Page 14 - Warta USK Januari 2022
P. 14
PAKAR PAKAR
Abdul Rochim, S.Sos., M.Pd masyarakat meningkat dalam beberapa
Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM) USK tahun terakhir.
Penguatan Kualitas Mengapa tema kualitas layanan dipilih
ketika rapat kerja tahun ini?
Layanan Menuju PTNBH layanan berdampak positif kepada
Karena USK menilai penguatan
pengguna layanan utama, yaitu
mahasiswa, lulusan, masyarakat
pengguna layanan, dan peningkatan
kepercayaan mitra kerja. Apalagi
USK sedang bertransformasi menjadi
aat ini, Universitas Syiah PTNBH, sehingga mendorong USK
Kuala sedang bersiap untuk menjadi PTN yang mandiri. Baik
bertransformasi menjadi dari sisi pengelolaan keuangan,
Perguruan Tinggi Badan Hukum kemandirian pengelolaan akademik, Selain itu juga mengoptimalkan fungsi Pelayanan yang ideal institusi
S(PTNBH). Pada masa transisi ini, dan lainnya. Unit Layanan Terpadu dan PPID. pendidikan tinggi itu seperti apa?
USK terus berupaya membenahi institusinya. Kemandirian ini tentunya Sebagai lembaga pendidikan,
Salah satunya dengan meningkatkan kualitas sulit terwujud jika tidak didukung Apakah ada program prioritas terkait pelayanan tentunya mengacu kepada
layanan. Lantas sejauh mana upaya USK adanya penguatan pendapatan. Dan upaya peningkatan layanan ini? tugas dan fungsi PTN yaitu tridarma
mewujudkan hal tersebut? Dan mengapa pendapatan tidak optimal apabila Program penguatan layanan di USK perguruan tinggi yang didukung sarana
peningkatan kualitas layanan ini menjadi isu tidak didukung kualitas layanan bagi telah tertuang dalam Renstra USK tahun penunjang layanan yang up to date. Atau
penting bagi USK? masyarakat pengguna layanan tridarma 2024, yang meliputi penguatan layanan bisa juga sesuai dengan perkembangan
Berikut petikan wawancara Warta USK maupun nontridarma. pembelajaran dan kemahasiswaan. dan kebutuhan pengguna layanan, serta
dengan Kepala Biro Perencanaan dan Tujuannya untuk menghasilkan lulusan didukung oleh SDM pelaku layanan yang
Hubungan Masyarakat (BPHM) USK, Abdul Apa strategi USK meningkatkan yang mampu bersaing di dunia kerja berkompetensi tinggi.
Rochim, S.Sos., M.Pd.
kualitas layanan? atau menjadi pelaku wirausaha yang
Ada beberapa strategi USK dalam handal, sehingga dapat melaksanakan Jika sudah PTNBH, bagaimana
Bagaimana kualitas layanan USK saat ini? meningkatkan kualitas pelayanan, program merdeka belajar dan standar layanan USK semestinya?
Kualitas layanan USK mengalami di antaranya setiap komponen berprestasi minimal tingkat nasional. Dengan PTNBH, kampus USK
peningkatan yang signifikan, baik dari aspek layanan memiliki standar layanan dan Lalu pengelolaan prodi yang diberikan otoritas yang lebih luas
layanan tridarma maupun layanan pendukung. ditetapkan secara legal, meningkatkan berdaya saing baik di tingkat nasional dalam mengelola lembaganya yang
Ini terlihat dari modernisasi layanan serta komitmen yang tinggi terhadap pelaku maupun internasional. Tentu ini akhirnya menuntut kemandirian
kualitas SDM yang mumpuni. Maka tidak layanan di semua unit layanan USK. didukung oleh pelaku layanan yaitu optimal terutama dalam pengelolaan
salah, jika USK telah menjadi PTN berdaya Lalu, menjalin interaksi terhadap dosen dan tenaga kependidikan yang finansialnya. Penguatan kemandirian
saing tinggi dan bisa bersaing dengan PTN penerima layanan. Misalnya melalui memiliki kompetensi tinggi. finansial ini didapatkan dari beberapa
terkemuka di Indonesia, khususnya di Pulau layanan pengaduan dan survei Kemudian, penguatan layanan unit layanan dengan strategi corporate.
Jawa. Hal inilah yang menjadikan kepercayaan
kepuasan masyarakat terhadap di bidang riset dan pengabdian Maka, setiap jenis layanan publik
layanan USK. masyarakat, sehingga produk riset harus mempunyai standar layanan
Selanjutnya modernisasi layanan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. yang efektif dan efisien. Mampu
Maka, setiap jenis layanan dengan berbasis TIK dan selalu Penguatan layanan untuk pelaksanaan mempersingkat alur birokrasi, tetapi
publik harus mempunyai dilaksanakan pemutakhiran, sehingga kemitraan, penguatan layanan untuk tidak terlepas dari azas kepatuhan
terhadap peraturan perundang-
meningkatkan transparansi dan
akhirnya dapat memberikan layanan
standar layanan yang efektif berbasis TIK yang terintegrasi. Hal ini akuntabilitas, sehingga USK menjadi undangan, dan memberikan
dan efisien. memberikan kemudahan akses kepada satuan kerja yang melaksanakan good kemudahan akses masyarakat untuk
mendapatkan layanan USK. []
govermance dan good governance.
publik untuk mendapatkan layanan.
49 Warta USK Januari 2022 Warta USK Januari 2022 49