Page 28 - Edisi Februari 2017
P. 28

28   RISET                                                                                                                                                                                                    RISET     29





         MENGENAL TUGU                                                                                                           cara yang dipilih mahasiswa Program   pengetahuan dasar tentang Tugu   Perhitungan menghasilkan tinggi

                                                                                                                                 Studi Matematika FMIPA Unsyiah
                                                                                                                                                                    Darussalam secara fisik dan melalui
         DARUSSALAM MELALUI                                                                                                      untuk mengenal Tugu Darussalam.    literatur. Materi yang dimaksud adalah   tugu 25,73 meter. Persamaan fungsi
                                                                                                                                                                    sejarah pendirian, rancangan, perkiraan
                                                                                                                                 Penelitian yang melibatkan mahasiswa
                                                                                                                                                                                                       matematika untuk kurva tingkat IV,
                                                                                                                                 ini berjudul “Matematika Tugu
                                                                                                                                                                                                       tingkat V, dan tingkat VI dicari dengan
                                                                                                                                                                    tinggi dan puncak, perhitungan luas
         ILMU MATEMATIKA                                                                                                         Darussalam”. Tujuan penelitian ini   penampang untuk setiap tingkat   dua cara, yaitu dengan menggunakan
                                                                                                                                                                    dan luas halaman pagar, serta
                                                                                                                                                                                                       koordinat Cartesian (Gambar 2) dan
                                                                                                                                 untuk memantapkan jati diri warga
                                                                                                                                                                                                       koordinat kutub (Gambar 3). Kedua
                                                                                                                                 kampus agar mengenal lebih dekat
                                                                                                                                                                    tinjauan tentang kesimetrian. Data
                                                                                                                                 lambang pemersatu kampus-kampus    berupa panjang sisi tiap tingkat dan   jenis hasil ini dibandingkan dan dipilih
                                                                                                                                 di Darussalam. Diharapkan penelitian   halaman diukur langsung pada tugu   sesuai untuk komputasi dan animasi.
                                                                                                                                 ini dapat menularkan semangat      untuk perhitungan luas bidang yang   Keakuratan persamaan hasil inilah yang
                                                                                                                                 perjuangan dari kehadiran tugu     menjadi input tahap selanjutnya.   menentukan keindahan gambar Tugu
                                                       agi warga kampus        pusat pendidikan yang bernama                     tersebut. Tantangan penelitian ini   Metode matematika yang digunakan   Darussalam melalui program komputer
                                                       Unsyiah, Tugu Darussalam   Darussalam, yaitu negeri yang damai            adalah melihat setiap aspek moril dan   dalam tahap ini cukup sederhana,   tanpa bantuan kamera. (Gambar 4)
                                                       merupakan objek         sejahtera. Desain tugu ini meniru                 materil tugu yang diwujudkan dalam   seperti perhitungan luas bidang datar,   Perangkat lunak Matlab, CorelDraw,
                                                       keseharian yang memberi   bentuk kurva pada Gunongan untuk                sudut pandang matematika. Tantangan   pemanfaatan bayangan, dan segitiga   SketchUp, dan Lumion telah
                                            Bkesan tersendiri. Tugu            tingkat IV, tingkat V, dan tingkat VI.            ini telah membangkitkan semangat   sebangun untuk perhitungan tinggi   membantu mahasiswa membangun
                                            Darussalam merupakan monumen       Selain itu, juga meniru pintu Masjid              kolaborasi para mahasiswa sehingga   tugu. Tetapi, penerapannya pada hal   komputerisasi. Proses ini telah
                                            berdirinya Kota Pelajar Mahasiswa   Raya Baiturrahman untuk tingkat II               memberikan hasil yang cemerlang.   nyata tetap membutuhkan ketelitian   meningkatkan penghargaan terhadap
                                            (Kopelma) Darussalam yang diresmikan   dan mengambil bentuk mahkota untuk            Tahap persiapan penelitian ini meliputi   dan kreatifitas.            Tugu Darussalam yang menambah
                DR. SALMAWATY, M.SC         pada tanggal 2 September 1959      bagian puncaknya. (Gambar 1)                                                                                            wawasan mahasiswa dan dapat
           DOSEN PRODI MATEMATIKA, FMIPA    oleh Presiden Republik Indonesia
              UNIVERSITAS SYIAH KUALA                                                                                                                               Proses penelitian selanjutnya      memacu kreatifitas dalam karya-
                                            pertama, Ir. Soekarno. Di tugu tersebut                                                                                 merupakan kajian matematika        karya lainnya. Namun, studi ini belum
                                            terpatri goresan Ir. Soekarno, tekad   Kami ingin mengajak pembaca                                                      terhadap elemen tugu yang berbentuk   berhasil mendapatkan nama perancang
                                            bulat melahirkan perbuatan jang    menyegarkan pengetahuan melalui                                                      kurva artistik yang terdiri dari tiga   tugu ini. Semoga Allah menerima amal
                                            njata “Darussalam” menudju kepada                                                                                       tingkatan. Ini merupakan kerja yang   ibadahnya. Amin. (cds)
       1                                    pelaksanaan tjita2. Tulisan dan tanda                                                                                   cukup rumit dan perlu pendayagunaan
                                            tangan Ir. Soekarno seakan menambah
                                            semangat rakyat Aceh untuk bergotong                                                                                    pengetahuan dan keterampilan yang
                                                                                                                                                                    sudah atau belum diperoleh dalam
                                            royong membangun kampus                                                                                                 perkuliahan. Data yang didapat dari
                                            Universitas Syiah Kuala, IAIN-Ar Raniry                                                                                 tahap sebelumnya digunakan pada                                     3
                                            (sekarang UIN), dan Dayah Pante Kulu                                                                                    program komputasi gambar dua dan
                                            yang berada dalam satu kawasan.
                                                                                                                                                                    tiga dimensi, serta dilengkapi dengan
                                            Pendirian tugu ini berdasarkan cita-                                                                                    program animasi Tugu Darussalam
                                            cita untuk membangun Aceh yang                                                                                          yang menarik.
                                            bermartabat dengan menghadirkan

                                                                                                                                                                                                                                        4

      2












          EDISI 208 . FEBRUARI 2017                                                                                                                                                                                EDISI 208 . FEBRUARI 2017
   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33