Page 34 - Warta USK Februari 2023
P. 34

PERSPEKTIF                                                                                                                                                                                            PERSPEKTIF






            ChatGPT                                                                                                              kemampuan bernalar kritis mahasiswa
                                                                                                                                 sudah terkikis dengan kemudahan mencari
                                                                                                                                 informasi di internet. Sebagian besar dari
                                                                                                                                 mereka tidak bisa terlepas dari smartphone.
                                                                                                                                 Alih-alih memikirkan jawaban dengan modah
            dan Tantangan Dunia Pendidikan                                                                                       pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki,
                                                                                                                                 para mahasiswa umumnya mengandalkan
                                                                                                                                 jawaban dari Google. Lalu bagaimana ketika
                                                                                                                                 teknologi yang semakin membantu ini semakin
                                                                                                                                 eksis dalam dunia pendidikan? Apa lagi yang
                                                                                                                                 akan ‘dicuri’ dari mereka dengan bantuan
                                                                                                                                 perangkat tersebut? Pandangan ini tentu
                                                                                                                                 menentang penggunaan chatbot berbasis AI ini
                                                                                                                                 dalam dunia pendidikan sebab membuntukan
                                                                                                                                 kemampuan berpikir dan menulis.
                                                                                                                                   Namun di sisi lain, kehadiran chatbot ini
                                                                                                                                 justru menguntungkan dan menggunakannya
          Uswatun Nisa, M.A.                                                                                                     dalam dunia pendidikan dapat dilumrahkan.                         dipecahkan sehingga menghasilkan output
          Dosen Ilmu Komunikasi FISIP USK                                                                                        Sama halnya Ketika mahasiswa menggunakan                          baru. Pendidik tidak boleh fokus terhadap
                                                                                                                                 kalkulator atau komputer dalam pembelajaran.   Hadirnya           jawaban normatif saja, tetapi jawaban
                                                                                                                                 Hal yang selama ini selalu dipraktikkan ketika                    substansi yang memiliki kejelasan konteks.
                  eberapa waktu ini, ChatGPT                                                                                     semua mahasiswa menggenggam hp-nya       chatbot ini                 Pendidik sekarang harus mampu
                  berbasis AI yang diluncurkan                                                                                   sepanjang waktu. Sama juga halnya dengan   dikhawatirkan          mendesain pertanyaan yang tidak mudah
                  oleh Open AI terus menjadi                                                                                     ahli biologi yang menggunakan mikroskop dan                       dijawab kecerdasan buatan. Pendidik harus
                  perbincangan, termasuk di                                                                                      astronom menggunakan teleskop.           memancing                menaikkan level kecerdasan pertanyaan
        Bkalangan dunia pendidikan.                                                                                                Namun yang harus diubah saat ini adalah   mahasiswa             yang bukan menghafal data dan fakta, tetapi
          Di media sosial, chatbot ini sangat                                                                                    standar nilainya. Tuntutan terhadap hasil                         mengajak berpikir.
          populer karena kemampuan yang                                                                                          berpikir mahasiswa yang harus ditingkatkan.   untuk tidak            Di samping itu, pembinaan karakter
          dimilikinya. ChatGPT dapat memberikan   bahasa pengantarnya.          ternyata jauh dari kebenaran. Apakah             Percuma melarang mahasiswa menggunakan   lagi berpikir            tetaplah yang utama. Pengajaran dari
          jawaban luwes ketika seseorang       Kalangan pendidikan pun mulai    hal ini akan disadari oleh pengguna              teknologi sebab pengajar pun terkadang                            segi inilah yang menjadi penentu utama
          mengirimkan pertanyaan atau perintah   bereaksi. Profesor dari Wharton   yang tidak kritis?                            menggunakan teknologi untuk keperluan    kritis dan               dalam menyukseskan tujuan pendidikan.
          untuk membuat sesuatu dalam bentuk   Business School di Universitas      OpenAI juga pernah menyatakan                 pengajaran. Namun para pengajar harus    menghilangkan            Perlu memupuk karakter percaya diri dan
          teks. ChatGPT mampu memberikan     Pennsylvania Amerika Serikat, Christian   pihaknya tidak ingin ChatGPT digunakan    memahami tujuan mengizinkan penggunaan   kemampuan                kreatif sehingga mahasiswa mengurangi
          jawaban terstruktur dan baik. Bahkan   Terwiesch, pernah melakukan tes dan   untuk tujuan yang menyesatkan dalam       teknologi itu. Sebagai contoh hanya untuk                         ketergantungannya pada teknologi.
          juga mampu mengerjakan ringkasan,   mendapati bot ChatGPT3 ini mampu   dunia pendidikan. Perusahaan telah              membantu mahasiswa mendapatkan bahan     berpikir dan             Tumbuhkan keyakinan bahwa mereka
          tugas artikel, essai, dan karya ilmiah.  lulus dengan nilai antara B dan B- pada   mengembangkan mitigasi untuk        dan data saja. Jangan sampai mengizinkan   menulis.               berbakat, memiliki nilai tambah, sehingga
            ChatGPT dilaporkan telah         ujian program inti MBA-nya. Chatbot   membantu siapa pun mengidentifikasi           mahasiswa menyerahkan semua tugasnya                              tidak takut pada perbedaan dan menganggap
          melampaui rekor Instagram dan TikTok   ini mengungguli sebagian besar   teks yang dihasilkan. Namun                    ke mesin dan menerimanya mentah-mentah.                           perbedaan pandangan merupakan sesuatu
          dalam akuisisi penggunanya. Hal ini   mahasiswa yang ikut dalam kuliah   pertanyaannya, apakah semua orang             Di sinilah tantangan seorang pendidik.                            yang kaya. Sebab yang harus disadari
          sungguh menakjubkan. Bahkan dalam   tersebut. Walau dalam soal perhitungan   punya kemauan untuk melakukan             Pembelajaran saat ini harus ditujukan ke arah                     banyak mahasiswa mampu, tetapi memiliki
          kurun dua bulan, ChatGPT berhasil   masih banyak ditemukan kesalahan.  identifikasi ulang dari jawaban ChatGPT?        kreasi atau penciptaan. Boleh saja mahasiswa                      rasa percaya diri yang rendah. Banyak yang
          mengumpulkan 100 juta pengguna.      Namun secara keseluruhan chatbot    Hadirnya chatbot ini dikhawatirkan            mendapatkan semua jawaban dari pertanyaan                         mampu, tetapi malas. Ada juga yang mampu,
          Lantas bagaimana jika aplikasi ini   ini juga tidaklah sempurna. ChatGPT   memancing mahasiswa untuk tidak             melalui AI. Namun ajak mahasiswa untuk                            tetapi memerlukan motivasi untuk belajar.
          dipergunakan dalam pendidikan      masih rentan memunculkan kesalahan   lagi berpikir kritis dan menghilangkan         berpikir lagi, arahkan mereka untuk mengolah                      Inilah tugas yang harus diselesaikan para
          Indonesia?  Terlebih aplikasi ini telah   informasi dan bias. Banyak jawaban   kemampuan berpikir dan menulis.         kembali jawaban tersebut, sehingga jawaban                        pengajar di tengah gempuran teknologi yang
          menyediakan bahasa Indonesia sebagai   yang terlihat meyakinkan, tetapi   Kenyataan sebelum hadirnya ChatGPT,          tadi kembali menjadi pertanyaan yang harus                        semakin menggampangkan. []




          34  Warta USK Februari 2023                                                                                                                                                                              Warta USK Februari 2023 35
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39