Page 30 - WARTA USK
P. 30

Riset                                                                                                                                                                                                               Riset




          Memprediksi Kehilangan



          Berat Baja Karbon Akibat Korosi






                   aja merupakan paduan
                   antara Besi (Fe) dan
                   Karbon (C) dan unsur-
                   unsur ikutan yang
        Btidak bisa dihilangkan.
          Baja dikelompokan ke dalam dua
          kelompok utama, yaitu baja karbon
          (Carbon steel) dan baja paduan
          (alloy steel). Baja karbon dapat
          dibedakan dari unsur karbon yang
          dikandungnya; baja karbon rendah (<
          0,30 %C), baja karbon sedang (0.30-
          0,55 %C) dan baja karbon tinggi
          (>0,55 %C). Semakin tinggi unsur
          karbon yang dikandungnya, semakin                                                                                      dan menghasilkan senyawa-senyawa                                      ion Fe ini dapat menghasilkan
          tinggi kekuatan tariknya.                                                                                              yang tidak dikehendaki. Salah satu                                    kehilangan berat atau penambahan
            Baja karbon yang banyak                                                                                              faktor yang mempengaruhi korosi    Salah satu                         berat, sehingga kehilangan berat
          digunakan sebagai bahan konstruksi,                                                                                    dalam lingkungan air adalah adanya   penyebab korosi                  atau penambahan berat dapat
          komponen industri, kapal laut, dan   yaitu sifat mekanik, sifat fisik, dan   korosi yang dialami oleh baja dalam       elektrolit. Lingkungan yang terlibat                                  dianalogikan sebagi fungsi waktu.
          pipa dalam tanah adalah baja karbon   sifat kimianya. Hal ini sesuai dengan   pemakainya, maka waktu layan             dalam proses korosi baja karbon    adalah kehadiran                   Kehilangan berat yang dialami
          rendah dan sedang. Penggunaan      kaedah pemilihan bahan dan proses   dapat bertambah.                                adalah dapat berupa asam, udara,   cairan yang                        baja selama dalam aplikasi dapat
          baja karbon dalam konstruksi       dalam desain dan manufaktur,          Salah satu penyebab korosi                    embun, air laut, air danau, air sungai                                dinyatakan sebagai laju korosi.
          ditentukan oleh beberapa faktor,   sehingga fungsi dan persyaratan    adalah kehadiran cairan yang                     yang disebut dengan media korosif.   mengandung sodium                Terdapat beberapa metode untuk
                                             konstruksi dapat dipenuhi dengan   mengandung sodium klorida                          Masing-masing media penyebab     klorida (NaCl). Di                 mendapatkan laju korosi. Sebagai
                                             baik dan aman.                     (NaCl). Di mana konstruksi atau                  korosi dapat dibedakan dari reaksi   mana konstruksi atau             contoh mengukur kehilangan berat
                                               Berbagai usaha telah dilakukan   komponen terbuat dari baja karbon                kimia yang dihasilkan. Reaksi                                         dan metode alektrokimia. Cara
                                             untuk meningkatkan waktu layan     diaplikasikan. Laruran NaCl adalah               tersebut menghasilkan ferro        komponen terbuat                   paling sederhana untuk pengukuran
                                             baja karbon dalam penggunaan       termasuk elektrolit kuat. Oleh karena            hidroksida yang menempel pada      dari baja karbon                   laju korosi logam adalah dengan
                                             industri. Salah satu usaha adalah   itu, mekanisme korosi baja karbon               permukaan baja karbon. Apabila                                        mengekspos logam atau sampel ke
                                             memproteksi baja karbon dari       dalam larutan NaCl perlu diketahui.              dalam elektrolit terdapat oksigen   diaplikasikan.                    dalam media uji.
                                             serangan korosi dengan pengecatan   Sesungguhnya korosi dalam larutan               terlarut, maka ferro hidroksida                                          Waktu layan adalah waktu yang
                                             atau proteksi kotodik. Korosi dapat   NaCl termasuk jenis korosi basah.             menjadi ferri hidroksida yang dikenal                                 dapat diberikan oleh logam atau
                                             menyebabkan pengurangan dimensi       Korosi adalah penurunan mutu                  dengan karat (rust).                                                  baja untuk menjalankan fungsinya.
          Prof. Dr. Ir. Nurdin Ali, Dipl.-Ing.  konstruksi sehingga menurunkan   atau degradasi logam dan paduan                   Model empiris dikembangkan                                          Perkiraan waktu layan untuk logam
          Profesor dalam Bidang Ilmu Teknik Mesin   ketahanan terhadap beban yang   logam akibat interaksi secara                berdasarkan sifat kelarutan ion                                       yang langsung kontak dengan
          Fakultas Teknik-Universitas Syiah Kuala  diterima. Pelambatan proses   elektrokimia dengan lingkungannya               Fe dalam elektrolit. Kelarutan                                        elektrolit dapat dimodelkan dengan



                                                           30    MARET 2021                                                                                                        31   MARET 2021
   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35