Page 35 - Warta USK April 2023
P. 35

PERSPEKTIF                                                                                PERSPEKTIF





 PERAN KAMPUS DALAM  masyarakat. Namun, peran kampus   banyak bertentangan dengan prinsip   pihak menyatakan kontra. Di sini

                                                                                kampus seharusnya hadir. Minimal
          dalam hal ini cukup stategis mengingat
                                             Islam terutama dalam pengelolaan
 PENGUATAN EKONOMI ISLAM  produk qanun lahir tak lepas dari   ekonomi yang bebas nilai, tidak   mengedukasi publik bahwa kata revisi
                                             mempertimbangkan efek sosial, dan
          otoritas para akademisi dan praktisi
                                                                                tak melulu berkonotasi negatif.
 DI ACEH  yang juga lahir dari kampus. Lalu   berorientasi untuk kesejahteraan   atau penguatan. Sebagai provinsi
                                                                                   Revisi juga bermakna perbaikan
                                             individu.
          bagaimana peran kampus menyikapi
          respon masyarakat atas keberadaan    Muhammad Baqir Sadr mengatakan   pertama yang mejalankan Qanun
          qanun tersebut?                    bahwa ekonomi Islam adalah sebuah   LKS, tentu dalam praktiknya masih
                                             sistem dengan prinsip bersumber    ada kekurangan. Revisi hadir sebagai
 Syah Reza  Pondasi Ekonomi Islam            Islam sebagai asas pengetahuan     ikhtiar menyempurnakan apa yang
 Penggiat Diskursus Peradaban   Salah satu sebab terjadi polemik   yaitu Alquran dan hadis. Tujuan untuk   kurang menuju pelaksanaan Qanun
 di Islamic Institute of Aceh (IIA)  terhadap Qanun LKS, tak lepas dari   mewujudkan kemasalahatan sosial.  LKS yang menunjang ekonomi syariah
          ketidakpahaman atas framework        Hafas Furqani dalam karyanya     secara kafah.
          ekonomi Islam. Padahal jika dilihat   Metodologi Ekonomi Islam; Membangun   Amal Hasan, S.E, yang merupakan
          dari identitasnya, pondasi ekonomi   Paradigma dan Format Ilmu        mantan Direktur Bank Aceh Syariah,
          Islam dimulai dari kehidupan Nabi   Pengetahuan, melihat bahwa ekonomi   mengatakan “Saya kira terlalu
 elaksanaan syariat Islam di   Muhammad Saw sebagai seorang   Islam hadir selain sebagai respon atas   berlebihan bila pengamat ekonomi
 Aceh sudah memasuki usia   pedagang. Nabi bukan hanya   ekonomi barat yang bertentangan   menimpakan semua persoalan
 22 tahun. Nyaris menuju   berdakwah, tetapi juga berdagang.   dengan nilai-nilai Islam, juga jawaban   ekonomi kepada Qanun LKS.
 seperempat abad. Waktu   Di Madinah selain memperkuat sendi   Islam atas segala permasalahan dan   Seakan-akan qanun tersebut yang
 Pyang tidak singkat untuk   masyarakat Islam, prioritas utama   tantangan ekonomi kotemporer.   menyebabkan Aceh terpuruk. Padahal
 melahirkan sebuah sistem hukum   nabi menata ekonomi dan pasar.   (Furqani, 2018: 5)  masalah tak kunjung bangkitnya
 yang menjadi patron kehidupan   Produksi, distribusi, termasuk di              ekonomi Aceh sudah menjadi
 sebuah wilayah. Secara konseptual   dalamnya transaksi jual beli diatur oleh   Kampus Mengawal Qanun  persoalan serius jauh sebelum qanun
 (baik dalam bentuk draf atau qanun)   nabi. Prinsip ekonomi yang diajarkan   Dalam konteks Aceh, tantangan   tersebut lahir,” (komparatif.ID, Senin,
 mungkin sudah cukup ideal dalam   syariat Islam melingkupi dua aspek esensial   menekankan pada aspek integritas   ekonomi cukup kompleks. Dari   19/6/2023)
 kacamata hukum Islam.   yang berjalan secara integral antara fisik dan   yaitu, sikap jujur, amanah, dan adil.  angka kemiskinan yang semakin    Syariat Islam hadir menjadi
 Namun dalam realisasinya, kondisi   Kehadiran   metafisika.    Selanjutnya ekonomi Islam   memprihatinkan (posisi tertinggi   pedoman hidup sekaligus landasan
 jelas akan berbeda dan jarak waktu   ekonomi Islam   Sedangkan aspek yang diatur dalam syariat   mendapat perkembangan konsep   di Sumatra tahun 2022), banyaknya   hukum mengatur kehidupan manusia
 tidak bisa menjadi ukuran penilaian.   Islam tertuang dalam Perda tahun 2001 meliputi   ditangan ilmuan muslim sejak abad   pengangguran yang berakibat pada   secara universal. Memperkuat qanun
 Ada problem dan hambatan yang   sebagai sebuah   aqidah, ibadah, muamalah, akhlak, pendidikan   10 M hingga periode modern sehingga   ketidakstabilan ekonomi, hingga   syariat Islam sama halnya menjaga
 dihadapi dalam realitas sosial.   sistem dan   dan dakwah islamiyah/amar makruf nahi   membentuk satu sistem ekonomi   problem rumah tangga yang banyak   eksistensi keistimewaan Aceh, yaitu
 Benturan nilai juga tak bisa dielak saat   munkar, baitul mal, kemasyarakatan, syiar Islam,   yang mengakar dengan ajaran Islam.   mengalami resesi ekonomi. Selain   otonomi khusus. Banyak daerah lain
 berhadapan dengan sistem global   ilmu baru hadir   pembelaan Islam, qadha, jinayat, munakahat,   Hal itu diakui oleh ekonom barat,   masalah itu, kehadiran Qanun LKS   yang berharap mendapat “lex specialis”
 yang sudah lebih dulu akrab dalam   belakangan   dan mawaris.   Joseph Spengler, yang mengatakan,   yang mengatur ekonomi sesuai dengan   layaknya wilayah Aceh, memiliki
 kehidupan masyarakat Aceh.   seiring   Di antara semua aspek tersebut, persoalan   “Ilmuan muslim telah mengkaji dimensi   landasan Islam membuat sebagian   wewenang khusus dalam mengatur
 Mengukur dampak pelaksanaan   ekonomi mendapat respon luas dari berbagai   ekonomi, pasar, harga, moneter,   lembaga tak mampu beradaptasi   hukum sendiri.
 syariat Islam terhadap pembentukan   perkembangan   kalangan. Karena pemerintah baru melahirkan   permintaan dan penawaran, dan   dengan isi qanun, lalu memilih mangkir   Menjaga kekhususan ini sebagai
 masyarakat di Aceh jelas tidaklah   ilmu ekonomi   produk Qanun Nomor 11 Tahun 2018 Tentang   sudah masuk kepada ekonomi makro.”   dari Aceh. Beragam kondisi tersebut   bagian dari menjaga marwah Aceh,
 mudah. Sikap paling realiastis   Lembaga Keuangan Syariah. Sebuah produk   (Spengler, 1964; 304).  membuat Aceh berada dalam problem   sekaligus menjaga identitas Islam
 yaitu tidak menyimpulkan secara   barat.  hukum yang mengatur prinsip ekonomi Islam   Kehadiran ekonomi Islam sebagai   ekonomi sulit.  yang sudah mendarah daging dalam
 reaksionis. Membutuhkan perangkat   atas lembaga, perusahaan, dan transaksi   sebuah sistem dan ilmu baru hadir   Kampus punya peranan besar   diri masyarakat Aceh. Kampus sebagai
 ilmiah dalam bentuk penelitian dan   ekonomi masyarakat Aceh yang selama ini   belakangan seiring perkembangan   dalam menyukseskan ekonomi syariah   lembaga pendidikan yang independen
 kajian mendalam menilai sukses atau   belum diatur. Sejak 2018 hingga saat ini, pro   ilmu ekonomi barat yang bertumpu   dengan segala ikhtiar dan posisi SDM   tentu mengambil posisi terdepan
 tidaknya pelaksanaan syariat Islam.   kontra terus berjalan menyikapi qanun tersebut.   pada ideologi kapitalisme dan   yang dimiliki. Di Aceh, saat wacana   dalam merawat kekhususan Aceh,
 Karena bagaimanapun identitas   Dinamika selalu ada dalam realitas   sosialisme. Kedua ideologi ini   revisi Qanun LKS mencuat, sejumlah   terlebih lagi syariat Islam. []




 34  Warta USK April 2023                                                                      Warta USK April 2023 35
   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40