Page 34 - Warta USK April 2023
P. 34

PERSPEKTIF                                                                                                                                                                                            PERSPEKTIF





         PERAN KAMPUS DALAM                                                                                                      masyarakat. Namun, peran kampus    banyak bertentangan dengan prinsip   pihak menyatakan kontra. Di sini

                                                                                                                                                                                                       kampus seharusnya hadir. Minimal
                                                                                                                                 dalam hal ini cukup stategis mengingat
                                                                                                                                                                    Islam terutama dalam pengelolaan
         PENGUATAN EKONOMI ISLAM                                                                                                 produk qanun lahir tak lepas dari   ekonomi yang bebas nilai, tidak   mengedukasi publik bahwa kata revisi
                                                                                                                                                                    mempertimbangkan efek sosial, dan
                                                                                                                                 otoritas para akademisi dan praktisi
                                                                                                                                                                                                       tak melulu berkonotasi negatif.
         DI ACEH                                                                                                                 yang juga lahir dari kampus. Lalu   berorientasi untuk kesejahteraan   atau penguatan. Sebagai provinsi
                                                                                                                                                                                                          Revisi juga bermakna perbaikan
                                                                                                                                                                    individu.
                                                                                                                                 bagaimana peran kampus menyikapi
                                                                                                                                 respon masyarakat atas keberadaan     Muhammad Baqir Sadr mengatakan   pertama yang mejalankan Qanun
                                                                                                                                 qanun tersebut?                    bahwa ekonomi Islam adalah sebuah   LKS, tentu dalam praktiknya masih
                                                                                                                                                                    sistem dengan prinsip bersumber    ada kekurangan. Revisi hadir sebagai
          Syah Reza                                                                                                              Pondasi Ekonomi Islam              Islam sebagai asas pengetahuan     ikhtiar menyempurnakan apa yang
          Penggiat Diskursus Peradaban                                                                                           Salah satu sebab terjadi polemik   yaitu Alquran dan hadis. Tujuan untuk   kurang menuju pelaksanaan Qanun
          di Islamic Institute of Aceh (IIA)                                                                                     terhadap Qanun LKS, tak lepas dari   mewujudkan kemasalahatan sosial.  LKS yang menunjang ekonomi syariah
                                                                                                                                 ketidakpahaman atas framework         Hafas Furqani dalam karyanya    secara kafah.
                                                                                                                                 ekonomi Islam. Padahal jika dilihat   Metodologi Ekonomi Islam; Membangun   Amal Hasan, S.E, yang merupakan
                                                                                                                                 dari identitasnya, pondasi ekonomi   Paradigma dan Format Ilmu        mantan Direktur Bank Aceh Syariah,
                                                                                                                                 Islam dimulai dari kehidupan Nabi   Pengetahuan, melihat bahwa ekonomi   mengatakan “Saya kira terlalu
                  elaksanaan syariat Islam di                                                                                    Muhammad Saw sebagai seorang       Islam hadir selain sebagai respon atas   berlebihan bila pengamat ekonomi
                  Aceh sudah memasuki usia                                                                                       pedagang. Nabi bukan hanya         ekonomi barat yang bertentangan    menimpakan semua persoalan
                  22 tahun. Nyaris menuju                                                                                        berdakwah, tetapi juga berdagang.   dengan nilai-nilai Islam, juga jawaban   ekonomi kepada Qanun LKS.
                  seperempat abad. Waktu                                                                                         Di Madinah selain memperkuat sendi   Islam atas segala permasalahan dan   Seakan-akan qanun tersebut yang
        Pyang tidak singkat untuk                                                                                                masyarakat Islam, prioritas utama   tantangan ekonomi kotemporer.     menyebabkan Aceh terpuruk. Padahal
          melahirkan sebuah sistem hukum                                                                                         nabi menata ekonomi dan pasar.     (Furqani, 2018: 5)                 masalah tak kunjung bangkitnya
          yang menjadi patron kehidupan                                                                                          Produksi, distribusi, termasuk di                                     ekonomi Aceh sudah menjadi
          sebuah wilayah. Secara konseptual                                                                                      dalamnya transaksi jual beli diatur oleh   Kampus Mengawal Qanun      persoalan serius jauh sebelum qanun
          (baik dalam bentuk draf atau qanun)                                                                                    nabi. Prinsip ekonomi yang diajarkan   Dalam konteks Aceh, tantangan   tersebut lahir,” (komparatif.ID, Senin,
          mungkin sudah cukup ideal dalam                               syariat Islam melingkupi dua aspek esensial              menekankan pada aspek integritas   ekonomi cukup kompleks. Dari       19/6/2023)
          kacamata hukum Islam.                                         yang berjalan secara integral antara fisik dan           yaitu, sikap jujur, amanah, dan adil.  angka kemiskinan yang semakin      Syariat Islam hadir menjadi
            Namun dalam realisasinya, kondisi   Kehadiran               metafisika.                                                 Selanjutnya ekonomi Islam       memprihatinkan (posisi tertinggi   pedoman hidup sekaligus landasan
          jelas akan berbeda dan jarak waktu   ekonomi Islam               Sedangkan aspek yang diatur dalam syariat             mendapat perkembangan konsep       di Sumatra tahun 2022), banyaknya   hukum mengatur kehidupan manusia
          tidak bisa menjadi ukuran penilaian.                          Islam tertuang dalam Perda tahun 2001 meliputi           ditangan ilmuan muslim sejak abad   pengangguran yang berakibat pada   secara universal. Memperkuat qanun
          Ada problem dan hambatan yang      sebagai sebuah             aqidah, ibadah, muamalah, akhlak, pendidikan             10 M hingga periode modern sehingga   ketidakstabilan ekonomi, hingga   syariat Islam sama halnya menjaga
          dihadapi dalam realitas sosial.    sistem dan                 dan dakwah islamiyah/amar makruf nahi                    membentuk satu sistem ekonomi      problem rumah tangga yang banyak   eksistensi keistimewaan Aceh, yaitu
          Benturan nilai juga tak bisa dielak saat                      munkar, baitul mal, kemasyarakatan, syiar Islam,         yang mengakar dengan ajaran Islam.   mengalami resesi ekonomi. Selain   otonomi khusus. Banyak daerah lain
          berhadapan dengan sistem global    ilmu baru hadir            pembelaan Islam, qadha, jinayat, munakahat,              Hal itu diakui oleh ekonom barat,   masalah itu, kehadiran Qanun LKS   yang berharap mendapat “lex specialis”
          yang sudah lebih dulu akrab dalam   belakangan                dan mawaris.                                             Joseph Spengler, yang mengatakan,   yang mengatur ekonomi sesuai dengan   layaknya wilayah Aceh, memiliki
          kehidupan masyarakat Aceh.         seiring                       Di antara semua aspek tersebut, persoalan             “Ilmuan muslim telah mengkaji dimensi   landasan Islam membuat sebagian   wewenang khusus dalam mengatur
            Mengukur dampak pelaksanaan                                 ekonomi mendapat respon luas dari berbagai               ekonomi, pasar, harga, moneter,    lembaga tak mampu beradaptasi      hukum sendiri.
          syariat Islam terhadap pembentukan   perkembangan             kalangan. Karena pemerintah baru melahirkan              permintaan dan penawaran, dan      dengan isi qanun, lalu memilih mangkir   Menjaga kekhususan ini sebagai
          masyarakat di Aceh jelas tidaklah   ilmu ekonomi              produk Qanun Nomor 11 Tahun 2018 Tentang                 sudah masuk kepada ekonomi makro.”   dari Aceh. Beragam kondisi tersebut   bagian dari menjaga marwah Aceh,
          mudah. Sikap paling realiastis                                Lembaga Keuangan Syariah. Sebuah produk                  (Spengler, 1964; 304).             membuat Aceh berada dalam problem   sekaligus menjaga identitas Islam
          yaitu tidak menyimpulkan secara    barat.                     hukum yang mengatur prinsip ekonomi Islam                  Kehadiran ekonomi Islam sebagai   ekonomi sulit.                    yang sudah mendarah daging dalam
          reaksionis. Membutuhkan perangkat                             atas lembaga, perusahaan, dan transaksi                  sebuah sistem dan ilmu baru hadir     Kampus punya peranan besar      diri masyarakat Aceh. Kampus sebagai
          ilmiah dalam bentuk penelitian dan                            ekonomi masyarakat Aceh yang selama ini                  belakangan seiring perkembangan    dalam menyukseskan ekonomi syariah   lembaga pendidikan yang independen
          kajian mendalam menilai sukses atau                           belum diatur. Sejak 2018 hingga saat ini, pro            ilmu ekonomi barat yang bertumpu   dengan segala ikhtiar dan posisi SDM   tentu mengambil posisi terdepan
          tidaknya pelaksanaan syariat Islam.                           kontra terus berjalan menyikapi qanun tersebut.          pada ideologi kapitalisme dan      yang dimiliki. Di Aceh, saat wacana   dalam merawat kekhususan Aceh,
          Karena bagaimanapun identitas                                    Dinamika selalu ada dalam realitas                    sosialisme. Kedua ideologi ini     revisi Qanun LKS mencuat, sejumlah   terlebih lagi syariat Islam. []




          34  Warta USK April 2023                                                                                                                                                                                    Warta USK April 2023 35
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39