Page 22 - Edisi Maret 2017
P. 22

t



           22   PROFIL                                                                                                                                                                                                 PROFIL      23






                                                                                          hairul Mubaraq tidak                   terhadap transportasi di Aceh.    para sopir labi-labi melamar       kata kunci dalam setiap bisnis
                                                                                          menyangka aplikasi                     Wisatawan umumnya meluapkan       menjadi driver ke kantor HOJAK.    yang Khairul geluti. Sebelumnya,
                                                                                          penyedia transportasi                  unek-uneknya di akun Instagram    Mereka mengeluh omset labi-labi    pemuda kelahiran Kuta Blang,
                                                                                          onlinenya, HOJAK,                      Wisata Aceh yang juga dikelola    semakin menurun semenjak Trans     25 Mei 1990 ini telah berbisnis
                                                                               Kdiunduh lebih 10.000                             oleh Khairul.                     Koetaradja hadir di Banda Aceh.    cemilan khas Aceh yaitu rujak salak
                                                                               kali hanya dalam dua minggu.                                                                                           pliek u. Saat menjalankan bisnis
                                                                               Padahal saat soft launching HOJAK,                Saat itulah naluri bisnis Khairul   “HOJAK hadir di Banda Aceh untuk   rujak, Khairul sempat ditertawakan
                                                                               ia sedang fokus mencari driver                    menyala. Baginya, permasalahan    menjadi solusi bagi orang-orang    orang-orang di kampungnya.
                                                                               tambahan.                                         transportasi di Aceh menjadi      seperti ini,” ujar Khairul yang
                                                                                                                                 peluang untuk mengembangkan       mengaku pengguna HOJAK bukan       “Masa lulusan S1 jualan rujak salak
                                                                               “Saya pikir hanya 70-an yang                      bisnis start up baru di Aceh.     hanya masyarakat Aceh, tetapi      pliek u di Banda Aceh,” kenang
                                                                               unduh. Rupanya ramai sampai-                      Hanya saja saat itu Khairul belum   juga masyarakat luar daerah dan   Khairul menirukan cemoohan
                                                                               sampai server HOJAK down,”                        menemukan konsep yang tepat.      turis asing.                       orang-orang terhadapnya. Tetapi,
                                                                               ungkapnya.                                        Dan saat berkunjung ke Jakarta,                                      tidak disangka bisnis ini cukup
                                                                                                                                 gagasan ini ia sampaikan ke       Meski terkesan mirip dengan        menjanjikan dan menjadi bisnis
                                                                               Menurut Khairul, hal ini                          temannya. Khairul kemudian        aplikasi transportasi online seperti   viral di Banda Aceh. Khairul
                                                                               merupakan tanda jika masyarakat                   dikenalkan kepada seorang ahli IT   GO-JEK, Uber, dan Grab, tetapi   mampu meraup keuntungan Rp.
                                                                               Aceh sebenarnya telah lama                        yang bersedia merancang aplikasi   Khairul tidak ingin dianggap ikut-  800 ribu per hari. Bahkan, bisnis
                                                                               menginginkan solusi transportasi                  HOJAK. Semenjak itu, HOJAK mulai   ikutan.                           rujak salak pliek u telah merambah
                                                                               publik. Terlebih lagi saat ini,                   dikenal dan mendapat respon                                          hingga di kota Langsa.
                                                                               transportasi publik semakin sulit                 positif dari masyarakat. Bahkan, di   “HOJAK itu berbeda, karena kita
                                                                               ditemui terutama di Banda Aceh.                   Pekan Nasional Petani Nelayan pada   mengangkat kearifan lokal. Kita   Selain itu, Khairul juga mengagas
                                                                               Ini sejalan dengan gagasan awal                   bulan Mei nanti, HOJAK didaulat   pakai becak dan dari namanya       akun Instagram Wisata Aceh
                                                                               terbentuknya HOJAK yang bermula                   oleh Dinas Pariwisata Provinsi Aceh   saja sudah berbeda sebab       yang memiliki 139 ribu follower.
                                                                               dari banyaknya keluhan wisatawan                  menjadi official transport.       menggunakan bahasa Aceh,”          Gara-gara mengelola akun ini, ia
                                                                                                                                                                   jelasnya.                          berkesempatan untuk keliling Aceh
                                                                                                                                 “Sudah 25 ribu peserta yang                                          mengeksplore keindahan alam
                                                                                                                                 confirm untuk hadir ke Banda      Mengangkat nilai-nilai kearifan    secara gratis. Alumni FISIP Unsyiah
                                                                                                                                 Aceh, insya Allah HOJAK siap!” ujar   lokal tampaknya telah menjadi   ini telah mantap untuk menekuni
                                                              Khairul Mubaraq                                                    Khairul yakin.                                                       bisnis di dunia pariwisata. Padahal
                                                              Alumni FISIP Unsyiah                                               Selain itu, HOJAK juga dilirik                                       saat kuliah dulu, ia sama sekali
                                                                                                                                                                                                      belum memiliki bayangan akan
                                                              CEO HOJAK                                                          beberapa perusahaan seperti bank                                     menjadi apa. Khairul mengaku

                                                                                                                                 dan perusahaan telekomunikasi                                        semua pencapaiannya dimulai
                                                 DARI RUJAK                                                                      untuk bekerja sama. Mereka                                           secara otodidak. Ia termasuk
                                                                                                                                 menilai HOJAK memiliki potensi
                                                                                                                                                                                                      pribadi yang malas bertele-tele dan
                                        SALAK HINGGA                                                                             besar untuk berkembang pesat.                                        malas menunda-nunda keinginan.
                                                                                                                                 Khairul juga telah mengelola
                                                HOJAK                                                                            hampir 500 driver yang mencakup                                      “Ibaratnya kalau orang berenang

                                                                                                                                                                                                      terlalu banyak teori, pasti lama
                                                                                                                                 50 becak, 100 sepeda motor,
                                                                                                                                                                                                      bisanya. Tetapi, kalau loncat terus,
                                                                                                                                 dan 300 mobil. Ke depannya ia
                                                                                                                                 berencana mengembang HOJAK
                                                                                                                                                                                                      action!” pungkasnya. (ib)
                                                                                                                                 delivery. Bahkan, tidak sedikit                                      pasti bisa. Yang penting berani




          EDISI 209 . MARET 2017                                                                                                                                                                                     EDISI 209 . MARET 2017
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27