Page 19 - WARTA USK
P. 19

Mutu                                                                                                  Mutu




 PARADIGMA BARU MEMBANGUN  merdeka-merdeka belajar, dan juga   mengikuti tuntutan perkembangan   kampus sangat dibutuhkan dalam

                                                                                menghasilkan mutu terbaik. Peran
          terlaksananya budaya mutu sesuai
                                             melalui rumusan sistem manajemen
 MUTU PENDIDIKAN DI USK  standar nasional Pendidikan tinggi   mutu yang tepat. USK haruslah   besar seluruh penggiat mutu dapat
                                             mengikuti arah paradigma baru
          dengan kriteria baru akreditasi 4.0.
                                                                                membawa USK menjadi salah satu
          Universitas Syiah Kuala atau yang
                                             layanan mutu pendidikan dan
          sekarang disingkat dengan USK,     pendidikan yaitu mengedepankan     kampus terbaik yang menjadi pilihan
                                                                                masyarakat Indonesia dan dunia.
          terus memacu mutu pendidikan       menerapkan akuntabilitas publik           Pusat Audit Mutu Internal
 eningkatan mutu pendidikan   melalui program-programnya. Selain   melalui survei kepuasan pengguna.   Terintegrasi (PAUT) LP3M USK sebagai
 tinggi hendaknya dilakukan   itu, penerapan sistem mutu terpadu   Selain itu, pemenuhan seluruh kriteria   salah satu Pusat yang berfokus pada
 secara sinergi. Mulai   yang dilaksanakan oleh Lembaga   akreditasi sesuai dengan SN-Dikti   tercapainya target kinerja program
 dari peningkatan sistem   Pengembangan Pendidikan dan   harus terus dilakukan. Evaluasi dan   studi dan sangat concern dalam
 Ptata kelola kelembagaan,   Penjaminan Mutu (LP3M) USK melalui   perbaikan secara berkelanjutan   mewujudkan budaya mutu melalui
 perumusan kebijakan sesuai   program yang dirancang oleh masing-  melalui siklus mutu dengan berpegang   Audit Mutu Internal (AMI), menjalankan
 standar yang ditetapkan perguruan   masing pusat dapat memperkuat    teguh pada prinsip “terukur” seluruh   programnya secara terstruktur,
 tinggi secara mandiri yang selaras   budaya mutu di lingkup USK, yang   program kerjanya, “tepercaya” sistem   sistematis, dan terintegrasi. Dalam
 dengan SN-Dikti, proses akademik   meliputi seluruh fakultas dan prodi   layanan mutu pendidikanya, dan   pelaksanaan program utamanya, PAUT
 yang dijalankan, sistem evaluasi   yang bermuara pada satu tujuan yaitu   “terunggul” budaya mutunya, mulai dari   mengharapkan dapat bergerak secara
 mutu pendidikan, sistem kendali   memberi layanan pendidikan yang   universitas, fakultas dan prodi.   sinergi dengan unit-unit penjamin
 dengan melakukan analisis menuju   bermutu dan berkualitas.  USK, perguruan tinggi jantong   mutu yang ada di fakultas dan prodi,
 perbaikan, hingga peningkatan   Mutu perguruan tinggi dapat   atee rakyat Aceh, harus berperan   serta dapat menjadi kolega yang baik
 mutu untuk memenuhi target dari   dilihat dalam dua perspektif; Quality   sebagai agen pembangunan (agent of   bagi seluruh program studi di lingkup
 standar yang telah ditetapkan. Hal   in Fact, mutu yang sesungguhnya   development) dalam mempersiapkan   USK. Upaya ini diharapkan dapat
 tersebut merupakan siklus mutu bagi   sebagai hasil proses pembelajaran   sumber daya manusia berkualitas dan   membawa perubahan yang positif
 lembaga pendidikan tinggi yang harus   sesuai dengan klasifikasi tujuan   berdaya guna untuk meningkatkan   bagi terlaksananya budaya mutu serta
 dijalankan secara terstruktur, terukur,   pendidikan dan kompetensi dasar yang   kesejahteraan masyarakat. Oleh   menjadi motivasi bagi seluruh program
 dan terencana.  dimiliki para lulusan sebagaimana   karena itu, pengelolaan perguruan   studi untuk meningkatkan kinerjanya
 Lembaga pendidikan tinggi juga   yang tertuang dalam rumusan profile   tinggi harus didasarkan pada   yang  terukur melalui Indikator Kinerja
 harus memiliki budaya mutu yang   industri 4.0 yang sejalan dengan   meningkatkan sumberdaya manusia   lulusan intitusi. Selain itu, Quality   prinsip manajemen modern, total   Utama (IKU) dan Indikator Kinerja
 kuat guna membangun pendidikan   perkembangan pengetahuan dan   yang berkualitas dan berdaya saing   in Perception yaitu mutu lulusan   quality management (TQM), yang   Tambahan  (IKT) prodi.
 bermutu. Hal ini dipengaruhi oleh   teknologi, serta adanya tingkat   tinggi. Untuk mencapai target   yang diukur dengan kepuasan   menegaskan bahwa seluruh elemen   Hal ini penting  guna memenuhi
 berbagai faktor yang berkembang,   kebutuhan masyarakat yang terus   tersebut, perguruan tinggi wajib   pelanggan dan bertambahnya minat   dalam sistem perguruan tinggi harus   standar yang ditetapkan SN-Dikti
 seperti faktor eksternal dengan   berkembang. Faktor internal terkait   memiliki perangkat manajemen   pelanggan eksternal terhadap lulusan   berfungsi secara maksimal. TQM ini   yang tertuang di dalam instrumen
 lahirnya era baru yaitu era revolusi   dengan kualitas perguruan tinggi   mutu yang disusun sesuai dengan   (Muhaimin dkk, 2007: 37). Kedua   berguna untuk menjadi pedoman   AMI sebagai bentuk evaluasi, analisis,
 yang harus dicapai melalui standar   visi dan misinya. Kerangka tersebut   perspektif tersebut bila ditelaah   yang dapat mengarah pada upaya   dan rekomendasi terhadap perbaikan
 pengukuran pemeringkatan dan   disusun dengan tujuan menghasilkan   secara komprehensif, sangat selaras   peningkatan mutu secara menyeluruh,   pada peningkatan mutu pendidikan.
 klusterisasi, serta terlaksananya   lulusan bermutu yang berdaya guna   dengan program kerja pemerintah   berlangsung terus-menerus, dan   Tujuannya untuk menghasilkan
 standar mutu pada masing-masing   bagi perkembangan taraf kehidupan   yang bertujuan meningkatnya mutu   berkesinambungan (continues   layanan pendidikan bermutu untuk
 program studi guna memenuhi standar   masyarakat.  lulusan dengan kompetensi yang   improvement).  memenuhi tantangan pendidikan
 akreditasi nasional 4.0.   Demi terselenggaranya pendidikan   berdaya saing tinggi guna memenuhi   Untuk mewujudkan itu semua,   masa depan dan pemenuhan standar
 Mutu pendidikan yang berpengaruh   bermutu yang selaras dengan   kebutuhan revolusi industri dan   diperlukan syarat-syarat normatif   akreditasi nasional. Mari jadikan tahun
 pada kualitas lulusan sejalan dengan   kebijakan pemerintah, perguruan   tercapainya standar mutu pendidikan   yang tertuang dalam beberapa asas,   2021 sebagai tahun penguatan USK
 target yang ditetapkan pemerintah   tinggi wajib menerapkan perangkat   guna memenuhi kriteria akreditasi 4.0.  yaitu: komitmen, internally driven,   menuju kampus merdeka dengan
 melalui 7 agenda pembangunan   penjaminan mutu secara sistemik.   Untuk mencapai target tersebut,   tanggung jawab/pengawasan melekat,   budaya mutu yang kuat dan layanan
 Nurlaili, S,Pd., M.Pd  yang tertuang di dalam Rencana   Seiring dengan pemberlakuan   USK harus memperkuat dirinya dengan   kepatuhan kepada rencana, evaluasi,   pendidikan prima. Penguatan ini untuk
 Anggota Pusat Audit Mutu Internal   Pembangunan Jangka Menengah   kebijakan baru sistem pendidikan   berbagai strategi dalam meningkatkan   dan peningkatan mutu berkelanjutan.   menghasilkan lulusan berkualitas demi
 Terintegrasi LP3M Unsyiah/  Dosen Fakultas   Nasional (RPJMN) 2020-2024, yaitu   tinggi melalui program kampus
 FKIP Unsyiah  mutu pendidikan yang mampu    Komitmen seluruh masyarakat        USK yang lebih baik. []



 18  JUNI 2021                                              19   JUNI 2021
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24