Page 17 - Edisi Mei 2017
P. 17

16  FOKUS                                                                                       FOKUS      17






          yaitu pada pukul 08:00-17:00 WIB.   “Apabila tidak mampu akan        “Ya termasuk prosedur-
          Di luar jam tersebut, jika pasien   dirujuk. Tetapi jika dirujuk, Asyki   prosedurnya. Jangan sampai
          datang dalam keadaan emergency,   tidak dapat melakukan pendanaan    mereka baru tahu jika di Unsyiah
          maka RSPN tetap menerimanya.      atau tidak bisa di-cover,” jelas   ada rumah sakit dan mereka pun
          Tetapi jika hanya penyakit biasa   dr. Dian yang berharap hal-hal    tidak merasa dipersulit,” ujar dr.
          seperti pilek, maka pelayanannya   seperti ini dapat dipahami oleh   Dian.
          bisa ditunda keesokan harinya.    mahasiswa.
                                                                               Sebagai sebuah layanan publik,
          “Cuma terkadang masyarakat        Pihak manajemen RSPN juga telah    sudah sewajarnya jika ada yang
          tidak melihat itu. Jadi ketika    melakukan sosialisasi prosedur     komplain terhadap pelayanan di
          sudah di luar SPO jam rumah sakit   rumah sakit dengan berbagai cara,   RSPN. Sebab kualitas pelayanan
          dianggap tidak melayani. Padahal   seperti mendatangi fakultas atau   merupakan perhatian utama bagi
          itu sudah masuk kategori pasien   menggandeng Badan Eksekutif        publik. Tetapi sebelum menilai
          umum,” terang dr. Dian.           Mahasiswa (BEM) Unsyiah. Bagi      lebih jauh, alangkah baiknya
                                            RSPN, fakultas dan BEM juga        setiap orang mencari tahu terlebih
          Untuk mendapatkan pelayanan       memiliki tanggung jawab untuk      dahulu akar permasalahannya.
          yang optimal, dr. Dian            sosialisasi prosedur dikarenakan   Ini penting agar tidak keliru
 DR. DIAN ADI SYAHPUTRA, SP.BA  menyarankan agar mahasiswa   mahasiswa dan dosen adalah user   memberikan penilaian. Misalnya
 DIREKTUR RSPN  Unsyiah memiliki kartu BPJS.   di rumah sakit ini. Bahkan, RSPN   masyarakat harus mengerti jika
          Sebab jika memiliki kartu tersebut,   meminta kepada Wakil Rektor    yang menilai suatu penyakit
          mahasiswa berhak mendapatkan      III Unsyiah agar saat Pembinaan    gawat atau tidak adalah dokter.
 PAHAMI PROSEDUR UNTUK   seluruh fasilitas BPJS seperti rawat   Karakter Mahasiswa Baru   Karena dokter mengerti apa yang
          inap ataupun rawat jalan. Bahkan,
                                                                               harus menjadi prioritas. Tapi hal
                                            (Pakarmaru) nanti, RSPN diberikan
                                            waktu untuk menjelaskan
          jika RSPN tidak dapat melakukan
                                                                               seperti ini sering tidak dipahami
 LAYANAN OPTIMAL  tindakan, pasien dapat dirujuk   prosedur pelayanan. Tujuannya   dengan baik, sehingga rumah sakit
          ke rumah sakit lain yang dapat
                                            agar mahasiswa Unsyiah
                                                                               dianggap tidak melayani.
          melayaninya.                      mengetahui dan dapat menikmati
                                            pelayanan di rumah sakit Unsyiah   “Kalau sudah tahu prosedur insya
 alam menjalankan   benar prosedur yang berlaku,   Tanda Mahasiswa (KTM) atau   “BPJS itu gratis. Makanya saya   tersebut.   Allah layanan juga lebih optimal,”
 perannya, Rumah   “Bukan hanya di RSPN, tetapi di   menunjukkan KRS online yang   minta kepada mahasiswa Unsyiah   pungkas dr. Dian. (ib)
 Sakit Prince Nayef bin   semua rumah sakit kita harus   telah terintegrasi langsung ke   sebisa mungkin memiliki kartu
 Abdul Aziz (RSPN)   pahami prosedurnya,” ucapnya.  RSPN.  BPJS”.
 Dbekerja sesuai Standar
 Prosedur Operasional (SPO) yang   Dokter Dian mencontohkan,   “Jadi kalau ada mahasiswa   Di RSPN, fasilitas yang didapatkan   Ya termasuk prosedur-prosedurnya. Jangan
 telah disepakati. Prosedur inilah   mahasiswa Unsyiah sebenarnya   yang tidak bisa menujukkan   mahasiswa Unsyiah adalah   sampai mereka baru tahu jika di Unsyiah ada
 yang menurut Direktur RSPN, dr.   mendapatkan pelayanan gratis di   identitasnya, ya kita akan layani   rawat jalan melalui poliklinik. Jika   rumah sakit dan mereka pun tidak merasa
 Dian Adi Syahputra, Sp.BA, harus   RSPN. Tetapi ada prosedur yang   sebagai pasien umum,” ungkap dr.   terjadi kecelakaan, maka akan
 dipahami dengan baik. Pasalnya,   harus dipahami oleh mahasiswa   Dian.  ditangani Asuransi Syariah Keluarga   dipersulit
 masyarakat kerap keliru menilai   untuk memperoleh layanan   Indonesia (Asyki). Syaratnya dengan   DR. DIAN ADI SYAHPUTRA, SP.BA
 pelayanan sebuah rumah sakit   tersebut. Pertama, mahasiswa   Selanjutnya, pelayanan gratis ini   menyebutkan kronologis kejadian   DIREKTUR RSPN
 karena tidak memahami dengan   harus menunjukkan Kartu   hanya berlaku pada jam tertentu   lalu akan ditangani oleh RSPN sesuai
          kemampuan rumah sakit.




 EDISI 211 . MEI 2017                                                                             EDISI 211 . MEI 2017
   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22