Page 18 - Warta USK April 2023
P. 18
MUTU MUTU
PERAN PENJAMINAN MUTU AKADEMIK DI PERGURUAN TINGGI: tidak kalah penting adalah dalam
mengembangkan budaya mutu di
TANTANGAN, PERKEMBANGAN, DAN TREN lingkungan lembaga pendidikan.
Budaya mutu harus menjadi bagian
dari nilai dan perilaku yang diterapkan
oleh seluruh elemen lembaga
ditetapkan dipenuhi, dan memberikan pendidikan, mulai dari pimpinan
Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, M.Pd jaminan kepada para mahasiswa, hingga mahasiswa.
Kepala Pusat Pengembangan Sistem Pembelajaran LP3M/ orang tua, masyarakat, dan Untuk mengatasi tantangan
stakeholder lainnya bahwa kualitas
Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan USK penjaminan mutu akademik, lembaga
pendidikan dan layanan yang mereka pendidikan perlu melakukan berbagai
terima di perguruan tinggi tersebut upaya seperti mengembangkan
adalah yang terbaik. sistem penjaminan mutu yang baik,
Tantangan melibatkan semua pihak yang terkait
dalam proses penjaminan mutu,
Tantangan penjaminan mutu akademik dan memperkuat budaya mutu di
menjadi isu yang semakin penting lingkungan lembaga pendidikan. Selain
dalam dunia pendidikan saat ini. Untuk itu, lembaga pendidikan juga perlu yang dapat membantu lembaga (ACE) Accreditation Standards.
memastikan kualitas pendidikan yang terus menerus melakukan evaluasi pendidikan dalam pengumpulan, Standar-standar ini mencakup
dihasilkan, lembaga pendidikan harus dan perbaikan terhadap proses pengolahan, dan analisis data terkait persyaratan untuk manajemen
dapat menjamin mutu akademik yang penjaminan mutu yang dilakukan. mutu akademik. kualitas, kepemimpinan, pengajaran
memadai. Namun, tantangan yang Lembaga pendidikan juga perlu dan pembelajaran, penelitian, layanan
dihadapi dalam melakukan penjaminan Perkembangan mengembangkan program penjaminan mahasiswa, serta pengelolaan sumber
mutu akademik tidaklah mudah. Perkembangan penjaminan mutu mutu yang adaptif dan inovatif untuk daya.
Salah satu tantangan terbesar akademik telah mengalami kemajuan menghadapi perkembangan teknologi Selain menggunakan standar
dalam penjaminan mutu akademik pesat dalam beberapa tahun terakhir. informasi yang semakin cepat. internasional, perguruan tinggi juga
adalah menentukan indikator mutu Salah satu perkembangan terpenting Program penjaminan mutu harus dapat memperbaiki penjaminan mutu
yang tepat. Indikator mutu haruslah dalam penjaminan mutu akademik mampu menyesuaikan diri dengan akademik dengan menggunakan
relevan dengan tujuan pendidikan adalah pengembangan standar mutu perubahan teknologi dan tuntutan teknologi. Contohnya, penggunaan
yang ingin dicapai, serta dapat diukur yang lebih baik. Standar mutu yang pasar kerja yang semakin dinamis. sistem manajemen pembelajaran
enjaminan mutu akademik administrasi berkualitas. Selain itu, dengan cara yang valid dan reliabel. baik haruslah relevan dengan tujuan (Learning Management System/LMS)
memiliki peran penting penjaminan mutu akademik juga dapat Selain itu, tantangan lainnya adalah pendidikan yang ingin dicapai, serta Tren dapat membantu perguruan tinggi
dalam memastikan bahwa membantu perguruan tinggi untuk dalam memastikan keberlanjutan dapat diukur secara objektif. Selain Perguruan tinggi diharapkan untuk untuk memantau progres mahasiswa,
perguruan tinggi memberikan meningkatkan kinerja mereka dan penjaminan mutu akademik. itu, ada juga perkembangan dalam terus memperbaiki kualitas pendidikan mengevaluasi kinerja pengajar, dan
P pendidikan yang berkualitas memenuhi persyaratan sertifikasi dan Proses penjaminan mutu harus pengembangan alat dan teknik yang mereka berikan untuk memenuhi memperbaiki kurikulum.
dan memenuhi persyaratan pasar akreditasi. dilakukan secara terus-menerus, pengukuran mutu akademik yang lebih persyaratan pasar kerja yang semakin Namun, penjaminan mutu
kerja yang semakin kompetitif. Peran Penjaminan mutu akademik sehingga lembaga pendidikan dapat canggih dan efektif. kompetitif dan menghasilkan akademik bukan hanya tentang
penjaminan mutu akademik meliputi menjadi sangat penting karena memperbaiki diri dan memenuhi Perkembangan lainnya adalah lulusan yang berkualitas. Salah penggunaan standar internasional
pemantauan dan evaluasi terhadap perguruan tinggi tidak hanya standar mutu yang ditetapkan. dalam meningkatkan partisipasi satu pendekatan dalam penjaminan atau teknologi, tetapi juga melibatkan
proses pengajaran dan pembelajaran, bertanggung jawab terhadap Tantangan lainnya adalah dalam semua pihak dalam proses penjaminan mutu akademik adalah dengan partisipasi aktif dari seluruh
penelitian, layanan mahasiswa, dan kualitas pengajaran dan penelitian mengelola data dan informasi terkait mutu akademik. Partisipasi dari dosen, menggunakan standar internasional. stakeholder, termasuk mahasiswa,
pengelolaan sumber daya. yang diselenggarakan, tetapi juga mutu akademik. Lembaga pendidikan mahasiswa, dan staf pendukung Beberapa standar internasional dosen, dan administrasi. Keterlibatan
Melalui penjaminan mutu terhadap pelayanan dan kinerja harus memiliki sistem pengumpulan, menjadi sangat penting dalam proses yang digunakan di seluruh dunia stakeholder dapat meningkatkan
akademik, perguruan tinggi dapat institusional secara keseluruhan. pengolahan, dan analisis data yang penjaminan mutu. Selain itu, ada juga meliputi ISO 9001:2015, European transparansi, akuntabilitas, dan
memastikan bahwa proses pengajaran Melalui penjaminan mutu akademik, baik untuk dapat melakukan evaluasi perkembangan dalam pengembangan Standards and Guidelines (ESG), dan keberlanjutan dari upaya penjaminan
dan pembelajaran diatur dengan baik, perguruan tinggi dapat memastikan terhadap mutu akademik yang sistem informasi manajemen mutu the American Council on Education mutu akademik. []
kurikulum relevan, dan dosen dan staf bahwa standar mutu yang telah dihasilkan. Selain itu, tantangan yang
18 Warta USK April 2023 Warta USK April 2023 19