Page 16 - Edisi Mei 2017
P. 16

16   FOKUS                                                                                                                                                                                                   FOKUS       17






                                                                                                                                 yaitu pada pukul 08:00-17:00 WIB.   “Apabila tidak mampu akan        “Ya termasuk prosedur-
                                                                                                                                 Di luar jam tersebut, jika pasien   dirujuk. Tetapi jika dirujuk, Asyki   prosedurnya. Jangan sampai
                                                                                                                                 datang dalam keadaan emergency,   tidak dapat melakukan pendanaan    mereka baru tahu jika di Unsyiah
                                                                                                                                 maka RSPN tetap menerimanya.      atau tidak bisa di-cover,” jelas   ada rumah sakit dan mereka pun
                                                                                                                                 Tetapi jika hanya penyakit biasa   dr. Dian yang berharap hal-hal    tidak merasa dipersulit,” ujar dr.
                                                                                                                                 seperti pilek, maka pelayanannya   seperti ini dapat dipahami oleh   Dian.
                                                                                                                                 bisa ditunda keesokan harinya.    mahasiswa.
                                                                                                                                                                                                      Sebagai sebuah layanan publik,
                                                                                                                                 “Cuma terkadang masyarakat        Pihak manajemen RSPN juga telah    sudah sewajarnya jika ada yang
                                                                                                                                 tidak melihat itu. Jadi ketika    melakukan sosialisasi prosedur     komplain terhadap pelayanan di
                                                                                                                                 sudah di luar SPO jam rumah sakit   rumah sakit dengan berbagai cara,   RSPN. Sebab kualitas pelayanan
                                                                                                                                 dianggap tidak melayani. Padahal   seperti mendatangi fakultas atau   merupakan perhatian utama bagi
                                                                                                                                 itu sudah masuk kategori pasien   menggandeng Badan Eksekutif        publik. Tetapi sebelum menilai
                                                                                                                                 umum,” terang dr. Dian.           Mahasiswa (BEM) Unsyiah. Bagi      lebih jauh, alangkah baiknya
                                                                                                                                                                   RSPN, fakultas dan BEM juga        setiap orang mencari tahu terlebih
                                                                                                                                 Untuk mendapatkan pelayanan       memiliki tanggung jawab untuk      dahulu akar permasalahannya.
                                                                                                                                 yang optimal, dr. Dian            sosialisasi prosedur dikarenakan   Ini penting agar tidak keliru
                                                                                   DR. DIAN ADI SYAHPUTRA, SP.BA                 menyarankan agar mahasiswa        mahasiswa dan dosen adalah user    memberikan penilaian. Misalnya
                                                                                   DIREKTUR RSPN                                 Unsyiah memiliki kartu BPJS.      di rumah sakit ini. Bahkan, RSPN   masyarakat harus mengerti jika
                                                                                                                                 Sebab jika memiliki kartu tersebut,   meminta kepada Wakil Rektor    yang menilai suatu penyakit
                                                                                                                                 mahasiswa berhak mendapatkan      III Unsyiah agar saat Pembinaan    gawat atau tidak adalah dokter.
          PAHAMI PROSEDUR UNTUK                                                                                                  seluruh fasilitas BPJS seperti rawat   Karakter Mahasiswa Baru       Karena dokter mengerti apa yang
                                                                                                                                 inap ataupun rawat jalan. Bahkan,
                                                                                                                                                                                                      harus menjadi prioritas. Tapi hal
                                                                                                                                                                   (Pakarmaru) nanti, RSPN diberikan
                                                                                                                                                                   waktu untuk menjelaskan
                                                                                                                                 jika RSPN tidak dapat melakukan
                                                                                                                                                                                                      seperti ini sering tidak dipahami
          LAYANAN OPTIMAL                                                                                                        tindakan, pasien dapat dirujuk    prosedur pelayanan. Tujuannya      dengan baik, sehingga rumah sakit
                                                                                                                                 ke rumah sakit lain yang dapat
                                                                                                                                                                   agar mahasiswa Unsyiah
                                                                                                                                                                                                      dianggap tidak melayani.
                                                                                                                                 melayaninya.                      mengetahui dan dapat menikmati
                                                                                                                                                                   pelayanan di rumah sakit Unsyiah   “Kalau sudah tahu prosedur insya
                    alam menjalankan        benar prosedur yang berlaku,       Tanda Mahasiswa (KTM) atau                        “BPJS itu gratis. Makanya saya    tersebut.                          Allah layanan juga lebih optimal,”
                    perannya, Rumah         “Bukan hanya di RSPN, tetapi di    menunjukkan KRS online yang                       minta kepada mahasiswa Unsyiah                                       pungkas dr. Dian. (ib)
                    Sakit Prince Nayef bin   semua rumah sakit kita harus      telah terintegrasi langsung ke                    sebisa mungkin memiliki kartu
                    Abdul Aziz (RSPN)       pahami prosedurnya,” ucapnya.      RSPN.                                             BPJS”.
          Dbekerja sesuai Standar
          Prosedur Operasional (SPO) yang   Dokter Dian mencontohkan,          “Jadi kalau ada mahasiswa                         Di RSPN, fasilitas yang didapatkan         Ya termasuk prosedur-prosedurnya. Jangan
          telah disepakati. Prosedur inilah   mahasiswa Unsyiah sebenarnya     yang tidak bisa menujukkan                        mahasiswa Unsyiah adalah                   sampai mereka baru tahu jika di Unsyiah ada
          yang menurut Direktur RSPN, dr.   mendapatkan pelayanan gratis di    identitasnya, ya kita akan layani                 rawat jalan melalui poliklinik. Jika       rumah sakit dan mereka pun tidak merasa
          Dian Adi Syahputra, Sp.BA, harus   RSPN. Tetapi ada prosedur yang    sebagai pasien umum,” ungkap dr.                  terjadi kecelakaan, maka akan
          dipahami dengan baik. Pasalnya,   harus dipahami oleh mahasiswa      Dian.                                             ditangani Asuransi Syariah Keluarga        dipersulit
          masyarakat kerap keliru menilai   untuk memperoleh layanan                                                             Indonesia (Asyki). Syaratnya dengan        DR. DIAN ADI SYAHPUTRA, SP.BA
          pelayanan sebuah rumah sakit      tersebut. Pertama, mahasiswa       Selanjutnya, pelayanan gratis ini                 menyebutkan kronologis kejadian            DIREKTUR RSPN
          karena tidak memahami dengan      harus menunjukkan Kartu            hanya berlaku pada jam tertentu                   lalu akan ditangani oleh RSPN sesuai
                                                                                                                                 kemampuan rumah sakit.




          EDISI 211 . MEI 2017                                                                                                                                                                                           EDISI 211 . MEI 2017
   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21