Page 31 - WARTA USK
P. 31

Riset                                                                                                 Riset




 Memprediksi Kehilangan



 Berat Baja Karbon Akibat Korosi






 aja merupakan paduan
 antara Besi (Fe) dan
 Karbon (C) dan unsur-
 unsur ikutan yang
 Btidak bisa dihilangkan.
 Baja dikelompokan ke dalam dua
 kelompok utama, yaitu baja karbon
 (Carbon steel) dan baja paduan
 (alloy steel). Baja karbon dapat
 dibedakan dari unsur karbon yang
 dikandungnya; baja karbon rendah (<
 0,30 %C), baja karbon sedang (0.30-
 0,55 %C) dan baja karbon tinggi
 (>0,55 %C). Semakin tinggi unsur
 karbon yang dikandungnya, semakin   dan menghasilkan senyawa-senyawa           ion Fe ini dapat menghasilkan
 tinggi kekuatan tariknya.  yang tidak dikehendaki. Salah satu                  kehilangan berat atau penambahan
 Baja karbon yang banyak   faktor yang mempengaruhi korosi   Salah satu         berat, sehingga kehilangan berat
 digunakan sebagai bahan konstruksi,   dalam lingkungan air adalah adanya   penyebab korosi   atau penambahan berat dapat
 komponen industri, kapal laut, dan   yaitu sifat mekanik, sifat fisik, dan   korosi yang dialami oleh baja dalam   elektrolit. Lingkungan yang terlibat   dianalogikan sebagi fungsi waktu.
 pipa dalam tanah adalah baja karbon   sifat kimianya. Hal ini sesuai dengan   pemakainya, maka waktu layan   dalam proses korosi baja karbon   adalah kehadiran   Kehilangan berat yang dialami
 rendah dan sedang. Penggunaan   kaedah pemilihan bahan dan proses   dapat bertambah.   adalah dapat berupa asam, udara,   cairan yang   baja selama dalam aplikasi dapat
 baja karbon dalam konstruksi   dalam desain dan manufaktur,   Salah satu penyebab korosi   embun, air laut, air danau, air sungai   dinyatakan sebagai laju korosi.
 ditentukan oleh beberapa faktor,   sehingga fungsi dan persyaratan   adalah kehadiran cairan yang   yang disebut dengan media korosif.   mengandung sodium   Terdapat beberapa metode untuk
 konstruksi dapat dipenuhi dengan   mengandung sodium klorida   Masing-masing media penyebab   klorida (NaCl). Di   mendapatkan laju korosi. Sebagai
 baik dan aman.  (NaCl). Di mana konstruksi atau   korosi dapat dibedakan dari reaksi   mana konstruksi atau   contoh mengukur kehilangan berat
 Berbagai usaha telah dilakukan   komponen terbuat dari baja karbon   kimia yang dihasilkan. Reaksi   dan metode alektrokimia. Cara
 untuk meningkatkan waktu layan   diaplikasikan. Laruran NaCl adalah   tersebut menghasilkan ferro   komponen terbuat   paling sederhana untuk pengukuran
 baja karbon dalam penggunaan   termasuk elektrolit kuat. Oleh karena   hidroksida yang menempel pada   dari baja karbon   laju korosi logam adalah dengan
 industri. Salah satu usaha adalah   itu, mekanisme korosi baja karbon   permukaan baja karbon. Apabila   mengekspos logam atau sampel ke
 memproteksi baja karbon dari   dalam larutan NaCl perlu diketahui.   dalam elektrolit terdapat oksigen   diaplikasikan.  dalam media uji.
 serangan korosi dengan pengecatan   Sesungguhnya korosi dalam larutan   terlarut, maka ferro hidroksida   Waktu layan adalah waktu yang
 atau proteksi kotodik. Korosi dapat   NaCl termasuk jenis korosi basah.  menjadi ferri hidroksida yang dikenal   dapat diberikan oleh logam atau
 menyebabkan pengurangan dimensi   Korosi adalah penurunan mutu   dengan karat (rust).  baja untuk menjalankan fungsinya.
 Prof. Dr. Ir. Nurdin Ali, Dipl.-Ing.  konstruksi sehingga menurunkan   atau degradasi logam dan paduan   Model empiris dikembangkan   Perkiraan waktu layan untuk logam
 Profesor dalam Bidang Ilmu Teknik Mesin   ketahanan terhadap beban yang   logam akibat interaksi secara   berdasarkan sifat kelarutan ion   yang langsung kontak dengan
 Fakultas Teknik-Universitas Syiah Kuala  diterima. Pelambatan proses   elektrokimia dengan lingkungannya   Fe dalam elektrolit. Kelarutan   elektrolit dapat dimodelkan dengan



 30  MARET 2021                                             31   MARET 2021
   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36