tersebut. Ketika kita berbicara tentang   menjadi teman   mahasiswa tahun pertama di Universitas
 Anda mungkin heran kenapa hanya   eksposur, ini tidak hanya terjadi di   baik anda menuju   Syiah Kuala mengungkapkan bahwa siswa
 sebahagian kecil orang saja baik siswa,   kelas. Di luar kelas pun kita bisa terus   yang berhasil dalam pembelajaran bahasa
 mahasiswa, dosen, maupun umumnya   melatih diri.  kemahiran             Inggris terekspos oleh bahasa Inggris di
 masyarakat yang memiliki prestasi   Ada alasan mengapa eksposur   berbahasa  luar kelas. Media itu seperti film berbahasa
 gemilang dalam penguasaan bahasa   lebih unggul dibandingkan instruksi.   Inggris, lagu berbahasa Inggris, film non-
 Inggris sementara yang lain tampak   Pertama, pengetahuan eksplisit dari   Inggris.  Inggris dengan subtitle bahasa Inggris,
 terjebak dalam kemacetan dengan   instruksi tidak selalu membantu       permainan online, dan buku komik. Film
 pelajaran yang diterima di dalam   dalam berbicara dengan spontan.      adalah metode yang paling sering digunakan
 kelas?   Produksi bahasa yang alami                                     dan terbukti efektif dalam pembelajaran
 Mari kita telusuri rahasia di balik   eksposur bahasa adalah kuncinya!   bahasa Inggris dalam lingkungan   memerlukan pengetahuan implisit   bahasa Inggris. Lagu-lagu berbahasa Inggris
 keberhasilan siswa EFL (English as a   Loewen & Sato (2017) menunjukkan   sehari-hari.  (Schwartz, 1993). Kedua, ada yang   juga membantu dalam akuisisi kosakata
 Foreign Language) yang berprestasi   bahwa hanya dengan paparan yang   Mengapa eksposur bahasa sangat   disebut “filter afektif” atau “hambatan   dan peningkatan kemampuan berbahasa.
 tinggi! Tulisan ini merupakan bagian   cukup, kita dapat mempercepat   krusial? Mari kita lihat situasinya   afektif” yang dapat menghalangi   Di samping ekposur terhadap materi lisan
 dari hasil kajian kami beberapa waktu   proses pembelajaran bahasa. Instruksi   di Indonesia. Siswa di sekolah   pemahaman bahasa oleh siswa. Filter   seperti disebutkan di atas, eksposur terhadap
 yang lalu (Kismullah, Mustafa, Bahri,   eksplisit, meskipun penting, hanya   menengah hanya mendapatkan total   ini aktif saat siswa merasa kurang   materi tertulis juga penting. Tabel berikut
 2019) yang diterbitkan pada Asian EFL   memiliki peran kecil. Eksposur dalam   720 jam pelajaran Bahasa Inggris   termotivasi, kurang percaya diri,   menunjukkan jenis-jenis eksposur bahasa
 Journal.  konteks pemerolehan bahasa Inggris   (data 2019) selama enam tahun.   atau memiliki sikap negatif terhadap   Inggris baik lisan maupun tulis yang dapat
 di negara EFL bermakna paparan   Bandingkan dengan penutur asli yang   pembelajaran (Krashen, 1985).  menjadi pilihan yang terefleksi dalam temuan
 ***  atau kesempatan yang didapatkan   telah terpapar lebih dari 14.500 jam   Di negara seperti Indonesia, di   penelitian kami.
 Dalam dunia pemerolehan bahasa, ada   pembelajar untuk mendengar,   bahasa Inggris saat mereka mencapai   mana jumlah jam pelajaran Bahasa   Dari 19 aktifitas eksposur di atas,
 satu prinsip yang telah diterima luas:   membaca, dan berinteraksi dalam   usia 6 tahun, perbedaannya sangat   Inggris terbatas, siswa harus mencari   mengemuka menonton film berbahasa




 30  Warta USK Juni 2023                                                                       Warta USK Juni 2023 31
   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36