Page 14 - Warta USK Januari 2022
P. 14

PAKAR                                                                                                                                                                                                 PAKAR







          Abdul Rochim, S.Sos., M.Pd                                                                                             masyarakat meningkat dalam beberapa
          Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM) USK                                                             tahun terakhir.
          Penguatan Kualitas                                                                                                     Mengapa tema kualitas layanan dipilih

                                                                                                                                 ketika rapat kerja tahun ini?
          Layanan Menuju PTNBH                                                                                                   layanan berdampak positif kepada
                                                                                                                                   Karena USK menilai penguatan

                                                                                                                                 pengguna layanan utama, yaitu
                                                                                                                                 mahasiswa, lulusan, masyarakat
                                                                                                                                 pengguna layanan, dan peningkatan
                                                                                                                                 kepercayaan mitra kerja. Apalagi
                                                                                                                                 USK sedang bertransformasi menjadi
                           aat ini, Universitas Syiah                                                                            PTNBH, sehingga mendorong USK
                           Kuala sedang bersiap untuk                                                                            menjadi PTN yang mandiri. Baik
                           bertransformasi menjadi                                                                               dari sisi pengelolaan keuangan,
                           Perguruan Tinggi Badan Hukum                                                                          kemandirian pengelolaan akademik,   Selain itu juga mengoptimalkan fungsi   Pelayanan yang ideal institusi
                 S(PTNBH). Pada masa transisi ini,                                                                               dan lainnya.                      Unit Layanan Terpadu dan PPID.     pendidikan tinggi itu seperti apa?
                  USK terus berupaya membenahi institusinya.                                                                       Kemandirian ini tentunya                                              Sebagai lembaga pendidikan,
                  Salah satunya dengan meningkatkan kualitas                                                                     sulit terwujud jika tidak didukung   Apakah ada program prioritas terkait   pelayanan tentunya mengacu kepada
                  layanan. Lantas sejauh mana upaya USK                                                                          adanya penguatan pendapatan. Dan   upaya peningkatan layanan ini?    tugas dan fungsi PTN yaitu tridarma
                  mewujudkan hal tersebut? Dan mengapa                                                                           pendapatan tidak optimal apabila     Program penguatan layanan di USK   perguruan tinggi yang didukung sarana
                  peningkatan kualitas layanan ini menjadi isu                                                                   tidak didukung kualitas layanan bagi   telah tertuang dalam Renstra USK tahun   penunjang layanan yang up to date. Atau
                  penting bagi USK?                                                                                              masyarakat pengguna layanan tridarma   2024, yang meliputi penguatan layanan   bisa juga sesuai dengan perkembangan
                     Berikut petikan wawancara Warta USK                                                                         maupun nontridarma.               pembelajaran dan kemahasiswaan.    dan kebutuhan pengguna layanan, serta
                  dengan Kepala Biro Perencanaan dan                                                                                                               Tujuannya untuk menghasilkan lulusan   didukung oleh SDM pelaku layanan yang
                  Hubungan Masyarakat (BPHM) USK, Abdul                                                                          Apa strategi USK meningkatkan     yang mampu bersaing di dunia kerja   berkompetensi tinggi.
                  Rochim, S.Sos., M.Pd.
                                                                                                                                 kualitas layanan?                 atau menjadi pelaku wirausaha yang
                                                                                                                                   Ada beberapa strategi USK dalam   handal, sehingga dapat melaksanakan   Jika sudah PTNBH, bagaimana
                  Bagaimana kualitas layanan USK saat ini?                                                                       meningkatkan kualitas pelayanan,   program merdeka belajar dan       standar layanan USK semestinya?
                     Kualitas layanan USK mengalami                                                                              di antaranya setiap komponen      berprestasi minimal tingkat nasional.  Dengan PTNBH, kampus USK
                  peningkatan yang signifikan, baik dari aspek                                                                   layanan memiliki standar layanan dan   Lalu pengelolaan prodi yang   diberikan otoritas yang lebih luas
                  layanan tridarma maupun layanan pendukung.                                                                     ditetapkan secara legal, meningkatkan   berdaya saing baik di tingkat nasional   dalam mengelola lembaganya yang
                  Ini terlihat dari modernisasi layanan serta                                                                    komitmen yang tinggi terhadap pelaku   maupun internasional. Tentu ini   akhirnya menuntut kemandirian
                  kualitas SDM yang mumpuni. Maka tidak                                                                          layanan di semua unit layanan USK.   didukung oleh pelaku layanan yaitu   optimal terutama dalam pengelolaan
                  salah, jika USK telah menjadi PTN berdaya                                                                      Lalu, menjalin interaksi terhadap   dosen dan tenaga kependidikan yang   finansialnya. Penguatan kemandirian
                  saing tinggi dan bisa bersaing dengan PTN                                                                      penerima layanan. Misalnya melalui   memiliki kompetensi tinggi.     finansial ini didapatkan dari beberapa
                  terkemuka di Indonesia, khususnya di Pulau                                                                     layanan pengaduan dan survei         Kemudian, penguatan layanan     unit layanan dengan strategi corporate.
                  Jawa. Hal inilah yang menjadikan kepercayaan
                                                                                                                                 kepuasan masyarakat terhadap      di bidang riset dan pengabdian     Maka, setiap jenis layanan publik
                                                                                                                                 layanan USK.                      masyarakat, sehingga produk riset   harus mempunyai standar layanan
                                                                                                                                   Selanjutnya modernisasi layanan   dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.   yang efektif dan efisien.  Mampu
          Maka, setiap jenis layanan                                                                                             dengan berbasis TIK dan selalu    Penguatan layanan untuk pelaksanaan   mempersingkat alur birokrasi, tetapi

          publik harus mempunyai                                                                                                 dilaksanakan pemutakhiran, sehingga   kemitraan, penguatan layanan untuk   tidak terlepas dari azas kepatuhan
                                                                                                                                                                                                      terhadap peraturan perundang-
                                                                                                                                                                   meningkatkan transparansi dan
                                                                                                                                 akhirnya dapat memberikan layanan
          standar layanan yang efektif                                                                                           berbasis TIK yang terintegrasi. Hal ini   akuntabilitas, sehingga USK menjadi   undangan, dan memberikan
          dan efisien.                                                                                                           memberikan kemudahan akses kepada   satuan kerja yang melaksanakan good   kemudahan akses masyarakat untuk
                                                                                                                                                                                                      mendapatkan layanan USK. []
                                                                                                                                                                   govermance dan good governance.
                                                                                                                                 publik untuk mendapatkan layanan.


          49  Warta USK Januari 2022                                                                                                                                                                                Warta USK Januari 2022 49
   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19