Page 31 - Warta USK Januari 2023
P. 31

RISET                                                                                          RISET






 Social Media and Everyday Life;  mereka menghabiskan banyak waktu
          dengan media sosial sebagai sebuah
 Pendekatan Fenomenologis  kebiasaan yang biasa. Namun,

          kebiasaan yang biasa ini memainkan
 terhadap Penggunaan Media Sosial  peran penting dalam kehidupan
          mereka. Platform media sosial yang
 di Kalangan Gen Z  paling sering digunakan adalah
          WhatsApp, Youtube, Instagram,
          dan TikTok. Keempatnya digunakan
          secara reguler dan rutin. Namun
          demikian, platform yang berbeda
          digunakan dengan cara yang
 Uswatun Nisa, M.A  berbeda dan memainkan peran yang
 Dosen Ilmu Komunikasi FISIP USK  berbeda.
            Selanjutnya, teridentifikasi
          tiga peran utama yang dimainkan
          media sosial dalam kehidupan para
 ejak kemunculannya   responden. Terkait dengan tiga cara
 di awal tahun 2000-  berbeda dalam menggunakan media                    (sendirian), atau  sebelum tidur.
 an, popularitas media   sosial dalam kehidupan sehari-hari:                Menurut Dimmict (2011), jenis
 sosial terus meningkat   (1) mengisi kekosongan, (2) ritual   Menggunakan   penggunaan interval ditandai dengan
 Sterutama di kalangan   sehari-hari, dan (3) mengelola emosi.   media sosial   bermunculannya celah waktu, ketika
 Gen Z. Eksistensi media sosial   Wacana umum dari para Gen   untuk manajemen   tidak ada lagi yang bisa diisi. Responden
 memberikan perubahan besar yang   Z adalah bagaimana mereka             menggambarkannya semacam penggunaan
 berkaitan dengan integrasi media   menggunakan media sosial bukan   suasana hati terjadi   yang tidak terencana dan penggunaannya
 sosial ke dalam praktik duniawi   karena media sosial itu sangat   pada kesempatan   hanya untuk membunuh waktu ataupun
 kehidupan sehari-hari penggunanya.  penting; namun mereka hanya         menjauhkan kesepian. Oleh karena itu,
 Namun yang menjadi pertanyaan   mengakses media sosial saat jeda   tertentu yang   penggunaan interval semacam ini pengguna
 adalah bagaimana rutinitas   waktu muncul (penggunaan interval).   tidak perlu   menganggap tidak masalah media sosial
 bermedia sosial yang secara terus   Mereka mengaku menggunakan   direncanakan,   apa yang mereka gunakan dicelah waktu,
 menerus dilakukan itu bermakna   media sosial untuk mengisi             melainkan tujuannya memerangi rasa
 bagi penggunanya. Rutinitas itu   slot waktu yang kosong: sambil   tetapi didefinisikan   bosanlah yang memberinya makna dari
 tertanam sebagai pengalaman   menunggu waktu kuliah, duduk di   dengan jelas dari   penggunaan medis sosial itu. Namun, hal
 hidup penggunanya. Namun apakah   kantin, mengantre sesuatu, atau   sudut pandang   yang sering diabaikan adalah penggunaan
 penggunaannya media sosial   fenomenologis akan dilihat   perbedaan dalam hal latar belakang   menunggu teman. Di samping   seperti ini cenderung meluas dalam waktu,
 tersebut benar-benar memiliki arti?  bagaimana dua kalangan pengguna   sosial dan etnis, minat, dan gaya   penggunaan secara interval tadi,   pengalaman setiap   karena penggunaan secara interval temporal
 Kajian ini bertujuan untuk   tersebut menciptakan makna   hidup.   penggunaan media sosial juga   penggunanya.  memiliki titik akhir yang longgar. Oleh karena
 menganalisis bagaimana   dari praktik bermedia sehari-hari   dilakukan dalam aktivitas paralel,   itu, banyak responden mengungkapkan
 penggunaan media sosial dimaknai   mereka. Penelitian ini melibatkan   Media Sosial  yaitu digunakan bersamaan   bahwa mereka tidak menyadari bahwa
 dalam kehidupan sehari-hari   40 subjek penelitian di mana 28 di   sebagai Praktik Sehari-hari  dengan tugas lain agar tidak   sebenarnya mereka terus menggulir dan
 dengan mengambil gambaran   antaranya adalah perempuan dan   Secara umum mereka yang   terlalu merasa kesepian, misalnya   menggulir layar smartphone mereka selama
 pada pengguna dari Gen Z (usia   12 lainnya adalah laki-laki. Setiap   menjadi subjek dalam penelitian   tetap menyalakan YouTube saat   waktu yang tidak bisa dipastikan.
 9-24 tahun). Melalui pendekatan   subjek penelitian ini memiliki   ini menggambarkan bagaimana   menyiapkan makanan, saat makan   Jika penggunaan interval sering kali




 30  Warta USK Januari 2023                                                                  Warta USK Januari 2023 31
   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36