Page 19 - Warta USK Agustus 2022
P. 19
MUTU MUTU
Persiapan USK Menuju secara matang. Ini penting dilakukan
agar hasilnya lebih maksimal.
Akreditasi Internasional Akreditasi harus didekatkan dengan
kualitas dan jati diri prodi yang
sesungguhnya. Jangan hanya di atas
kertas terakreditasi A atau unggul,
tetapi kualitas dan daya saing yang
dimiliki tidak sesuai dengan capaian
Amsir, S.Si, M.Sc di dalam kampus, dan IKU 5: akreditasi tersebut.
Kualitas akreditasi terbaik
Anggota Pusat Penguatan Akreditasi dan hasil kerja dosen digunakan harus diwujudkan untuk seluruh
Klusterisasi LP3M USK/Dosen Fakultas Teknik USK masyarakat dan dapat rekognisi
internasional) prodi. Tidak sekadar mengejar
3. Kualitas Kurikulum (IKU 6: nilai, tetapi selaras dengan mutu
program studi bekerja sama prodi yang harus digenjot sejak
dengan mitra kelas dunia, IKU awal. Tidak hanya berpuas diri
7: kelas yang kolaboratif dan dengan pencapaian akreditasi A
partisipatif, dan IKU 8: program atau unggul, tantangan lebih besar outcomes yang berhubungan
studi berstandar internasional). bagi prodi-prodi di lingkungan USK dengan keunggulan proses sebagai acuan dalam akreditasi
Penetapan kedelapan IKU adalah mampu tampil dan bersuara pembelajaran, sistem dan internasional. Jika sistem dan
merupakan upaya untuk mengukur di kancah internasional. Akreditasi mekanisme penjaminan mutu mekanisme itu dapat diadopsi dan
capaian perguruan tinggi negeri internasional sendiri memiliki prodi, dan rekognisi internasional diimplementasikan dengan baik,
dan swasta serta mendorong tujuan untuk memberikan standar yang dapat digunakan untuk mutu prodi dapat ditingkatkan
transformasi di bidang pendidikan internasional bagi program studi branding prodi. OBE menjadi secara berkelanjutan. Selain
tinggi. Universitas Syiah Kuala dalam merancang dan menjalankan kriteria rujukan utama dalam itu, branding juga penting untuk
(USK) terus berupaya mendorong sistem pembelajaran berbasis akreditasi internasional program menarik minat calon mahasiswa
merealisasi dan meningkatkan outcomes (OBE-Outcome Based studi. Secara umum OBE memiliki baru.
jumlah prodi yang memiliki standar Education) serta penekanan pada tiga point dalam implementasinya, Secara keseluruhan USK
akreditasi internasional. Hal ini standarisasi kemampuan lulusan yaitu kurikulum berbasis memiliki 141 prodi yang tersebar
bertujuan agar tercapainya visi USK melalui evaluasi ketercapaian outcomes, strategi pengajaran baik di tingkat diploma, sarjana,
menjadi universitas yang inovatif, outcomes. dan pembelajaran yang berpusat profesi maupun pascasarjana.
mandiri, dan terkemuka dalam Akreditasi internasional memiliki pada mahasiswa, serta penilaian Dari total prodi yang ada, 33,33
ada tahun 2020, Tidak sekadar bidang tridarma perguruan tinggi manfaat penting sebagai jaminan pembelajaran yang berbasis persensudah terakreditasi
nasional oleh BAN-PT maupun
Kementerian Pendidikan dan serta mewujudkan masyarakat kualitas perguruan tinggi di mata capaian outcome (assessment). LAM dengan peringkat A atau
Kebudayaan (Kemendikbud) mengejar nilai, akademik yang bertakwa publik internasional. Selain itu, juga Selanjutnya standardisasi unggul. Ini menjadi modal yang
telah menetapkan delapan tetapi selaras kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk mendapatkan pengakuan kemampuan lulusan menjadi hal
PIndikator Kinerja Utama (IKU) dengan mutu dan berkarakter menuju socio- kesetaraan kompetensi lulusan penting agar lulusan memiliki daya baik bagi prodi-prodi di USK
untuk mempersiapkan diri meraih
dalam tiga kelompok, yaitu: technopreneur university di tingkat dengan standar internasional dan saing dengan lulusan prodi sejenis pengakuan internasional. Namun,
1. Kualitas Lulusan (IKU 1: lulusan prodi yang harus global. menjembatani kriteria kemampuan dari negara lain. Bersaing dalam hal yang tidak kalah pentingnya
mendapat pekerjaan yang layak dan digenjot sejak Pada dasarnya akreditasi bukan lulusan sesuai kebutuhan dunia memperoleh pekerjaan di dunia adalah roadmap menuju akreditasi
IKU 2: mahasiswa mendapatkan hanya kegiatan lima tahunan. Namun kerja dan dunia industri (DUDI). industri baik dalam maupun di luar yang harus dimiliki oleh prodi,
pengalaman di luar kampus) awal. kegiatan yang bersifat sangat Dalam hal pengajuan akreditasi negeri. Sistem dan mekanisme
2. Kualitas Dosen dan Pengajar penting sehingga sudah seharusnya internasional, ada tiga hal penting penjaminan mutu juga menjadi support dana, serta Sumber Daya
Manusia (SDM) yang memadai
(IKU 3: dosen berkegiatan di luar agenda akreditasi lebih teratur dan yang harus dimiliki oleh prodi. point penting yang digunakan untuk mewujudkan ini semua. []
kampus, IKU 4: Praktisi mengajar memiliki pola yang dipersiapkan Ketiga itu adalah standardisasi
18 Warta USK Agustus 2022 Warta USK Agustus 2022 19