Page 35 - WARTA USK
P. 35
Perspektif Perspektif
Kuliah Daring diberlakukan beberapa tahun yang kurang maksimal itu. beradaptasi dengan baik.
terakhir dalam sistem pendidikan
Adapun terkait sarana dan
Kepala Badan Pengkajian
Bagian Transformasi Digital di Indonesia. USK sendiri telah prasarana, pembelajaran daring itu dan Penerapan Teknologi (BPPT)
sendiri akan mudah jika didukung
menerapkan sistem E-learning sejak
Republik Indonesia, Dr. Ir.
tahun 2008. Namun, pembelajaran
dan gawai yang memadai. Dalam
daring di masa pandemi Covid-19 dengan jaringan internet yang kuat Hammam Riza M.Sc, IPU, dalam
berbagai kesempatan bahwasanya
telah membuat kaget hampir di berbagai kasus, domisili mahasiswa transformasi digital merupakan
semua wilayah, baik dalam negeri di Aceh yang berbeda-beda letak upaya kita untuk mengubah
maupun luar negeri. geografisnya turut menjadi kendala budaya kerja, dari konvensional
Keterkejutan itu dipicu oleh untuk mendapatakan akses sinyal menuju digitalisasi. Oleh karena
Didi Rachmadi
Alumni Magister Pendidikan Olah Raga, sistem perkuliahan secara yang baik. itu, perspektif bahwa transformasi
Universitas Syiah Kuala daring yang belum sepenuhnya Memasuki satu tahun sistem digital sejatinya bukanlah tentang
mendapatkan formula tepat secara perkuliahan daring, meskip belum bisnis atau teknologi semata, tetapi
keseluruhan. Misalnya terkait sepenuhnya berjalan dengan lagi-lagi tentang budaya kerja.
pembelajaran pada prodi-prodi lancar, kita harapkan pada tahun Pada saat diri kita bekerja
yang banyak membutuhkan praktik ke dua ini secara perlahan mulai di kantor maupun belajar di
langsung. Tentu hal ini menjadi mendapatkan pola yang ideal. Hal ruang kelas secara fisik, maka
abah Covid-19 yang problema tersendiri. Meski demikian, tersebut bisa diwujudkan dengan nantinya akan berubah dengan
sedang melanda kuliah daring menjadi solusi paling adanya diskusi-diskusi antara menggunakan physical hardware.
dunia saat ini aman untuk tetap menjalankan mahasiswa dan dosen untuk Jadi meskipun tidak adanya pandemi
mengharuskan kegiatan belajar-mengajar di tengah membicarakan kembali kontrak Covid-19, transformasi digital tetap
Wmasyarakat untuk penyebaran Covid-19 yang semakin belajar pada kondisi darurat sperti akan menuju ke arah sana. Hanya
menerapkan social distancing. meluas. Tentu pembelajaran dengan ini. Sedangkan bagi para pengajar saja pandemi ini mempercepat hal
Imbasnya ada banyak sekali institusi sistem online ini selalu muncul sendiri perlu juga mengevaluasi itu terealisasi.
terpaksa melakukan transformasi polemik yang tidak pernah habis dan memodifikasi ulang rencana Terhadap pembelajaran daring
ke arah digital. Sektor pendidikan Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng untuk didiskusikan. pembelajaran, guna menyesuaikan yang masih berlangsung hingga
merupakan salah satu institusi IPU, pada pertengahan Maret 2020, Dari banyak diskusi, dialog dan proporsi. Materi pembelajaran kini, kita perlu menyikapinya
yang dituntut agar berintegrasi mengeluarkan surat edaran tentang Terhadap postingan yang berseliwerang pun secara umum lebih banyak dengan bijak. Meskipun
dengan cepat terhadap perubahan protokol pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring di dunia maya, pada awal-awal yang bersifat fleksibel untuk dapat pembelajaran tatap muka memiliki
layanan digitalisasi tersebut, akademik dan nonakademik. Rektor yang masih berlangsung penerapan kuliah daring sering dibagikan melalui platform daring, banyak keunggulan, akan tetapi
guna memutuskan mata rantai menjelaskan, sebelumnya USK hingga kini, kita perlu muncul sorotan terkait kesiapan berupa video praktis dan lain sikap disiplin dan patuh terhadap
penyebaran virus yang ditimbulkan telah memberlakukan pembelajaran menyikapinya dengan infrastruktur penunjang, sebagainya. protokol kesehatan mesti menjadi
dari berbagai aktivitas tatap muka. daring selama dua minggu, terhitung bijak. Meskipun kemampuan penguasaan teknologi, Melihat dalam cakupan yang prioritas utama kita semua. Oleh
Pada awal merebaknya kasus mulai tanggal 17-30 Maret 2020. pembelajaran tatap hingga kemampuan finansial lebih luas, kondisi Covid-19 yang karena itu, saya mengajak para
Covid-19, pelbagai perguruan tinggi Namun, ada beberapa hal yang muka memiliki banyak mahasiswa untuk mengikuti sedang kita jalani ini selayaknya mahasiswa untuk bersama-sama
yang ada di tanah air terus mencoba menjadi pertimbangan sehingga pembelajaran yang terpaksa menjadi timing yang tepat bagi mengikuti kuliah daring dengan
melakukan langkah-langkah masa pembelajaran online baik keunggulan, akan tetapi diterapkan pada masa pandemi perguruan tinggi untuk merumuskan sepenuh hati. Ini semua agar kita
preventif sebagai upaya pencegahan melalui WA Grup, Google Class, sikap disiplin dan patuh ini. Tidak sedikit mahasiswa yang Standart Operasional Prosedur tetap bisa mendapatkan ilmu
penyebaran virus. Salah satunya Zoom, dan aplikasi pendukung terhadap protokol merasa bahwa penyampaian dalam melakukan kuliah daring. secara maksimal dengan segala
Universitas Syiah Kuala (USK) Banda lainnya harus diperpanjang sampai kesehatan mesti materi kurang mengena. Tentu Apabila nantinya terjadi peristiwa keterbatasannya, serta penyebaran
Aceh, yang langsung menghentikan akhir semester genap 2019/2020. menjadi prioritas utama ada banyak sekali faktor yang turut serupa, perangkat dan ekosistem Covid-19 dapat segera teratasi,
pembelajaran secara tatap muka. Sebenarnya pembelajaran mempengaruhi sehingga berujung kuliah sudah bertransformasi ke sampai hilang di atas permukaan
Rektor Universitas Syiah Kuala, teknologi informasi telah pada tingkat pemahaman materi dalam bentuk digital dan mampu bumi ini. Semoga! []
34 MARET 2021 35 MARET 2021