Page 30 - Edisi Mei 2017
P. 30
30 RISET RISET 31
INTERNET MEMICU Trickery (melakukan tipu daya memaparkan bahwa cyberbullying menunjukkan siswa menyatakan
dapat mendorong seseorang
akan membalas balik tindakan
dengan mencari informasi rahasia
CYBERBULLYING tentang seseorang kemudian untuk melakukan kekerasan, cyberbullying yang dialaminya
menyebarkannya di dunia maya).
(34,8 persen), siswa mengabaikan
pemerkosaan, penculikan, dan
Exclusion (mengucilkan dan bunuh diri. Sehingga cyberbullying tindakan tersebut (36,2 persen),
harus mendapatkan perhatian
siswa melaporkan pada figur
mengeluarkan seseorang dari suatu khusus agar para siswa dapat otoritas seperti guru, kepala
kelompok yang dibentuk secara diselamatkan. sekolah, orang tua, atau polisi (21,3
MAYA KHAIRANI online). persen), dan memberitahukan
STAF PENGAJAR DAN PSIKOLOG Berdasarkan hasil survei yang kepada temannya (7,8 persen).
KLINIS DI PRODI PSIKOLOGI Cyberstalking (melecehkan penulis lakukan terhadap 141
FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH, seseorang secara terus menerus siswa SMP di Kota Banda Aceh Hasil survei ini membuktikan jika
WAKIL KETUA DIVISI RISET DAN yang berakibat munculnya pada semester pertama tahun remaja kita saat ini membutuhkan
PUBLIKASI IKATAN PSIKOLOGI KLINIS
(IPK) ACEH. ketakutan pada korban). 2016, diketahui sekitar 20 persen dukungan dan perhatian.
siswa tidak pernah mengalami Mereka butuh media untuk
Dalam bukunya yang cyberbullying, sedangkan 80 memfasilitasi dan mengeksplorasi
ejak internet hadir berjudul Cyberbullying and persen siswa lainnya pernah keingintahuan dan kreatifitasnya.
dalam kehidupan, tidak Cyberthreats: Responding to mengalaminya. Secara rinci Bukan tidak mungkin tindakan-
dipungkiri jika kehidupan the Challenge of Online Social siswa yang pernah mengalami tindakan cyberbullying tersebut
kita banyak terbantu Aggression, Threats, and Distress, cyberbullying dikategorikan bersinggungan dengan hukum.
Solehnya. Aktivitas Willard memaparkan informasi sebagai berikut: 47,5 persen pernah Ketika korban melaporkan pelaku
komunikasi pun semakin semarak terkait penggunaan internet oleh mengalami cyberbullying satu atau ke pihak berwajib, hal ini menjadi
dengan bantuan internet atau biasa kalangan muda. Selain itu, juga dua kali, 26,5 persen mengalami permasalahan serius dan dianggap
disebut dunia maya. Sebut saja Cyberbullying merupakan salah satu Harrassment (mengirimkan pesan dipaparkan panduan untuk pihak beberapa kali, 3,5 persen sering cybercrime yaitu kejahatan yang
aplikasi Whatsapp, BBM, Line dan bentuk agresi sosial yang muncul secara berulang yang berisi cacian sekolah dalam menyusun kebijakan mengalami cyberbullying, dan menggunakan teknologi cyber yang
sebagainya yang hampir dimiliki di saat seseorang atau sekelompok dan hinaan). terkait cyberbullying, edukasi hampir setiap hari 2,5 persen terjadi di dunia maya. Beberapa
oleh siapa saja yang menggunakan menyampaikan sesuatu yang bagi orang tua maupun siswa orang mengalami cyberbullying. sumber menyebutkan bahwa
smartphone. Kita pun tidak hanya tercela, menyakitkan, menghina, Denigration (mengirim pesan terkait cyberbullying, dan proses Artinya sekitar 112 siswa SMP di cyberbullying adalah tindakan
berkomunikasi dengan orang-orang merendahkan, mempermalukan yang berisi rumor atau gosip yang menginvestigasi kasus cyberbullying Banda Aceh berpotensi menjadi yang dilakukan oleh anak berusia
yang kita kenal. Adanya internet atau menyebar fitnah. Biasanya ini bertujuan untuk merusak reputasi dengan efektif. pelaku cyberbullying akibat di bawah 18 tahun. Bila usia
membuat kita terbuka untuk dilakukan melalui media teknologi orang lain). pengalamannya yang pernah pelaku di atas 18 tahun artinya
menjalin relasi dan berkomunikasi online seperti Email, Facebook, Menyinggung kasus cyberbullying menjadi korban. tindakan ini sudah masuk kategori
dengan orang lain yang sebelumnya Twitter, Instagram dan lain-lain. Impersonation (berpura-pura berarti kita berbicara tentang cybercrime. Jika remaja kita saat
tidak kita kenal. Sayangnya, Nancy E. Willard menyebutkan menjadi orang lain untuk korban dan pelaku. Sebagian Dari 141 siswa, terdapat 26,2 ini kecenderungan melakukan
komunikasi yang terjalin di dalam terdapat beberapa bentuk mengunggah dan menyebarkan besar pelaku cyberbullying persen mengaku pernah cyberbullying cukup tinggi, maka
jaringan (online) ternyata dapat cyberbullying yaitu: berita jelek tentang seseorang agar merupakan korban di masa melakukan cyberbullying. peluang mereka melakukan
menjadi kejam dan jahat tanpa kita orang tersebut merasa malu). lalunya. Akibat runtuhnya harga Beberapa alasan siswa cybercrime pun tinggi. Tentu hal ini
sadari serta dapat menyebabkan Flamming (berkelahi secara online diri yang dimiliki oleh korban, melakukannya karena ingin menjadi perhatian kita bersama.
gangguan emosional. Sebut saja dengan menggunakan kata-kata Outing (menyebarkan informasi muncullah pemikiran untuk membalas apa yang dialaminya (cds)
cyberbullying−bentuk lain dari kasar dan tidak senonoh seperti rahasia yang seharusnya disimpan ke membalas dan menyakiti orang (41,8 persen), sekedar bercanda
bullying−yang dilakukan di dunia mengejek, memfitnah, memaki, dan dunia maya untuk mempermalukan lain dengan cara yang sama melalui (11,3 persen), dan kesal dengan
maya melalui bantuan teknologi menghina). orang yang memiliki rahasia cyberbullying. Beberapa referensi seseorang (7,8 persen). Survei juga
internet. tersebut).
EDISI 211 . MEI 201
7
EDISI 208 . FEBRUARI 2017 EDISI 208 . FEBRUARI 2017 7
EDISI 211 . MEI 201