Page 18 - WARTA USK
P. 18

Mutu                                                                                                                                                                                                                Mutu




          PARADIGMA BARU MEMBANGUN                                                                                               merdeka-merdeka belajar, dan juga   mengikuti tuntutan perkembangan   kampus sangat dibutuhkan dalam

                                                                                                                                                                                                       menghasilkan mutu terbaik. Peran
                                                                                                                                 terlaksananya budaya mutu sesuai
                                                                                                                                                                    melalui rumusan sistem manajemen
          MUTU PENDIDIKAN DI USK                                                                                                 standar nasional Pendidikan tinggi   mutu yang tepat. USK haruslah    besar seluruh penggiat mutu dapat
                                                                                                                                                                    mengikuti arah paradigma baru
                                                                                                                                 dengan kriteria baru akreditasi 4.0.
                                                                                                                                                                                                       membawa USK menjadi salah satu
                                                                                                                                 Universitas Syiah Kuala atau yang
                                                                                                                                                                    layanan mutu pendidikan dan
                                                                                                                                 sekarang disingkat dengan USK,     pendidikan yaitu mengedepankan     kampus terbaik yang menjadi pilihan
                                                                                                                                                                                                       masyarakat Indonesia dan dunia.
                                                                                                                                 terus memacu mutu pendidikan       menerapkan akuntabilitas publik           Pusat Audit Mutu Internal
                  eningkatan mutu pendidikan                                                                                     melalui program-programnya. Selain   melalui survei kepuasan pengguna.   Terintegrasi (PAUT) LP3M USK sebagai
                  tinggi hendaknya dilakukan                                                                                     itu, penerapan sistem mutu terpadu   Selain itu, pemenuhan seluruh kriteria   salah satu Pusat yang berfokus pada
                  secara sinergi. Mulai                                                                                          yang dilaksanakan oleh Lembaga     akreditasi sesuai dengan SN-Dikti   tercapainya target kinerja program
                  dari peningkatan sistem                                                                                        Pengembangan Pendidikan dan        harus terus dilakukan. Evaluasi dan   studi dan sangat concern dalam
        Ptata kelola kelembagaan,                                                                                                Penjaminan Mutu (LP3M) USK melalui   perbaikan secara berkelanjutan   mewujudkan budaya mutu melalui
          perumusan kebijakan sesuai                                                                                             program yang dirancang oleh masing-  melalui siklus mutu dengan berpegang   Audit Mutu Internal (AMI), menjalankan
          standar yang ditetapkan perguruan                                                                                      masing pusat dapat memperkuat      teguh pada prinsip “terukur” seluruh   programnya secara terstruktur,
          tinggi secara mandiri yang selaras                                                                                     budaya mutu di lingkup USK, yang   program kerjanya, “tepercaya” sistem   sistematis, dan terintegrasi. Dalam
          dengan SN-Dikti, proses akademik                                                                                       meliputi seluruh fakultas dan prodi   layanan mutu pendidikanya, dan   pelaksanaan program utamanya, PAUT
          yang dijalankan, sistem evaluasi                                                                                       yang bermuara pada satu tujuan yaitu   “terunggul” budaya mutunya, mulai dari   mengharapkan dapat bergerak secara
          mutu pendidikan, sistem kendali                                                                                        memberi layanan pendidikan yang    universitas, fakultas dan prodi.   sinergi dengan unit-unit penjamin
          dengan melakukan analisis menuju                                                                                       bermutu dan berkualitas.              USK, perguruan tinggi jantong   mutu yang ada di fakultas dan prodi,
          perbaikan, hingga peningkatan                                                                                            Mutu perguruan tinggi dapat      atee rakyat Aceh, harus berperan   serta dapat menjadi kolega yang baik
          mutu untuk memenuhi target dari                                                                                        dilihat dalam dua perspektif; Quality   sebagai agen pembangunan (agent of   bagi seluruh program studi di lingkup
          standar yang telah ditetapkan. Hal                                                                                     in Fact, mutu yang sesungguhnya    development) dalam mempersiapkan   USK. Upaya ini diharapkan dapat
          tersebut merupakan siklus mutu bagi                                                                                    sebagai hasil proses pembelajaran   sumber daya manusia berkualitas dan   membawa perubahan yang positif
          lembaga pendidikan tinggi yang harus                                                                                   sesuai dengan klasifikasi tujuan   berdaya guna untuk meningkatkan    bagi terlaksananya budaya mutu serta
          dijalankan secara terstruktur, terukur,                                                                                pendidikan dan kompetensi dasar yang   kesejahteraan masyarakat. Oleh   menjadi motivasi bagi seluruh program
          dan terencana.                                                                                                         dimiliki para lulusan sebagaimana   karena itu, pengelolaan perguruan   studi untuk meningkatkan kinerjanya
            Lembaga pendidikan tinggi juga                                                                                       yang tertuang dalam rumusan profile   tinggi harus didasarkan pada    yang  terukur melalui Indikator Kinerja
          harus memiliki budaya mutu yang    industri 4.0 yang sejalan dengan   meningkatkan sumberdaya manusia                  lulusan intitusi. Selain itu, Quality   prinsip manajemen modern, total   Utama (IKU) dan Indikator Kinerja
          kuat guna membangun pendidikan     perkembangan pengetahuan dan       yang berkualitas dan berdaya saing               in Perception yaitu mutu lulusan   quality management (TQM), yang     Tambahan  (IKT) prodi.
          bermutu. Hal ini dipengaruhi oleh   teknologi, serta adanya tingkat   tinggi. Untuk mencapai target                    yang diukur dengan kepuasan        menegaskan bahwa seluruh elemen       Hal ini penting  guna memenuhi
          berbagai faktor yang berkembang,   kebutuhan masyarakat yang terus    tersebut, perguruan tinggi wajib                 pelanggan dan bertambahnya minat   dalam sistem perguruan tinggi harus   standar yang ditetapkan SN-Dikti
          seperti faktor eksternal dengan    berkembang. Faktor internal terkait   memiliki perangkat manajemen                  pelanggan eksternal terhadap lulusan   berfungsi secara maksimal. TQM ini   yang tertuang di dalam instrumen
          lahirnya era baru yaitu era revolusi   dengan kualitas perguruan tinggi   mutu yang disusun sesuai dengan              (Muhaimin dkk, 2007: 37). Kedua    berguna untuk menjadi pedoman      AMI sebagai bentuk evaluasi, analisis,
                                             yang harus dicapai melalui standar   visi dan misinya. Kerangka tersebut            perspektif tersebut bila ditelaah   yang dapat mengarah pada upaya    dan rekomendasi terhadap perbaikan
                                             pengukuran pemeringkatan dan       disusun dengan tujuan menghasilkan               secara komprehensif, sangat selaras   peningkatan mutu secara menyeluruh,   pada peningkatan mutu pendidikan.
                                             klusterisasi, serta terlaksananya   lulusan bermutu yang berdaya guna               dengan program kerja pemerintah    berlangsung terus-menerus, dan     Tujuannya untuk menghasilkan
                                             standar mutu pada masing-masing    bagi perkembangan taraf kehidupan                yang bertujuan meningkatnya mutu   berkesinambungan (continues        layanan pendidikan bermutu untuk
                                             program studi guna memenuhi standar   masyarakat.                                   lulusan dengan kompetensi yang     improvement).                      memenuhi tantangan pendidikan
                                             akreditasi nasional 4.0.              Demi terselenggaranya pendidikan              berdaya saing tinggi guna memenuhi    Untuk mewujudkan itu semua,     masa depan dan pemenuhan standar
                                               Mutu pendidikan yang berpengaruh   bermutu yang selaras dengan                    kebutuhan revolusi industri dan    diperlukan syarat-syarat normatif   akreditasi nasional. Mari jadikan tahun
                                             pada kualitas lulusan sejalan dengan   kebijakan pemerintah, perguruan              tercapainya standar mutu pendidikan   yang tertuang dalam beberapa asas,   2021 sebagai tahun penguatan USK
                                             target yang ditetapkan pemerintah   tinggi wajib menerapkan perangkat               guna memenuhi kriteria akreditasi 4.0.  yaitu: komitmen, internally driven,   menuju kampus merdeka dengan
                                             melalui 7 agenda pembangunan       penjaminan mutu secara sistemik.                   Untuk mencapai target tersebut,   tanggung jawab/pengawasan melekat,   budaya mutu yang kuat dan layanan
          Nurlaili, S,Pd., M.Pd              yang tertuang di dalam Rencana     Seiring dengan pemberlakuan                      USK harus memperkuat dirinya dengan   kepatuhan kepada rencana, evaluasi,   pendidikan prima. Penguatan ini untuk
          Anggota Pusat Audit Mutu Internal   Pembangunan Jangka Menengah       kebijakan baru sistem pendidikan                 berbagai strategi dalam meningkatkan   dan peningkatan mutu berkelanjutan.   menghasilkan lulusan berkualitas demi
          Terintegrasi LP3M Unsyiah/  Dosen Fakultas   Nasional (RPJMN) 2020-2024, yaitu   tinggi melalui program kampus
          FKIP Unsyiah                                                                                                           mutu pendidikan yang mampu         Komitmen seluruh masyarakat        USK yang lebih baik. []



                                                            18   JUNI 2021                                                                                                         19   JUNI 2021
   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23