Page 13 - Edisi Desember 2017
P. 13

FOKUS      13




          “                                 Sertikasi ISO merupakan salah      Sebab menurut Zulkarnaini, standar



                                                                               mutu yang telah diakui di tingkat
                                            upaya Unsyiah untuk meningkatkan
                                            mutu layanannya. Zulkarnaini
                                                                               internasional harus diiringi dengan
          Sertifikasi ISO
                                                                               komitmen kuat dan kinerja profesional.
                                            mengungkapkan setelah berlakunya
          adalah tuntutan
                                            di Unsyiah telah memiliki standar
          misi Unsyiah untuk                sertifikasi ISO, maka pelayanan    “Kalau orang pertanian, satu hari
                                            tersendiri.                        dapat menanam sekian batang, tetapi
          menjadi universitas                                                  merawatnya butuh waktu yang lama,
          terkemuka di Asia                  “Jadi pelayanan kita tidak boleh   sama juga dengan ISO. Persiapan kita
                                            melangkahi apa yang sudah          sekitar satu tahun, tetapi butuh waktu
          Tenggara.
                                            kita tetapkan. Kita sendiri yang   panjang untuk mempertahankannya,”
                                            menetapkan standar dan harus dijalani   ujarnya.
                                            bersama-sama,” ujar Kepala Biro
          Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal   Unsyiah tersebut.              Meski terasa berat, tetapi Unsyiah
          M.Eng sudah mengumumkan prestasi                                     tetap berkomitmen mempertahankan
          ini saat apel Senin pagi. Secara khusus,   Oleh sebab itu, tantangan selanjutnya   standar mutu layanan. Sebab langkah
          Rektor memberikan apresiasi kepada   yang harus Unsyiah hadapi adalah   ini merupakan cara Unsyiah untuk
          unit kerja Unsyiah tersebut atas   mempertahankan sertifikasi ISO ini.   menuju world class university. Harus
          kesungguhannya dalam meningkatkan   Zulkarnaini pun mengakui jika ini   diakui cita-cita besar memang tidak
          mutu layanan. Di sisi lain, Rektor   merupakan tantangan paling berat   mudah diraih. Namun, melihat
          menegaskan bahwa prestasi ini juga   baginya. Maka setiap enam bulan   serangkaian prestasi yang sudah
          harus dipandang sebagai komitmen   sekali, khususnya di BPHM Unsyiah   Unsyiah raih selama ini, maka impian
          untuk meningkatkan kinerja.       akan dilakukan monitoring dan      menuju world class university bukanlah
                                            evaluasi (monev) internal secara rutin.   hal yang mustahil. (ib)
          “Saya ucapkan selamat, tapi saya
          ingatkan prestasi ini harus bisa
          meningkatkan kualitas mutu pelayanan
          kita. Inilah komitmen kita bersama,”
          ucap Rektor.

          Sebelumnya pada tahun 2015,
          Perpustakaan Unsyiah sudah terlebih
          dahulu sukses meraih sertikasi ISO
          9001:2008. Tidak mudah untuk
          mendapatkan sertifikasi ini.  Butuh
          waktu sekitar 1,5 tahun bagi Unit
          Pelaksana Teknis (UPT) Unsyiah ini
          untuk meraihnya. Keberhasilan inilah
          yang kemudian memotivasi dua biro
          dan satu lembaga Unsyiah untuk
          ikut serta meningkatkan kualitas
          manajemen mutu.




                                                                                            EDISI 218 . DESEMBER 2017
   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18