Page 34 - Warta USK Desember 2023
P. 34

PERSPEKTIF                                                                                                                                                                                            PERSPEKTIF





         Membangun Kepedulian                                                                                                    masa depan. Dengan demikian, peran

                                                                                                                                 arsip buka hanya sebagai rekam
         Terhadap Arsip Bencana                                                                                                  jejak. Melainkan menjadi instrumen
                                                                                                                                 yang mendukung tumbuh kembang
                                                                                                                                 masyarakat di tengah kondisi alam yang
                                                                                                                                 tak terduga.
                                                                                                                                   Ihwan bukan satu-satunya pemateri
                                                                                bencana tsunami Aceh yang terjadi                dalam kegiatan Memory Talk. Kegiatan
                                                                                26 Desember 2004 silam.                          tersebut juga menghadirkan pegiat
                                                                                   Kegiatan ini bukan semata                     literasi, Raihan Lubis dan akademisi
                                                                                membahas bencana tsunami.                        bidang kebencanaan, Alfi Rahman.
                                                                                Namun lebih menekankan pada arsip                  Raihan dalam pemaparannya
                                                                                dan literasi kebencanaan. Ihwan                  menekankan pemahaman bencana bagi
                                                                                mengatakan saat ini pemahaman                    masyarakat harus terus digalakkan,
                                                                                masyarakat Aceh tentang arsip                    salah satunya melalui literasi. Walau
                                                                                bencana masih sangat minim.                      masyarakat sudah terbiasa hidup di
                                                                                Masyarakat cenderung mengenal                    daerah bencana, namun faktanya tidak
                                                                                arsip sebagai potret masa lalu yang              semua dari mereka mendapatkan                                     musibah itu. Mereka tidak akan tahu
                                                                                berguna untuk mengingatkan suatu                 edukasi tepat bagaimana hidup di      Arsip bukan                 bagaimana dahsyatnya tsunami Aceh jika
                                                                                kejadian. Padahal peranan arsip                  daerah rawan bencana. Memperkuat      semata kumpulan             tidak melihat PLTD Kapal Apung. Mereka
                                                                                lebih dari itu. Jika dimanfaatkan                literasi bencana menjadi tugas bersama   dokumen dan              tidak akan tahu jumlah korban tsunami
                                                                                secara maksimal, arsip dapat                     yang harus dikerjakan.                                            jika tidak berkunjung ke Museum
                                                                                berkontribusi banyak untuk masa                    Gerakan literasi akan lebih lengkap   informasi semata.         Tsunami Aceh atau kuburan massal.
                                                                                depan. Masyarakat dapat bertindak                dilakukan jika didukung dengan        Arsip juga menjadi             Namun semakin lama kenangan-
                                                                                lebih baik dalam merespon bencana.               pemahaman arsip yang mendalam.                                    kenangan itu akan memudar dan
         “Karena tanpa arsip kita tidak bisa                                       Arsip bukan semata kumpulan                   Karena mempelajari arsip merupakan    kunci untuk                 terlupakan. Generasi muda berperan
         mengenang apa-apa. Ingatan yang kita                                   dokumen dan informasi semata.                    langkah pertama agar seseorang dapat   membangun                  untuk kembali membangkitkan arsip
         miliki tidak mampu meng-cover setiap detail                            Arsip juga menjadi kunci untuk                   teredukasi dan mengedukasi. Arsip     ketahanan dan               sejarah dengan cara yang berbeda
         kejadian penting yang terjadi”.                                        membangun ketahanan dan                          dan literasi kebencanaan tidak dapat                              sesuai perkembangan zaman. Dengan
                                                                                pembelajaran dari pengalaman                     dipisahkan dan menjadi kunci untuk    pembelajaran                demikian semangat generasi muda untuk
                   alimat tersebut diungkapkan                                  bencana. Keberadaan arsip yang                   meningkatkan kesiapsiagaan dan        dari pengalaman             mempelajari sejarah akan terus bangkit.
                   oleh Muhammad Ihwan, Kepala        Uswatun Nisa, M.A.        baik dapat memberikan pondasi                    resiliensi komunitas.                 bencana                        Generasi muda memiliki peran sentral
                   Balai Arsip Tsunami Aceh (BAST)    Dosen Ilmu Komunikasi,    kokoh untuk mengevaluasi                           Hal lain yang bisa direnungkan dari                             dalam merawat arsip dan membangun
                   ANRI, ketika menjelaskan                 FISIP USK           pascabencana, mengidentifikasi                   Memory Talk adalah bagaimana peran                                literasi kebencanaan. Hal terpenting yang
        Kpentingnya arsip dalam                                                 pola dan tren, serta mengarahkan                 pemuda dalam merevitalisasi arsip                                 harus ditanamkan adalah kesadaran akan
         merawat memori bencana. Penjelasan ini ia                              kebijakan kesiapsiagaan                          bencana. Arsip tsunami sangat penting                             pentingnya kedua hal tersebut. Karena
         sampaikan di acara Memory Talk, Merawat                                menghadapi bencana di masa depan.                untuk dipelajari oleh generasi muda.                              tak bisa dielakkan bahwa arsip tsunami
         Memori; Catatan dari Tsunami 2004 yang                                    Merawat arsip berarti mewarisi                Karena setiap orang akan memahami hal                             telah membantu untuk mengabarkan,
         diselenggarakan Pusat Riset Ilmu Sosial                                pengetahuan berharga bagi                        yang berbeda tentang tsunami. Tugas                               memahami, merasakan, dan menjadi
         dan Budaya (PRISB) Universitas Syiah                                   generasi mendatang. Selain itu                   arsip adalah memberikan pemahaman                                 media belajar. Dengan demikian
         Kuala (USK), Sabtu 16 Desember 2023 di                                 juga membentuk memori kolektif                   sesuai dengan kenyataan. Gen muda                                 seseorang dapat terus merawat masa lalu
         Shophie’s Sunset Library, Lhoknga, Aceh                                sekaligus pembelajaran yang dapat                lahir setelah tsunami dan mereka tidak                            dan menjadikannya pembelajaran saat
         Besar. Kegiatan ini digelar untuk mengenang                            digunakan untuk membangun                        memiliki pemahaman nyata tentang                                  menghadapi bencana. []




          34  Warta USK Desember 2023                                                                                                                                                                             Warta USK Desember 2023 35
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39