Page 35 - Warta USK Desember 2023
P. 35
PERSPEKTIF PERSPEKTIF
Membangun Kepedulian masa depan. Dengan demikian, peran
arsip buka hanya sebagai rekam
Terhadap Arsip Bencana jejak. Melainkan menjadi instrumen
yang mendukung tumbuh kembang
masyarakat di tengah kondisi alam yang
tak terduga.
Ihwan bukan satu-satunya pemateri
bencana tsunami Aceh yang terjadi dalam kegiatan Memory Talk. Kegiatan
26 Desember 2004 silam. tersebut juga menghadirkan pegiat
Kegiatan ini bukan semata literasi, Raihan Lubis dan akademisi
membahas bencana tsunami. bidang kebencanaan, Alfi Rahman.
Namun lebih menekankan pada arsip Raihan dalam pemaparannya
dan literasi kebencanaan. Ihwan menekankan pemahaman bencana bagi
mengatakan saat ini pemahaman masyarakat harus terus digalakkan,
masyarakat Aceh tentang arsip salah satunya melalui literasi. Walau
bencana masih sangat minim. masyarakat sudah terbiasa hidup di
Masyarakat cenderung mengenal daerah bencana, namun faktanya tidak
arsip sebagai potret masa lalu yang semua dari mereka mendapatkan musibah itu. Mereka tidak akan tahu
berguna untuk mengingatkan suatu edukasi tepat bagaimana hidup di Arsip bukan bagaimana dahsyatnya tsunami Aceh jika
kejadian. Padahal peranan arsip daerah rawan bencana. Memperkuat semata kumpulan tidak melihat PLTD Kapal Apung. Mereka
lebih dari itu. Jika dimanfaatkan literasi bencana menjadi tugas bersama dokumen dan tidak akan tahu jumlah korban tsunami
secara maksimal, arsip dapat yang harus dikerjakan. jika tidak berkunjung ke Museum
berkontribusi banyak untuk masa Gerakan literasi akan lebih lengkap informasi semata. Tsunami Aceh atau kuburan massal.
depan. Masyarakat dapat bertindak dilakukan jika didukung dengan Arsip juga menjadi Namun semakin lama kenangan-
lebih baik dalam merespon bencana. pemahaman arsip yang mendalam. kenangan itu akan memudar dan
“Karena tanpa arsip kita tidak bisa Arsip bukan semata kumpulan Karena mempelajari arsip merupakan kunci untuk terlupakan. Generasi muda berperan
mengenang apa-apa. Ingatan yang kita dokumen dan informasi semata. langkah pertama agar seseorang dapat membangun untuk kembali membangkitkan arsip
miliki tidak mampu meng-cover setiap detail Arsip juga menjadi kunci untuk teredukasi dan mengedukasi. Arsip ketahanan dan sejarah dengan cara yang berbeda
kejadian penting yang terjadi”. membangun ketahanan dan dan literasi kebencanaan tidak dapat sesuai perkembangan zaman. Dengan
pembelajaran dari pengalaman dipisahkan dan menjadi kunci untuk pembelajaran demikian semangat generasi muda untuk
alimat tersebut diungkapkan bencana. Keberadaan arsip yang meningkatkan kesiapsiagaan dan dari pengalaman mempelajari sejarah akan terus bangkit.
oleh Muhammad Ihwan, Kepala Uswatun Nisa, M.A. baik dapat memberikan pondasi resiliensi komunitas. bencana Generasi muda memiliki peran sentral
Balai Arsip Tsunami Aceh (BAST) Dosen Ilmu Komunikasi, kokoh untuk mengevaluasi Hal lain yang bisa direnungkan dari dalam merawat arsip dan membangun
ANRI, ketika menjelaskan FISIP USK pascabencana, mengidentifikasi Memory Talk adalah bagaimana peran literasi kebencanaan. Hal terpenting yang
Kpentingnya arsip dalam pola dan tren, serta mengarahkan pemuda dalam merevitalisasi arsip harus ditanamkan adalah kesadaran akan
merawat memori bencana. Penjelasan ini ia kebijakan kesiapsiagaan bencana. Arsip tsunami sangat penting pentingnya kedua hal tersebut. Karena
sampaikan di acara Memory Talk, Merawat menghadapi bencana di masa depan. untuk dipelajari oleh generasi muda. tak bisa dielakkan bahwa arsip tsunami
Memori; Catatan dari Tsunami 2004 yang Merawat arsip berarti mewarisi Karena setiap orang akan memahami hal telah membantu untuk mengabarkan,
diselenggarakan Pusat Riset Ilmu Sosial pengetahuan berharga bagi yang berbeda tentang tsunami. Tugas memahami, merasakan, dan menjadi
dan Budaya (PRISB) Universitas Syiah generasi mendatang. Selain itu arsip adalah memberikan pemahaman media belajar. Dengan demikian
Kuala (USK), Sabtu 16 Desember 2023 di juga membentuk memori kolektif sesuai dengan kenyataan. Gen muda seseorang dapat terus merawat masa lalu
Shophie’s Sunset Library, Lhoknga, Aceh sekaligus pembelajaran yang dapat lahir setelah tsunami dan mereka tidak dan menjadikannya pembelajaran saat
Besar. Kegiatan ini digelar untuk mengenang digunakan untuk membangun memiliki pemahaman nyata tentang menghadapi bencana. []
34 Warta USK Desember 2023 Warta USK Desember 2023 35