Page 18 - WARTA USK
P. 18

Mutu                                                                                                                                                                                                                Mutu




          E-Learning; Metode                                                                                                     mahasiswa karena model             Penerapan E-learning               dari separuh responden menilai
                                                                                                                                                                                                          Secara keseluruhan, lebih
                                                                                                                                 e-learning yang satu arah. Hal
                                                                                                                                                                    di Indonesia
          Pembelajaran Masa Depan                                                                                                ini akan susah mendapatkan         RISET terbaru yang dilakukan The   pemantauan dari petinggi universitas
                                                                                                                                                                                                       atas pelaksanaan e-learning pada
                                                                                                                                 penjelasan lebih lanjut mengenai
                                                                                                                                                                    Conservation−portal sumber berita
                                                                                                                                 materi yang sukar dipahami
                                                                                                                                 oleh mahasiswa. Kekurangan         dan analisis yang independen dari   masa pandemi Covid-19 ini berjalan
                                                                                                                                                                                                       sangat baik. Sementara itu ketika
                                                                                                                                                                    akademisi dan komunitas peneliti−
                                                                                                                                 e-learning selanjutnya materi yang   menunjukkan bahwa e-learning bisa   ditanyakan mengenai persentase
                                                                                                                                 diajarkan direspon berdasarkan     menjadi masa depan pembelajaran    mata kuliah yang perlu dipertahankan
                 aman yang serba modern                                                                                          tingkat pemahaman yang             perguruan tinggi di Indonesia selepas   lewat e-learning, mayoritas
                 sekarang ini menuntut                                                                                           berbeda-beda tergantung kepada     pandemi. Survei tersebut melibatkan   responden memilih antara 50-75
                 sistem pendidikan dan                                                                                           kemampuan si pengguna. Ada         682 responden dari beberapa        persen dari seluruh mata kuliah bisa
         Zpembelajaran di kampus                                                                                                 yang cepat menangkap dan ada       perguruan tinggi negeri dan juga   disampaikan melalui e-learning.
          harus terus up-to-date dan efektif                                                                                     yang tidak. Kekurangan terakhir    swasta di Pulau Jawa, Sumatra,     Sedangkan, hampir sepertiga dari
          serta efisien. Salah satu metode                                                                                       kurangnya fokus bagi sebagian      Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan   responden merasa hanya 30-50
          pembelajaran adalah berbasis                                                                                           mahasiswa selama proses            Papua. Riset dilakukan selama bulan   persen dari mata kuliah yang masih
          e-learning, yaitu suatu sistem                                                                                         e-learning.                        April 2020 dengan menyebarkan      bisa menggunakan metode daring.
          atau konsep pendidikan yang                                                                                              Melihat kelebihan dan            survei online ke seluruh Indonesia.   Hasil survei tersebut menunjukkan
          memanfaatkan teknologi informasi                                                                                       kekurangannya, e-learning          Lebih dari 70 persen dari responden   bahwa e-learning bisa menjadi masa
          dalam proses belajar mengajar.                                                                                         bisa menjadi alternatif model      adalah mahasiswa, sisanya dosen dan   depan pendidikan tinggi di Indonesia.
            Selama pendemi Covid-19 yang                                                                                         pembelajaran baru yang             petinggi universitas.                 The Conservation juga
          terjadi semenjak akhir tahun 2019,                                                                                     memaksimalkan peran mahasiswa         Mayoritas responden             merekomendasikan tiga hal, yaitu
          sistem e-learning sudah diterapkan                                                                                     dalam proses pembelajaran dengan   mengapresiasi baik keputusan       dosen harus dibekali keterampilan
          di perguruan tinggi. Berbagai                                                                                          sensasi belajar yang berbeda. Begitu   manajemen perguruan tinggi     pembelajaran yang interaktif, dosen
          media dimanfaatkan dalam proses                                                                                        juga bagi dosen selaku tenaga      melakukan pembelajaran dengan      juga harus dibekali kecakapan teknis,
          e-learning seperti komputer,                                                                                           pendidik. Keberadaan e-learning    metode daring selama pandemi.      dan memperbaiki fasilitas online
          smartphone, dan internet yang      menyimpan atau memunculkan         dengan tempat dan waktu, bahan                   memberi dampak baru dan harus      Mereka juga menilai kualitas       learning.
          didukung juga dengan software-     kembali, mendistribusikan, dan     pembelajaran pun mudah diakses                   mampu beradaptasi dengan cara      dosen dan fasilitas yang ada cukup    Sejauh perkembangan
          nya. Menurut Rosenberg (2001)      sharing pembelajaran dan informasi.   peserta e-learning berulang kali.             pengajaran yang disampaikan        mendukung pelaksanaan kuliah       e-learning sampai saat ini, berbagi
          karakteristik e-learning bersifat   Hal ini merupakan transformasi    Namun, untuk penguasaan materi                   berbeda dengan gaya konvensional.   melalui metode daring.            platform sudah digunakan dalam
          jaringan yang membuatnya mampu     pembelajaran yang dulunya          sangat tergantung pada semangat                  Kemudian diperlukan keahlian dalam    Dalam surveinya tersebut, lebih   proses e-learning seperti Zoom,
          memperbaiki secara cepat,          dilakukan secara manual menjadi    dan daya serap mahasiswanya, bisa                menyediakan materi pembelajaran    dari separuh responden menilai     Google Classroom, Edmodo,
                                             berbasis teknologi dan informasi.  dimonitor dan diuji dengan e-test.               yang menarik untuk digunakan       perencanaan dan pelaksanaan online   Youtube dan sebagainya. Bahkan,
                                               Dalam proses e-learning             Selain memiliki kelebihan,                    melalui e-learning.                learning di lingkungan kampus      di Indonesia ada platform yang
                                             memiliki banyak kelebihan di       e-learning juga memiliki beberapa                  Ada tiga faktor penting yang     mereka sudah sangat baik. Hampir   sudah direkomendasikan oleh
                                             antaranya memberikan fleksibilitas,   kekurangan seperti terbatasnya                mendukung pembelajaran e-learning   60 persen dari separuh responden   Kemendikbud yaitu Rumah Belajar,
                                             interaktivitas, kecepatan, dan     akses internet bagi yang berada di               agar berjalan lancar, yaitu sumber   juga mengatakan bahwa kualitas   Meja Kita, Icando, IndonesiaX,
                                             visualisasi melalui berbagai       daerah yang tidak mendapatkan                    daya manusia yang handal, sarana   pembelajaran online learning sama   Google for Education, Kelas Pintar,
                                             kelebihan dari masing-masing       jangkauan internet tidak stabil.                 dan prasarana pendukung, serta     baiknya dengan kelas biasa.        Microsoft Ofice 365, Quipper School,
                                             media (Sujana, 2005:253). E-learning   Kemudian biaya akses internet yang           implementasi pembelajaran.         Selain itu, mayoritas responden    Ruangguru, Sekolahmu, Zenius, dan
                                             menjadi lebih efektif karena mudah   masih tergolong mahal juga menjadi             Pembelajaran e-learning bisa       juga menyepakati bahwa tujuan      Cisco Webex. Dari platform di atas
          Fakhrurrazi, S.E., M.M             diserap dengan adanya fasilitas    kendala.                                         berjalan dengan maksimal ketika    pembelajaran juga tercapai         ada yang bisa video conference, ada
          Anggota Pusat Pengembangan Standar Mutu                                                                                tiga faktor tersebut bisa saling                                      yang bisa memposting materi, dan
          Pendidikan dan Kurikulum LP3M USK/Dosen   multimedia berupa video, gambar,   Kendala selanjutnya kurangnya                                                dengan baik meski dilakukan lewat
          Fakultas FEB USK                   suara, dan teks. Selain fleksibel   interaksi antara dosen dan                      mendukung.                         pembelajaran daring.               ada yang memiliki ruang diskusi. []



                                                            18   JULI 2021                                                                                                         19   JULI 2021
   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23