Page 19 - WARTA USK
P. 19

Mutu                                                                                                  Mutu




 E-Learning; Metode  mahasiswa karena model   Penerapan E-learning              dari separuh responden menilai
                                                                                   Secara keseluruhan, lebih
          e-learning yang satu arah. Hal
                                             di Indonesia
 Pembelajaran Masa Depan  ini akan susah mendapatkan   RISET terbaru yang dilakukan The   pemantauan dari petinggi universitas
                                                                                atas pelaksanaan e-learning pada
          penjelasan lebih lanjut mengenai
                                             Conservation−portal sumber berita
          materi yang sukar dipahami
          oleh mahasiswa. Kekurangan         dan analisis yang independen dari   masa pandemi Covid-19 ini berjalan
                                                                                sangat baik. Sementara itu ketika
                                             akademisi dan komunitas peneliti−
          e-learning selanjutnya materi yang   menunjukkan bahwa e-learning bisa   ditanyakan mengenai persentase
          diajarkan direspon berdasarkan     menjadi masa depan pembelajaran    mata kuliah yang perlu dipertahankan
 aman yang serba modern   tingkat pemahaman yang   perguruan tinggi di Indonesia selepas   lewat e-learning, mayoritas
 sekarang ini menuntut   berbeda-beda tergantung kepada   pandemi. Survei tersebut melibatkan   responden memilih antara 50-75
 sistem pendidikan dan   kemampuan si pengguna. Ada   682 responden dari beberapa   persen dari seluruh mata kuliah bisa
 Zpembelajaran di kampus   yang cepat menangkap dan ada   perguruan tinggi negeri dan juga   disampaikan melalui e-learning.
 harus terus up-to-date dan efektif   yang tidak. Kekurangan terakhir   swasta di Pulau Jawa, Sumatra,   Sedangkan, hampir sepertiga dari
 serta efisien. Salah satu metode   kurangnya fokus bagi sebagian   Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan   responden merasa hanya 30-50
 pembelajaran adalah berbasis   mahasiswa selama proses   Papua. Riset dilakukan selama bulan   persen dari mata kuliah yang masih
 e-learning, yaitu suatu sistem   e-learning.  April 2020 dengan menyebarkan    bisa menggunakan metode daring.
 atau konsep pendidikan yang   Melihat kelebihan dan   survei online ke seluruh Indonesia.   Hasil survei tersebut menunjukkan
 memanfaatkan teknologi informasi   kekurangannya, e-learning   Lebih dari 70 persen dari responden   bahwa e-learning bisa menjadi masa
 dalam proses belajar mengajar.  bisa menjadi alternatif model   adalah mahasiswa, sisanya dosen dan   depan pendidikan tinggi di Indonesia.
 Selama pendemi Covid-19 yang   pembelajaran baru yang   petinggi universitas.     The Conservation juga
 terjadi semenjak akhir tahun 2019,   memaksimalkan peran mahasiswa   Mayoritas responden   merekomendasikan tiga hal, yaitu
 sistem e-learning sudah diterapkan   dalam proses pembelajaran dengan   mengapresiasi baik keputusan   dosen harus dibekali keterampilan
 di perguruan tinggi. Berbagai   sensasi belajar yang berbeda. Begitu   manajemen perguruan tinggi   pembelajaran yang interaktif, dosen
 media dimanfaatkan dalam proses   juga bagi dosen selaku tenaga   melakukan pembelajaran dengan   juga harus dibekali kecakapan teknis,
 e-learning seperti komputer,   pendidik. Keberadaan e-learning   metode daring selama pandemi.   dan memperbaiki fasilitas online
 smartphone, dan internet yang   menyimpan atau memunculkan   dengan tempat dan waktu, bahan   memberi dampak baru dan harus   Mereka juga menilai kualitas   learning.
 didukung juga dengan software-  kembali, mendistribusikan, dan   pembelajaran pun mudah diakses   mampu beradaptasi dengan cara   dosen dan fasilitas yang ada cukup   Sejauh perkembangan
 nya. Menurut Rosenberg (2001)   sharing pembelajaran dan informasi.   peserta e-learning berulang kali.   pengajaran yang disampaikan   mendukung pelaksanaan kuliah   e-learning sampai saat ini, berbagi
 karakteristik e-learning bersifat   Hal ini merupakan transformasi   Namun, untuk penguasaan materi   berbeda dengan gaya konvensional.   melalui metode daring.  platform sudah digunakan dalam
 jaringan yang membuatnya mampu   pembelajaran yang dulunya   sangat tergantung pada semangat   Kemudian diperlukan keahlian dalam   Dalam surveinya tersebut, lebih   proses e-learning seperti Zoom,
 memperbaiki secara cepat,   dilakukan secara manual menjadi   dan daya serap mahasiswanya, bisa   menyediakan materi pembelajaran   dari separuh responden menilai   Google Classroom, Edmodo,
 berbasis teknologi dan informasi.  dimonitor dan diuji dengan e-test.  yang menarik untuk digunakan   perencanaan dan pelaksanaan online   Youtube dan sebagainya. Bahkan,
 Dalam proses e-learning   Selain memiliki kelebihan,   melalui e-learning.  learning di lingkungan kampus   di Indonesia ada platform yang
 memiliki banyak kelebihan di   e-learning juga memiliki beberapa   Ada tiga faktor penting yang   mereka sudah sangat baik. Hampir   sudah direkomendasikan oleh
 antaranya memberikan fleksibilitas,   kekurangan seperti terbatasnya   mendukung pembelajaran e-learning   60 persen dari separuh responden   Kemendikbud yaitu Rumah Belajar,
 interaktivitas, kecepatan, dan   akses internet bagi yang berada di   agar berjalan lancar, yaitu sumber   juga mengatakan bahwa kualitas   Meja Kita, Icando, IndonesiaX,
 visualisasi melalui berbagai   daerah yang tidak mendapatkan   daya manusia yang handal, sarana   pembelajaran online learning sama   Google for Education, Kelas Pintar,
 kelebihan dari masing-masing   jangkauan internet tidak stabil.   dan prasarana pendukung, serta   baiknya dengan kelas biasa.   Microsoft Ofice 365, Quipper School,
 media (Sujana, 2005:253). E-learning   Kemudian biaya akses internet yang   implementasi pembelajaran.   Selain itu, mayoritas responden   Ruangguru, Sekolahmu, Zenius, dan
 menjadi lebih efektif karena mudah   masih tergolong mahal juga menjadi   Pembelajaran e-learning bisa   juga menyepakati bahwa tujuan   Cisco Webex. Dari platform di atas
 Fakhrurrazi, S.E., M.M  diserap dengan adanya fasilitas   kendala.   berjalan dengan maksimal ketika   pembelajaran juga tercapai   ada yang bisa video conference, ada
 Anggota Pusat Pengembangan Standar Mutu   tiga faktor tersebut bisa saling     yang bisa memposting materi, dan
 Pendidikan dan Kurikulum LP3M USK/Dosen   multimedia berupa video, gambar,   Kendala selanjutnya kurangnya   dengan baik meski dilakukan lewat
 Fakultas FEB USK  suara, dan teks. Selain fleksibel   interaksi antara dosen dan   mendukung.  pembelajaran daring.  ada yang memiliki ruang diskusi. []



 18  JULI 2021                                              19   JULI 2021
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24