Page 30 - WARTA USK
P. 30
Riset Riset
Memprediksi Kehilangan
Berat Baja Karbon Akibat Korosi
aja merupakan paduan
antara Besi (Fe) dan
Karbon (C) dan unsur-
unsur ikutan yang
Btidak bisa dihilangkan.
Baja dikelompokan ke dalam dua
kelompok utama, yaitu baja karbon
(Carbon steel) dan baja paduan
(alloy steel). Baja karbon dapat
dibedakan dari unsur karbon yang
dikandungnya; baja karbon rendah (<
0,30 %C), baja karbon sedang (0.30-
0,55 %C) dan baja karbon tinggi
(>0,55 %C). Semakin tinggi unsur
karbon yang dikandungnya, semakin dan menghasilkan senyawa-senyawa ion Fe ini dapat menghasilkan
tinggi kekuatan tariknya. yang tidak dikehendaki. Salah satu kehilangan berat atau penambahan
Baja karbon yang banyak faktor yang mempengaruhi korosi Salah satu berat, sehingga kehilangan berat
digunakan sebagai bahan konstruksi, dalam lingkungan air adalah adanya penyebab korosi atau penambahan berat dapat
komponen industri, kapal laut, dan yaitu sifat mekanik, sifat fisik, dan korosi yang dialami oleh baja dalam elektrolit. Lingkungan yang terlibat dianalogikan sebagi fungsi waktu.
pipa dalam tanah adalah baja karbon sifat kimianya. Hal ini sesuai dengan pemakainya, maka waktu layan dalam proses korosi baja karbon adalah kehadiran Kehilangan berat yang dialami
rendah dan sedang. Penggunaan kaedah pemilihan bahan dan proses dapat bertambah. adalah dapat berupa asam, udara, cairan yang baja selama dalam aplikasi dapat
baja karbon dalam konstruksi dalam desain dan manufaktur, Salah satu penyebab korosi embun, air laut, air danau, air sungai dinyatakan sebagai laju korosi.
ditentukan oleh beberapa faktor, sehingga fungsi dan persyaratan adalah kehadiran cairan yang yang disebut dengan media korosif. mengandung sodium Terdapat beberapa metode untuk
konstruksi dapat dipenuhi dengan mengandung sodium klorida Masing-masing media penyebab klorida (NaCl). Di mendapatkan laju korosi. Sebagai
baik dan aman. (NaCl). Di mana konstruksi atau korosi dapat dibedakan dari reaksi mana konstruksi atau contoh mengukur kehilangan berat
Berbagai usaha telah dilakukan komponen terbuat dari baja karbon kimia yang dihasilkan. Reaksi dan metode alektrokimia. Cara
untuk meningkatkan waktu layan diaplikasikan. Laruran NaCl adalah tersebut menghasilkan ferro komponen terbuat paling sederhana untuk pengukuran
baja karbon dalam penggunaan termasuk elektrolit kuat. Oleh karena hidroksida yang menempel pada dari baja karbon laju korosi logam adalah dengan
industri. Salah satu usaha adalah itu, mekanisme korosi baja karbon permukaan baja karbon. Apabila mengekspos logam atau sampel ke
memproteksi baja karbon dari dalam larutan NaCl perlu diketahui. dalam elektrolit terdapat oksigen diaplikasikan. dalam media uji.
serangan korosi dengan pengecatan Sesungguhnya korosi dalam larutan terlarut, maka ferro hidroksida Waktu layan adalah waktu yang
atau proteksi kotodik. Korosi dapat NaCl termasuk jenis korosi basah. menjadi ferri hidroksida yang dikenal dapat diberikan oleh logam atau
menyebabkan pengurangan dimensi Korosi adalah penurunan mutu dengan karat (rust). baja untuk menjalankan fungsinya.
Prof. Dr. Ir. Nurdin Ali, Dipl.-Ing. konstruksi sehingga menurunkan atau degradasi logam dan paduan Model empiris dikembangkan Perkiraan waktu layan untuk logam
Profesor dalam Bidang Ilmu Teknik Mesin ketahanan terhadap beban yang logam akibat interaksi secara berdasarkan sifat kelarutan ion yang langsung kontak dengan
Fakultas Teknik-Universitas Syiah Kuala diterima. Pelambatan proses elektrokimia dengan lingkungannya Fe dalam elektrolit. Kelarutan elektrolit dapat dimodelkan dengan
30 MARET 2021 31 MARET 2021