Page 29 - Edisi Februari 2017
P. 29
28 RISET RISET 29
MENGENAL TUGU cara yang dipilih mahasiswa Program pengetahuan dasar tentang Tugu Perhitungan menghasilkan tinggi
Studi Matematika FMIPA Unsyiah
Darussalam secara fisik dan melalui
DARUSSALAM MELALUI untuk mengenal Tugu Darussalam. literatur. Materi yang dimaksud adalah tugu 25,73 meter. Persamaan fungsi
sejarah pendirian, rancangan, perkiraan
Penelitian yang melibatkan mahasiswa
matematika untuk kurva tingkat IV,
ini berjudul “Matematika Tugu
tingkat V, dan tingkat VI dicari dengan
tinggi dan puncak, perhitungan luas
ILMU MATEMATIKA Darussalam”. Tujuan penelitian ini penampang untuk setiap tingkat dua cara, yaitu dengan menggunakan
dan luas halaman pagar, serta
koordinat Cartesian (Gambar 2) dan
untuk memantapkan jati diri warga
koordinat kutub (Gambar 3). Kedua
kampus agar mengenal lebih dekat
tinjauan tentang kesimetrian. Data
lambang pemersatu kampus-kampus berupa panjang sisi tiap tingkat dan jenis hasil ini dibandingkan dan dipilih
di Darussalam. Diharapkan penelitian halaman diukur langsung pada tugu sesuai untuk komputasi dan animasi.
ini dapat menularkan semangat untuk perhitungan luas bidang yang Keakuratan persamaan hasil inilah yang
perjuangan dari kehadiran tugu menjadi input tahap selanjutnya. menentukan keindahan gambar Tugu
agi warga kampus pusat pendidikan yang bernama tersebut. Tantangan penelitian ini Metode matematika yang digunakan Darussalam melalui program komputer
Unsyiah, Tugu Darussalam Darussalam, yaitu negeri yang damai adalah melihat setiap aspek moril dan dalam tahap ini cukup sederhana, tanpa bantuan kamera. (Gambar 4)
merupakan objek sejahtera. Desain tugu ini meniru materil tugu yang diwujudkan dalam seperti perhitungan luas bidang datar, Perangkat lunak Matlab, CorelDraw,
keseharian yang memberi bentuk kurva pada Gunongan untuk sudut pandang matematika. Tantangan pemanfaatan bayangan, dan segitiga SketchUp, dan Lumion telah
Bkesan tersendiri. Tugu tingkat IV, tingkat V, dan tingkat VI. ini telah membangkitkan semangat sebangun untuk perhitungan tinggi membantu mahasiswa membangun
Darussalam merupakan monumen Selain itu, juga meniru pintu Masjid kolaborasi para mahasiswa sehingga tugu. Tetapi, penerapannya pada hal komputerisasi. Proses ini telah
berdirinya Kota Pelajar Mahasiswa Raya Baiturrahman untuk tingkat II memberikan hasil yang cemerlang. nyata tetap membutuhkan ketelitian meningkatkan penghargaan terhadap
(Kopelma) Darussalam yang diresmikan dan mengambil bentuk mahkota untuk Tahap persiapan penelitian ini meliputi dan kreatifitas. Tugu Darussalam yang menambah
DR. SALMAWATY, M.SC pada tanggal 2 September 1959 bagian puncaknya. (Gambar 1) wawasan mahasiswa dan dapat
DOSEN PRODI MATEMATIKA, FMIPA oleh Presiden Republik Indonesia
UNIVERSITAS SYIAH KUALA Proses penelitian selanjutnya memacu kreatifitas dalam karya-
pertama, Ir. Soekarno. Di tugu tersebut merupakan kajian matematika karya lainnya. Namun, studi ini belum
terpatri goresan Ir. Soekarno, tekad Kami ingin mengajak pembaca terhadap elemen tugu yang berbentuk berhasil mendapatkan nama perancang
bulat melahirkan perbuatan jang menyegarkan pengetahuan melalui kurva artistik yang terdiri dari tiga tugu ini. Semoga Allah menerima amal
njata “Darussalam” menudju kepada tingkatan. Ini merupakan kerja yang ibadahnya. Amin. (cds)
1 pelaksanaan tjita2. Tulisan dan tanda cukup rumit dan perlu pendayagunaan
tangan Ir. Soekarno seakan menambah
semangat rakyat Aceh untuk bergotong pengetahuan dan keterampilan yang
sudah atau belum diperoleh dalam
royong membangun kampus perkuliahan. Data yang didapat dari
Universitas Syiah Kuala, IAIN-Ar Raniry tahap sebelumnya digunakan pada 3
(sekarang UIN), dan Dayah Pante Kulu program komputasi gambar dua dan
yang berada dalam satu kawasan.
tiga dimensi, serta dilengkapi dengan
Pendirian tugu ini berdasarkan cita- program animasi Tugu Darussalam
cita untuk membangun Aceh yang yang menarik.
bermartabat dengan menghadirkan
4
2
EDISI 208 . FEBRUARI 2017 EDISI 208 . FEBRUARI 2017