Page 13 - Edisi Desember 2017
P. 13
FOKUS 13
“ Sertikasi ISO merupakan salah Sebab menurut Zulkarnaini, standar
mutu yang telah diakui di tingkat
upaya Unsyiah untuk meningkatkan
mutu layanannya. Zulkarnaini
internasional harus diiringi dengan
Sertifikasi ISO
komitmen kuat dan kinerja profesional.
mengungkapkan setelah berlakunya
adalah tuntutan
di Unsyiah telah memiliki standar
misi Unsyiah untuk sertifikasi ISO, maka pelayanan “Kalau orang pertanian, satu hari
tersendiri. dapat menanam sekian batang, tetapi
menjadi universitas merawatnya butuh waktu yang lama,
terkemuka di Asia “Jadi pelayanan kita tidak boleh sama juga dengan ISO. Persiapan kita
melangkahi apa yang sudah sekitar satu tahun, tetapi butuh waktu
Tenggara.
kita tetapkan. Kita sendiri yang panjang untuk mempertahankannya,”
menetapkan standar dan harus dijalani ujarnya.
bersama-sama,” ujar Kepala Biro
Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal Unsyiah tersebut. Meski terasa berat, tetapi Unsyiah
M.Eng sudah mengumumkan prestasi tetap berkomitmen mempertahankan
ini saat apel Senin pagi. Secara khusus, Oleh sebab itu, tantangan selanjutnya standar mutu layanan. Sebab langkah
Rektor memberikan apresiasi kepada yang harus Unsyiah hadapi adalah ini merupakan cara Unsyiah untuk
unit kerja Unsyiah tersebut atas mempertahankan sertifikasi ISO ini. menuju world class university. Harus
kesungguhannya dalam meningkatkan Zulkarnaini pun mengakui jika ini diakui cita-cita besar memang tidak
mutu layanan. Di sisi lain, Rektor merupakan tantangan paling berat mudah diraih. Namun, melihat
menegaskan bahwa prestasi ini juga baginya. Maka setiap enam bulan serangkaian prestasi yang sudah
harus dipandang sebagai komitmen sekali, khususnya di BPHM Unsyiah Unsyiah raih selama ini, maka impian
untuk meningkatkan kinerja. akan dilakukan monitoring dan menuju world class university bukanlah
evaluasi (monev) internal secara rutin. hal yang mustahil. (ib)
“Saya ucapkan selamat, tapi saya
ingatkan prestasi ini harus bisa
meningkatkan kualitas mutu pelayanan
kita. Inilah komitmen kita bersama,”
ucap Rektor.
Sebelumnya pada tahun 2015,
Perpustakaan Unsyiah sudah terlebih
dahulu sukses meraih sertikasi ISO
9001:2008. Tidak mudah untuk
mendapatkan sertifikasi ini. Butuh
waktu sekitar 1,5 tahun bagi Unit
Pelaksana Teknis (UPT) Unsyiah ini
untuk meraihnya. Keberhasilan inilah
yang kemudian memotivasi dua biro
dan satu lembaga Unsyiah untuk
ikut serta meningkatkan kualitas
manajemen mutu.
EDISI 218 . DESEMBER 2017