Page 31 - Warta USK Juni 2023
P. 31
RISET RISET
MENGUNGKAP RAHASIA mencolok! Ini menjadi masalah
serius karena pemerolehan bahasa
SUKSES BELAJAR BAHASA INGGRIS: memerlukan waktu yang signifikan.
Apalagi dengan kebijakan di tingkat
SMA sekarang yang memiliki dampak
EKSPOSUR ADALAH KUNCINYA terhadap berkurangnya jam pelajaran
Bahasa Inggris di kelas.
Eksposur bahasa adalah inti dari
pembelajaran bahasa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa instruksi eksplisit
lebih efektif (Norris & Ortega, 2000).
Dr. Kismullah, S.Pd., Dipl. TESOL., M.App.Ling. Namun, instruksi eksplisit biasanya
Kepala UPT Bahasa Universitas Syiah Kuala/ hanya membantu dalam memahami
Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, USK tata bahasa, sedangkan kemampuan
berbicara yang lancar dan alami
membutuhkan eksposur lebih lanjut
anya 16 persen di luar kelas (Derwing, Munro, &
partisipan lulusan SMA Thomson, 2007).
dalam penelitian kami Eksposur bahasa adalah jantung eksposur bahasa di luar kelas. Mereka memiliki
yang diberikan tes dari pembelajaran bahasa. Hasil berbagai pilihan media untuk itu. Menonton
standar kemampuan penelitian menunjukkan bahwa Film, lagu, film berbahasa Inggris, mendengarkan musik
Hahasa Inggris yang eksposur lebih penting. Kenapa? buku, media berbahasa Inggris, dan bahkan bermain
mendapatkan nilai di atas 400 (TOEFL). Karena eksposur membuat kita lainnya dapat permainan komputer dapat membantu.
Ini nilai minimum yang dianggap sudah terbiasa dan nyaman dengan bahasa Hasil dari penelitian yang dilakukan pada
mampu memahami bahasa Inggris. tersebut. Ketika kita berbicara tentang menjadi teman mahasiswa tahun pertama di Universitas
Anda mungkin heran kenapa hanya eksposur, ini tidak hanya terjadi di baik anda menuju Syiah Kuala mengungkapkan bahwa siswa
sebahagian kecil orang saja baik siswa, kelas. Di luar kelas pun kita bisa terus yang berhasil dalam pembelajaran bahasa
mahasiswa, dosen, maupun umumnya melatih diri. kemahiran Inggris terekspos oleh bahasa Inggris di
masyarakat yang memiliki prestasi Ada alasan mengapa eksposur berbahasa luar kelas. Media itu seperti film berbahasa
gemilang dalam penguasaan bahasa lebih unggul dibandingkan instruksi. Inggris, lagu berbahasa Inggris, film non-
Inggris sementara yang lain tampak Pertama, pengetahuan eksplisit dari Inggris. Inggris dengan subtitle bahasa Inggris,
terjebak dalam kemacetan dengan instruksi tidak selalu membantu permainan online, dan buku komik. Film
pelajaran yang diterima di dalam dalam berbicara dengan spontan. adalah metode yang paling sering digunakan
kelas? Produksi bahasa yang alami dan terbukti efektif dalam pembelajaran
Mari kita telusuri rahasia di balik eksposur bahasa adalah kuncinya! bahasa Inggris dalam lingkungan memerlukan pengetahuan implisit bahasa Inggris. Lagu-lagu berbahasa Inggris
keberhasilan siswa EFL (English as a Loewen & Sato (2017) menunjukkan sehari-hari. (Schwartz, 1993). Kedua, ada yang juga membantu dalam akuisisi kosakata
Foreign Language) yang berprestasi bahwa hanya dengan paparan yang Mengapa eksposur bahasa sangat disebut “filter afektif” atau “hambatan dan peningkatan kemampuan berbahasa.
tinggi! Tulisan ini merupakan bagian cukup, kita dapat mempercepat krusial? Mari kita lihat situasinya afektif” yang dapat menghalangi Di samping ekposur terhadap materi lisan
dari hasil kajian kami beberapa waktu proses pembelajaran bahasa. Instruksi di Indonesia. Siswa di sekolah pemahaman bahasa oleh siswa. Filter seperti disebutkan di atas, eksposur terhadap
yang lalu (Kismullah, Mustafa, Bahri, eksplisit, meskipun penting, hanya menengah hanya mendapatkan total ini aktif saat siswa merasa kurang materi tertulis juga penting. Tabel berikut
2019) yang diterbitkan pada Asian EFL memiliki peran kecil. Eksposur dalam 720 jam pelajaran Bahasa Inggris termotivasi, kurang percaya diri, menunjukkan jenis-jenis eksposur bahasa
Journal. konteks pemerolehan bahasa Inggris (data 2019) selama enam tahun. atau memiliki sikap negatif terhadap Inggris baik lisan maupun tulis yang dapat
di negara EFL bermakna paparan Bandingkan dengan penutur asli yang pembelajaran (Krashen, 1985). menjadi pilihan yang terefleksi dalam temuan
*** atau kesempatan yang didapatkan telah terpapar lebih dari 14.500 jam Di negara seperti Indonesia, di penelitian kami.
Dalam dunia pemerolehan bahasa, ada pembelajar untuk mendengar, bahasa Inggris saat mereka mencapai mana jumlah jam pelajaran Bahasa Dari 19 aktifitas eksposur di atas,
satu prinsip yang telah diterima luas: membaca, dan berinteraksi dalam usia 6 tahun, perbedaannya sangat Inggris terbatas, siswa harus mencari mengemuka menonton film berbahasa
30 Warta USK Juni 2023 Warta USK Juni 2023 31