Page 34 - WARTA USK
P. 34

Perspektif                                                                                                                                                                                            Perspektif





          BISNIS HEBAT


          BUMI SELAMAT












                              Noura Nadia Ulfa
                              Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USK
                              angkatan 2017/Penerima Hibah PIPM (Program
                              Inovasi Produk Mahasiswa) 2020 dengan
                              produk ‘Egobox’







            ndonesia merupakan salah         banyak orang untuk terlibat. Mata
            satu negara yang ikut            pencaharian yang semula hanya
            andil dalam pelaksanaan          bertani, kini berubah menjadi
            Sustainable Development          perkebunan organik dengan sistem
        IGoals (SDGs) untuk mendorong        swalayan yaitu petik sendiri. Begitu
          pembangunan berkelanjutan dengan   juga bisnis berbasis lingkungan                                                       Membangun bisnis tidaklah        dalam dunia bisnis juga harus      produk baru yang kreatif, produk ini
          mengutamakan pembangunan           seperti penggunaan sampah organik                                                   mudah. Terlebih bagi pemula yang   memperhatikan passion diri agar    memiliki nilai tambah mendukung
          ekonomi, sosial, dan lingkungan    yang semakin banyak ditemui. Salah                                                  kerap membayangkan keberhasilan    bisnisnya dapat bertahan lama.     konsep hidup ramah lingkungan dan
          hidup. Dalam pedoman SDGs          satunya pengolahan kulit buah                                                       penjualan tinggi tanpa risiko.        Saat ini, pertumbuhan ekonomi   membantu mengurangi sampah
          terdapat empat pilar penting, salah   kakao menjadi biskuit atau enceng                                                Banyak tantangan bisnis yang harus   dan gaya hidup sustainable living   palstik.
          satunya adalah pilar pembangunan   gondok yang dirangkai sebagai      Kaum muda berilmu                                dihadapi. Namun dengan kekuatan    menjadi target utama dalam            Bukan hanya produk berbentuk
          ekonomi. Pilar ini bertujuan untuk   kerajinan tangan. Pengolahan ini   bukan hanya                                    membangun bisnis dan keseriusan    menjalankan bisnis berbasis        barang, produk jasa pun saat ini
          mencapai pertumbuhan ekonomi       menghasilkan produk bernilai jual                                                   menciptakan produk, tantangan      lingkungan. Pengusaha muda harus   semakin dicari. Seperti jasa foto
          berkualitas melalui peluang kerja   dan seni sehingga membangkitkan   membangun bisnis                                 tersebut menjadi mudah untuk       berpikir kreatif menciptakan produk   produk atau jasa mengelola media
          dan usaha, inovasi, industri inklusif,   bisnis industri kreatif.     yang menguntungkan.                              dilewati.                          yang berasal dari sumber daya alam   sosial untuk membantu promosi
          infrastruktur memadai, energi        Pada dasarnya, bisnis kreatif    Namun, diharapkan                                  Bisnis kreatif yang semakin      atau sampah. Terlebih lagi saat ini,   sebuah produk. Kaum muda berilmu
          bersih terjangkau, dan didukung    adalah mengolah bahan baku menjadi                                                  menggeliat akhir-akhir ini,        masyarakat mulai tertarik dengan   bukan hanya membangun bisnis
          kemitraaan (sdgs.bappenas.go.id).   sebuah produk tak terduga berbasis   dapat memberi                                 mengharuskan setiap pelakunya      konsep sustainable living.         yang menguntungkan. Namun,
          Berpijak pada prinsip SDGs No      ide atau gagasan kreatif. Ide ini tentu   makna pada sebuah                         menciptakan produk baru yang          Peluang ini memberikan ruang    diharapkan dapat memberi makna
          One Left Behind, pengembangan      harus inovatif dan juga realistis. Jika                                             berbeda. Produk-produk ini harus   bagi kaum muda yang ingin memulai   pada sebuah produk sebagai wujud
          usaha dengan model usaha           hanya inovatif saja, bisnis tidak akan   produk sebagai wujud                       memiliki daya tarik bagi konsumen.   bisnis kreatif. Misalnya penggunaan   mendukung percepatan pencapaian
          baru dan produk kreatif perlu      berkembang karena konsumen tidak   mendukung percepatan                             Tentu dibutuhkan penelitian        sari pati jagung atau pelepah pisang   target SDGs 2030. Termasuk juga
          dipertimbangkan.                   mau ambil andil dan berpikir. Mereka   pencapaian target SDGs                       pasar terlebih dahulu. Selain      sebagai pengganti kantong plastik   menjadi pahlawan lingkungan yang
            Berkembangnya ekonomi kreatif    hanya menginginkan produk yang                                                      pertimbangan kebutuhan pasar,      sebagai solusi baru pembungkus     dapat menyelamatkan bumi. Bisnis
          akhir-akhir ini, telah mendorong   siap pakai.                        2030.                                            pengusaha muda yang masuk          makanan. Selain menciptakan        sukses, bumi pun selamat. []



                                                           34    JANUARI 2021                                                                                                      35   JANUARI 2021
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39