Page 35 - Warta USK Desember 2023
P. 35

PERSPEKTIF                                                                                PERSPEKTIF





 Membangun Kepedulian  masa depan. Dengan demikian, peran

          arsip buka hanya sebagai rekam
 Terhadap Arsip Bencana  jejak. Melainkan menjadi instrumen
          yang mendukung tumbuh kembang
          masyarakat di tengah kondisi alam yang
          tak terduga.
            Ihwan bukan satu-satunya pemateri
 bencana tsunami Aceh yang terjadi   dalam kegiatan Memory Talk. Kegiatan
 26 Desember 2004 silam.  tersebut juga menghadirkan pegiat
 Kegiatan ini bukan semata   literasi, Raihan Lubis dan akademisi
 membahas bencana tsunami.   bidang kebencanaan, Alfi Rahman.
 Namun lebih menekankan pada arsip   Raihan dalam pemaparannya
 dan literasi kebencanaan. Ihwan   menekankan pemahaman bencana bagi
 mengatakan saat ini pemahaman   masyarakat harus terus digalakkan,
 masyarakat Aceh tentang arsip   salah satunya melalui literasi. Walau
 bencana masih sangat minim.   masyarakat sudah terbiasa hidup di
 Masyarakat cenderung mengenal   daerah bencana, namun faktanya tidak
 arsip sebagai potret masa lalu yang   semua dari mereka mendapatkan        musibah itu. Mereka tidak akan tahu
 berguna untuk mengingatkan suatu   edukasi tepat bagaimana hidup di   Arsip bukan   bagaimana dahsyatnya tsunami Aceh jika
 kejadian. Padahal peranan arsip   daerah rawan bencana. Memperkuat   semata kumpulan   tidak melihat PLTD Kapal Apung. Mereka
 lebih dari itu. Jika dimanfaatkan   literasi bencana menjadi tugas bersama   dokumen dan   tidak akan tahu jumlah korban tsunami
 secara maksimal, arsip dapat   yang harus dikerjakan.                      jika tidak berkunjung ke Museum
 berkontribusi banyak untuk masa   Gerakan literasi akan lebih lengkap   informasi semata.   Tsunami Aceh atau kuburan massal.
 depan. Masyarakat dapat bertindak   dilakukan jika didukung dengan   Arsip juga menjadi   Namun semakin lama kenangan-
 lebih baik dalam merespon bencana.  pemahaman arsip yang mendalam.         kenangan itu akan memudar dan
 “Karena tanpa arsip kita tidak bisa   Arsip bukan semata kumpulan   Karena mempelajari arsip merupakan   kunci untuk   terlupakan. Generasi muda berperan
 mengenang apa-apa. Ingatan yang kita   dokumen dan informasi semata.   langkah pertama agar seseorang dapat   membangun   untuk kembali membangkitkan arsip
 miliki tidak mampu meng-cover setiap detail   Arsip juga menjadi kunci untuk   teredukasi dan mengedukasi. Arsip   ketahanan dan   sejarah dengan cara yang berbeda
 kejadian penting yang terjadi”.  membangun ketahanan dan   dan literasi kebencanaan tidak dapat   sesuai perkembangan zaman. Dengan
 pembelajaran dari pengalaman   dipisahkan dan menjadi kunci untuk   pembelajaran   demikian semangat generasi muda untuk
 alimat tersebut diungkapkan   bencana. Keberadaan arsip yang   meningkatkan kesiapsiagaan dan   dari pengalaman   mempelajari sejarah akan terus bangkit.
 oleh Muhammad Ihwan, Kepala   Uswatun Nisa, M.A.  baik dapat memberikan pondasi   resiliensi komunitas.  bencana  Generasi muda memiliki peran sentral
 Balai Arsip Tsunami Aceh (BAST)   Dosen Ilmu Komunikasi,   kokoh untuk mengevaluasi   Hal lain yang bisa direnungkan dari   dalam merawat arsip dan membangun
 ANRI, ketika menjelaskan   FISIP USK  pascabencana, mengidentifikasi   Memory Talk adalah bagaimana peran   literasi kebencanaan. Hal terpenting yang
 Kpentingnya arsip dalam   pola dan tren, serta mengarahkan   pemuda dalam merevitalisasi arsip   harus ditanamkan adalah kesadaran akan
 merawat memori bencana. Penjelasan ini ia   kebijakan kesiapsiagaan   bencana. Arsip tsunami sangat penting   pentingnya kedua hal tersebut. Karena
 sampaikan di acara Memory Talk, Merawat   menghadapi bencana di masa depan.  untuk dipelajari oleh generasi muda.   tak bisa dielakkan bahwa arsip tsunami
 Memori; Catatan dari Tsunami 2004 yang   Merawat arsip berarti mewarisi   Karena setiap orang akan memahami hal   telah membantu untuk mengabarkan,
 diselenggarakan Pusat Riset Ilmu Sosial   pengetahuan berharga bagi   yang berbeda tentang tsunami. Tugas   memahami, merasakan, dan menjadi
 dan Budaya (PRISB) Universitas Syiah   generasi mendatang. Selain itu   arsip adalah memberikan pemahaman   media belajar. Dengan demikian
 Kuala (USK), Sabtu 16 Desember 2023 di   juga membentuk memori kolektif   sesuai dengan kenyataan. Gen muda   seseorang dapat terus merawat masa lalu
 Shophie’s Sunset Library, Lhoknga, Aceh   sekaligus pembelajaran yang dapat   lahir setelah tsunami dan mereka tidak   dan menjadikannya pembelajaran saat
 Besar. Kegiatan ini digelar untuk mengenang   digunakan untuk membangun   memiliki pemahaman nyata tentang   menghadapi bencana. []




 34  Warta USK Desember 2023                                                               Warta USK Desember 2023 35
   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40