Page 30 - Warta USK Januari 2023
P. 30

RISET                                                                                                                                                                                                 RISET






          Social Media and Everyday Life;                                                                                        mereka menghabiskan banyak waktu
                                                                                                                                 dengan media sosial sebagai sebuah
          Pendekatan Fenomenologis                                                                                               kebiasaan yang biasa. Namun,

                                                                                                                                 kebiasaan yang biasa ini memainkan
          terhadap Penggunaan Media Sosial                                                                                       peran penting dalam kehidupan
                                                                                                                                 mereka. Platform media sosial yang
          di Kalangan Gen Z                                                                                                      paling sering digunakan adalah
                                                                                                                                 WhatsApp, Youtube, Instagram,
                                                                                                                                 dan TikTok. Keempatnya digunakan
                                                                                                                                 secara reguler dan rutin. Namun
                                                                                                                                 demikian, platform yang berbeda
                                                                                                                                 digunakan dengan cara yang
                     Uswatun Nisa, M.A                                                                                           berbeda dan memainkan peran yang
                     Dosen Ilmu Komunikasi FISIP USK                                                                             berbeda.
                                                                                                                                   Selanjutnya, teridentifikasi
                                                                                                                                 tiga peran utama yang dimainkan
                                                                                                                                 media sosial dalam kehidupan para
                   ejak kemunculannya                                                                                            responden. Terkait dengan tiga cara
                   di awal tahun 2000-                                                                                           berbeda dalam menggunakan media                                (sendirian), atau  sebelum tidur.
                   an, popularitas media                                                                                         sosial dalam kehidupan sehari-hari:                               Menurut Dimmict (2011), jenis
                   sosial terus meningkat                                                                                        (1) mengisi kekosongan, (2) ritual   Menggunakan               penggunaan interval ditandai dengan
         Sterutama di kalangan                                                                                                   sehari-hari, dan (3) mengelola emosi.   media sosial           bermunculannya celah waktu, ketika
          Gen Z. Eksistensi media sosial                                                                                           Wacana umum dari para Gen        untuk manajemen             tidak ada lagi yang bisa diisi. Responden
          memberikan perubahan besar yang                                                                                        Z adalah bagaimana mereka                                      menggambarkannya semacam penggunaan
          berkaitan dengan integrasi media                                                                                       menggunakan media sosial bukan     suasana hati terjadi        yang tidak terencana dan penggunaannya
          sosial ke dalam praktik duniawi                                                                                        karena media sosial itu sangat     pada kesempatan             hanya untuk membunuh waktu ataupun
          kehidupan sehari-hari penggunanya.                                                                                     penting; namun mereka hanya                                    menjauhkan kesepian. Oleh karena itu,
            Namun yang menjadi pertanyaan                                                                                        mengakses media sosial saat jeda   tertentu yang               penggunaan interval semacam ini pengguna
          adalah bagaimana rutinitas                                                                                             waktu muncul (penggunaan interval).   tidak perlu              menganggap tidak masalah media sosial
          bermedia sosial yang secara terus                                                                                      Mereka mengaku menggunakan         direncanakan,               apa yang mereka gunakan dicelah waktu,
          menerus dilakukan itu bermakna                                                                                         media sosial untuk mengisi                                     melainkan tujuannya memerangi rasa
          bagi penggunanya. Rutinitas itu                                                                                        slot waktu yang kosong: sambil     tetapi didefinisikan        bosanlah yang memberinya makna dari
          tertanam sebagai pengalaman                                                                                            menunggu waktu kuliah, duduk di    dengan jelas dari           penggunaan medis sosial itu. Namun, hal
          hidup penggunanya. Namun apakah                                                                                        kantin, mengantre sesuatu, atau    sudut pandang               yang sering diabaikan adalah penggunaan
          penggunaannya media sosial         fenomenologis akan dilihat         perbedaan dalam hal latar belakang               menunggu teman. Di samping                                     seperti ini cenderung meluas dalam waktu,
          tersebut benar-benar memiliki arti?  bagaimana dua kalangan pengguna   sosial dan etnis, minat, dan gaya               penggunaan secara interval tadi,   pengalaman setiap           karena penggunaan secara interval temporal
            Kajian ini bertujuan untuk       tersebut menciptakan makna         hidup.                                           penggunaan media sosial juga       penggunanya.                memiliki titik akhir yang longgar. Oleh karena
          menganalisis bagaimana             dari praktik bermedia sehari-hari                                                   dilakukan dalam aktivitas paralel,                             itu, banyak responden mengungkapkan
          penggunaan media sosial dimaknai   mereka. Penelitian ini melibatkan   Media Sosial                                    yaitu digunakan bersamaan                                      bahwa mereka tidak menyadari bahwa
          dalam kehidupan sehari-hari        40 subjek penelitian di mana 28 di   sebagai Praktik Sehari-hari                    dengan tugas lain agar tidak                                   sebenarnya mereka terus menggulir dan
          dengan mengambil gambaran          antaranya adalah perempuan dan     Secara umum mereka yang                          terlalu merasa kesepian, misalnya                              menggulir layar smartphone mereka selama
          pada pengguna dari Gen Z (usia     12 lainnya adalah laki-laki. Setiap   menjadi subjek dalam penelitian               tetap menyalakan YouTube saat                                  waktu yang tidak bisa dipastikan.
          9-24 tahun). Melalui pendekatan    subjek penelitian ini memiliki     ini menggambarkan bagaimana                      menyiapkan makanan, saat makan                                    Jika penggunaan interval sering kali




          30  Warta USK Januari 2023                                                                                                                                                                                Warta USK Januari 2023 31
   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35