Page 18 - WARTA USK
P. 18
Mutu Mutu
PARADIGMA BARU MEMBANGUN merdeka-merdeka belajar, dan juga mengikuti tuntutan perkembangan kampus sangat dibutuhkan dalam
menghasilkan mutu terbaik. Peran
terlaksananya budaya mutu sesuai
melalui rumusan sistem manajemen
MUTU PENDIDIKAN DI USK standar nasional Pendidikan tinggi mutu yang tepat. USK haruslah besar seluruh penggiat mutu dapat
mengikuti arah paradigma baru
dengan kriteria baru akreditasi 4.0.
membawa USK menjadi salah satu
Universitas Syiah Kuala atau yang
layanan mutu pendidikan dan
sekarang disingkat dengan USK, pendidikan yaitu mengedepankan kampus terbaik yang menjadi pilihan
masyarakat Indonesia dan dunia.
terus memacu mutu pendidikan menerapkan akuntabilitas publik Pusat Audit Mutu Internal
eningkatan mutu pendidikan melalui program-programnya. Selain melalui survei kepuasan pengguna. Terintegrasi (PAUT) LP3M USK sebagai
tinggi hendaknya dilakukan itu, penerapan sistem mutu terpadu Selain itu, pemenuhan seluruh kriteria salah satu Pusat yang berfokus pada
secara sinergi. Mulai yang dilaksanakan oleh Lembaga akreditasi sesuai dengan SN-Dikti tercapainya target kinerja program
dari peningkatan sistem Pengembangan Pendidikan dan harus terus dilakukan. Evaluasi dan studi dan sangat concern dalam
Ptata kelola kelembagaan, Penjaminan Mutu (LP3M) USK melalui perbaikan secara berkelanjutan mewujudkan budaya mutu melalui
perumusan kebijakan sesuai program yang dirancang oleh masing- melalui siklus mutu dengan berpegang Audit Mutu Internal (AMI), menjalankan
standar yang ditetapkan perguruan masing pusat dapat memperkuat teguh pada prinsip “terukur” seluruh programnya secara terstruktur,
tinggi secara mandiri yang selaras budaya mutu di lingkup USK, yang program kerjanya, “tepercaya” sistem sistematis, dan terintegrasi. Dalam
dengan SN-Dikti, proses akademik meliputi seluruh fakultas dan prodi layanan mutu pendidikanya, dan pelaksanaan program utamanya, PAUT
yang dijalankan, sistem evaluasi yang bermuara pada satu tujuan yaitu “terunggul” budaya mutunya, mulai dari mengharapkan dapat bergerak secara
mutu pendidikan, sistem kendali memberi layanan pendidikan yang universitas, fakultas dan prodi. sinergi dengan unit-unit penjamin
dengan melakukan analisis menuju bermutu dan berkualitas. USK, perguruan tinggi jantong mutu yang ada di fakultas dan prodi,
perbaikan, hingga peningkatan Mutu perguruan tinggi dapat atee rakyat Aceh, harus berperan serta dapat menjadi kolega yang baik
mutu untuk memenuhi target dari dilihat dalam dua perspektif; Quality sebagai agen pembangunan (agent of bagi seluruh program studi di lingkup
standar yang telah ditetapkan. Hal in Fact, mutu yang sesungguhnya development) dalam mempersiapkan USK. Upaya ini diharapkan dapat
tersebut merupakan siklus mutu bagi sebagai hasil proses pembelajaran sumber daya manusia berkualitas dan membawa perubahan yang positif
lembaga pendidikan tinggi yang harus sesuai dengan klasifikasi tujuan berdaya guna untuk meningkatkan bagi terlaksananya budaya mutu serta
dijalankan secara terstruktur, terukur, pendidikan dan kompetensi dasar yang kesejahteraan masyarakat. Oleh menjadi motivasi bagi seluruh program
dan terencana. dimiliki para lulusan sebagaimana karena itu, pengelolaan perguruan studi untuk meningkatkan kinerjanya
Lembaga pendidikan tinggi juga yang tertuang dalam rumusan profile tinggi harus didasarkan pada yang terukur melalui Indikator Kinerja
harus memiliki budaya mutu yang industri 4.0 yang sejalan dengan meningkatkan sumberdaya manusia lulusan intitusi. Selain itu, Quality prinsip manajemen modern, total Utama (IKU) dan Indikator Kinerja
kuat guna membangun pendidikan perkembangan pengetahuan dan yang berkualitas dan berdaya saing in Perception yaitu mutu lulusan quality management (TQM), yang Tambahan (IKT) prodi.
bermutu. Hal ini dipengaruhi oleh teknologi, serta adanya tingkat tinggi. Untuk mencapai target yang diukur dengan kepuasan menegaskan bahwa seluruh elemen Hal ini penting guna memenuhi
berbagai faktor yang berkembang, kebutuhan masyarakat yang terus tersebut, perguruan tinggi wajib pelanggan dan bertambahnya minat dalam sistem perguruan tinggi harus standar yang ditetapkan SN-Dikti
seperti faktor eksternal dengan berkembang. Faktor internal terkait memiliki perangkat manajemen pelanggan eksternal terhadap lulusan berfungsi secara maksimal. TQM ini yang tertuang di dalam instrumen
lahirnya era baru yaitu era revolusi dengan kualitas perguruan tinggi mutu yang disusun sesuai dengan (Muhaimin dkk, 2007: 37). Kedua berguna untuk menjadi pedoman AMI sebagai bentuk evaluasi, analisis,
yang harus dicapai melalui standar visi dan misinya. Kerangka tersebut perspektif tersebut bila ditelaah yang dapat mengarah pada upaya dan rekomendasi terhadap perbaikan
pengukuran pemeringkatan dan disusun dengan tujuan menghasilkan secara komprehensif, sangat selaras peningkatan mutu secara menyeluruh, pada peningkatan mutu pendidikan.
klusterisasi, serta terlaksananya lulusan bermutu yang berdaya guna dengan program kerja pemerintah berlangsung terus-menerus, dan Tujuannya untuk menghasilkan
standar mutu pada masing-masing bagi perkembangan taraf kehidupan yang bertujuan meningkatnya mutu berkesinambungan (continues layanan pendidikan bermutu untuk
program studi guna memenuhi standar masyarakat. lulusan dengan kompetensi yang improvement). memenuhi tantangan pendidikan
akreditasi nasional 4.0. Demi terselenggaranya pendidikan berdaya saing tinggi guna memenuhi Untuk mewujudkan itu semua, masa depan dan pemenuhan standar
Mutu pendidikan yang berpengaruh bermutu yang selaras dengan kebutuhan revolusi industri dan diperlukan syarat-syarat normatif akreditasi nasional. Mari jadikan tahun
pada kualitas lulusan sejalan dengan kebijakan pemerintah, perguruan tercapainya standar mutu pendidikan yang tertuang dalam beberapa asas, 2021 sebagai tahun penguatan USK
target yang ditetapkan pemerintah tinggi wajib menerapkan perangkat guna memenuhi kriteria akreditasi 4.0. yaitu: komitmen, internally driven, menuju kampus merdeka dengan
melalui 7 agenda pembangunan penjaminan mutu secara sistemik. Untuk mencapai target tersebut, tanggung jawab/pengawasan melekat, budaya mutu yang kuat dan layanan
Nurlaili, S,Pd., M.Pd yang tertuang di dalam Rencana Seiring dengan pemberlakuan USK harus memperkuat dirinya dengan kepatuhan kepada rencana, evaluasi, pendidikan prima. Penguatan ini untuk
Anggota Pusat Audit Mutu Internal Pembangunan Jangka Menengah kebijakan baru sistem pendidikan berbagai strategi dalam meningkatkan dan peningkatan mutu berkelanjutan. menghasilkan lulusan berkualitas demi
Terintegrasi LP3M Unsyiah/ Dosen Fakultas Nasional (RPJMN) 2020-2024, yaitu tinggi melalui program kampus
FKIP Unsyiah mutu pendidikan yang mampu Komitmen seluruh masyarakat USK yang lebih baik. []
18 JUNI 2021 19 JUNI 2021