Page 19 - Warta USK Agustus 2022
P. 19

MUTU                                                                                          MUTU






 Persiapan USK Menuju  secara matang. Ini penting dilakukan

          agar hasilnya lebih maksimal.
 Akreditasi Internasional  Akreditasi harus didekatkan dengan
          kualitas dan jati diri prodi yang
          sesungguhnya. Jangan hanya di atas
          kertas terakreditasi A atau unggul,
          tetapi kualitas dan daya saing yang
          dimiliki tidak sesuai dengan capaian

 Amsir, S.Si, M.Sc  di dalam kampus, dan IKU 5:   akreditasi tersebut.
            Kualitas akreditasi terbaik
 Anggota Pusat Penguatan Akreditasi dan   hasil kerja dosen digunakan   harus diwujudkan untuk seluruh
 Klusterisasi LP3M USK/Dosen Fakultas Teknik USK  masyarakat dan dapat rekognisi
 internasional)  prodi. Tidak sekadar mengejar
 3.  Kualitas Kurikulum (IKU 6:   nilai, tetapi selaras dengan mutu
 program studi bekerja sama   prodi yang harus digenjot sejak
 dengan mitra kelas dunia, IKU   awal. Tidak hanya berpuas diri
 7: kelas yang kolaboratif dan   dengan pencapaian akreditasi A
 partisipatif, dan IKU 8: program   atau unggul, tantangan lebih besar   outcomes yang berhubungan
 studi berstandar internasional).   bagi prodi-prodi di lingkungan USK   dengan keunggulan proses   sebagai acuan dalam akreditasi
  Penetapan kedelapan IKU   adalah mampu tampil dan bersuara   pembelajaran, sistem dan   internasional. Jika sistem dan
 merupakan upaya untuk mengukur   di kancah internasional. Akreditasi   mekanisme penjaminan mutu   mekanisme itu dapat diadopsi dan
 capaian perguruan tinggi negeri   internasional sendiri memiliki   prodi, dan rekognisi internasional   diimplementasikan dengan baik,
 dan swasta serta mendorong   tujuan untuk memberikan standar   yang dapat digunakan untuk   mutu prodi dapat ditingkatkan
 transformasi di bidang pendidikan   internasional bagi program studi   branding prodi. OBE menjadi   secara berkelanjutan. Selain
 tinggi. Universitas Syiah Kuala   dalam merancang dan menjalankan   kriteria rujukan utama dalam   itu, branding juga penting untuk
 (USK) terus berupaya mendorong   sistem pembelajaran berbasis   akreditasi internasional program   menarik minat calon mahasiswa
 merealisasi dan meningkatkan   outcomes (OBE-Outcome Based   studi. Secara umum OBE memiliki   baru.
 jumlah prodi yang memiliki standar   Education) serta penekanan pada   tiga point dalam implementasinya,   Secara keseluruhan USK
 akreditasi internasional. Hal ini   standarisasi kemampuan lulusan   yaitu kurikulum berbasis   memiliki 141 prodi yang tersebar
 bertujuan agar tercapainya visi USK   melalui evaluasi ketercapaian   outcomes, strategi pengajaran   baik di tingkat diploma, sarjana,
 menjadi universitas yang inovatif,   outcomes.  dan pembelajaran yang berpusat   profesi maupun pascasarjana.
 mandiri, dan terkemuka dalam   Akreditasi internasional memiliki   pada mahasiswa, serta penilaian   Dari total prodi yang ada, 33,33
 ada tahun 2020,   Tidak sekadar   bidang tridarma perguruan tinggi   manfaat penting sebagai jaminan   pembelajaran yang berbasis   persensudah terakreditasi
                                                                                nasional oleh BAN-PT maupun
 Kementerian Pendidikan dan   serta mewujudkan masyarakat   kualitas perguruan tinggi di mata   capaian outcome (assessment).  LAM dengan peringkat A atau
 Kebudayaan (Kemendikbud)   mengejar nilai,   akademik yang bertakwa   publik internasional. Selain itu, juga   Selanjutnya standardisasi   unggul. Ini menjadi modal yang
 telah menetapkan delapan   tetapi selaras   kepada Tuhan Yang Maha Esa   untuk mendapatkan pengakuan   kemampuan lulusan menjadi hal
 PIndikator Kinerja Utama (IKU)   dengan mutu   dan berkarakter menuju socio-  kesetaraan kompetensi lulusan   penting agar lulusan memiliki daya   baik bagi prodi-prodi di USK
                                                                                untuk mempersiapkan diri meraih
 dalam tiga kelompok, yaitu:    technopreneur university di tingkat   dengan standar internasional dan   saing dengan lulusan prodi sejenis   pengakuan internasional. Namun,
 1.  Kualitas Lulusan (IKU 1: lulusan   prodi yang harus   global.  menjembatani kriteria kemampuan   dari negara lain.  Bersaing dalam   hal yang tidak kalah pentingnya
 mendapat pekerjaan yang layak dan   digenjot sejak   Pada dasarnya akreditasi bukan   lulusan sesuai kebutuhan dunia   memperoleh pekerjaan di dunia   adalah roadmap menuju akreditasi
 IKU 2: mahasiswa mendapatkan   hanya kegiatan lima tahunan. Namun   kerja dan dunia industri (DUDI).  industri baik dalam maupun di luar   yang harus dimiliki oleh prodi,
 pengalaman di luar kampus)  awal.  kegiatan yang bersifat sangat   Dalam hal pengajuan akreditasi   negeri. Sistem dan mekanisme
 2.  Kualitas Dosen dan Pengajar   penting sehingga sudah seharusnya   internasional, ada tiga hal penting   penjaminan mutu juga menjadi   support dana, serta Sumber Daya
                                                                                Manusia (SDM) yang memadai
 (IKU 3: dosen berkegiatan di luar   agenda akreditasi lebih teratur dan   yang harus dimiliki oleh prodi.   point penting yang digunakan   untuk mewujudkan ini semua. []
 kampus, IKU 4: Praktisi mengajar   memiliki pola yang dipersiapkan   Ketiga itu adalah standardisasi




 18  Warta USK Agustus 2022                                                                  Warta USK Agustus 2022 19
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24